Permintaan dan penawaran harga barang di pasar

Jawaban jelaskan kaitan antara kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi

Berikut jawaban kaitan kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Harga

Harga merupakan nilai tukar atas suatu barang maupun jasa yang dinyatakan dalam bentuk uang. Nilai tukar yang telah disepakati antara pihak penjual dan pembeli disebut dengan harga keseimbangan atau harga pasar. Harga keseimbangan terjadi ketika jumlah dan harga barang yang ditawarkan dan diminta berada pada satu titik. Harga merupakan suatu hal yang penting dalam ekonomi. Ada beberapa fungsi dari harga yaitu:

  • Sebagai acuan perhitungan nilai jual barang dan jasa
  • Mempermudah kegiatan transaksi jual beli
  • Sebagai acuan konsumen untuk mengetahui kualitas barang dan jasa yang akan dibeli
  • Harga yang ditetapkan secara benar akan menghasilkan keuntungan bagi produsen
  • Sebagai acuan bagi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian barang dan jasa.

Lembar Aktivitas 22 Aktivitas Kelompok

Jelaskan kaitan antara kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi! Manakah yang lebih penting? Berikan alasannya!

Jawaban : Kegiatan ekonomi yakni Produksi, Distribusi dan Konsumsi tak bisa dipisahkan satu sama lain sebab ketiganya adalah rangkaian kegiatan yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi satu sama lain. Apabila salah satu kegiatan ekonomi terganggu maka kegiatan ekonomi lainnya sudah pasti akan terganggu juga.

Kegiatan ekonomi apa yang pernah kalian lakukan sebelumnya?

Jawaban : Makan dan minum, merupakan kebutuhan pokok manusia berupa pangan yang harus dipenuhi untuk bertahan hidup. Dalam ilmu ekonomi, kegiatan makan dan minum tersebut termasuk kegiatan ekonomi konsumsi.

Bagaimana masyarakat dapat memengaruhi jumlah permintaan, penawaran, harga barang dan pasar?

Jawaban : Pendapatan rata-rata setiap masyarakat akan mempengaruhi jumlah permintaan barang dan jasa. Apabila pendapatan rata-rata masyarakat naik maka minat masyarakat untuk membeli barang dan jasa akan bertambah. Sementara jika pendapatan masyarakat turun maka permintaan barang dan jasa juga menjadi rendah.

Selera masyarakat yang selalu berubah sangat berpengaruh pada permintaan. Tumbuhnya selera baru di masyarakat terhadap suatu barang atau jasa biasanya akan segera diikuti dengan peningkatan angka permintaan barang atau jasa itu di pasar.

 

Baca Juga :  Jawaban simak kembali teks “Ekspresi Diri Melalui Hobi” pada halaman sebelumnya. dapatkah kalian menemukan kata-kata yang mendapat imbuhan me-