Bagian-bagian hidung

Jawaban jelaskanlah peristiwa-peristiwa di bawah ini dari segi keadaan partikel-partikelnya

Berikut jawaban jelaskanlah peristiwa-peristiwa di bawah ini dari segi keadaan partikel-partikelnya. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Pernahkah kalian mencium aroma kopi dari kamar kalian padahal ayah kalian yang minum kopi sedang berada di ruang tamu? Atau kalian baru pulang sekolah, tercium aroma masakan ibu kalian dari dapur sehingga kalian langsung merasa lapar. Kakak kalian yang hendak pergi menyemprotkan parfum di kamarnya tapi kalian dapat menciumnya padahal kalian berada di ruangan yang berbeda. Pernahkah hal itu terjadi pada kalian?

Baca Juga :  Jawaban apakah teknologi harus menggunakan listrik

Aroma kopi, aroma masakan, parfum dan bau-bauan lainnya, dibawa oleh udara, yang merupakan partikel gas untuk sampai pada indera penciuman kalian. Ingatlah bahwa partikel gas bergerak secara acak, dapat bertabrakan (atau bertumbukan) dan sangat cepat sehingga bau-bau tersebut dapat kalian rasakan walaupun jarak kalian cukup jauh dengan sumber bau. Proses ini disebut difusi.

Difusi adalah pergerakan partikel dari daerah yang partikelnya lebih banyak ke tempat yang lebih sedikit sampai keadaaannya seimbang. Ketika partikel saling bertumbukan maka bau menjadi menyebar karena bercampur dengan partikel lainnya.

Difusi juga terjadi pada zat cair karena partikel-partikel dalam zat cair dapat bergerak. Apabila suatu zat warna diteteskan ke dalam air.

Tahukah kalian bagaimana cara kita mencium aroma masakan ibu atau aroma parfum, bahkan bau dari tumpukan sampah?

Aroma dan bau-bauan masuk melalui rongga hidung atau nostril saat kita bernapas. Aroma dan bau-bauan tadi kemudian masuk melalui rambut-rambut halus atau silia yang ada di ujung saraf pembau. Aroma dan bau-bauan itu melalui saraf disalurkan ke otak sehingga kita mengetahui bau tersebut.

Fakta Sains

Makhluk dengan Indera Pencium Paling Tajam

Kalian mungkin sudah mengetahui bahwa anjing sering dilatih oleh polisi untuk membantu menemukan obat-obatan terlarang atau seorang buronan. Anjing-anjing pelacak ini disebut K9. Hal ini karena anjing memiliki sel penciuman yang banyaknya ribuan kali manusia. Sementara manusia memiliki 5 juta sel reseptor indera pembau, anjing memiliki 220 juta sel reseptor penciuman.

Namun anjing bukan binatang yang memiliki indera penciuman paling tajam. Penelitian terakhir menunjukkan bahwa gajah Afrika adalah makhluk dengan gen penciuman terbanyak, yaitu 2000 gen. Bandingkan dengan manusia yang memiliki 350 gen dan anjing 1100 gen. Namun dapatkah kalian membayangkan polisi menuntun gajah untuk melacak obat-obatan terlarang atau buronan suatu kejahatan?.

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Jelaskanlah peristiwa-peristiwa di bawah ini dari segi keadaan partikel-partikelnya.

a. Kalian tidak dapat menghancurkan baja dengan tangan kalian.

Jawaban : karena baja merupakan benda padat yang sangat kuat

b. Susu dapat mengalir dan mengikuti bentuk gelas atau cangkir atau termos.

Jawaban : karena susu merupakan benda cair seperti air

c. Kalian dapat merasakan hembusan angin di wajah kalian.

Jawaban : karena hembusan angin merupakan benda gas

2. Apakah difusi terjadi lebih cepat dalam cairan atau gas? Jelaskan.

Jawaban : Difusi atau pembauran ialah peristiwa berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari konsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah. Difusi dapat terjadi lebih cepat dalam gas karena partikel gas bergerak lebih secara acak lebih cepat dan menyebar ke berbagai bagian dalam ruangan yang ditempati. Tumbukan antara partikel lebih sering terjadi dibandingkan pada zat cair.

3. Apabila gula pasir dipindahkan dari satu wadah ke wadah yang lain, apa yang terjadi? Apakah gula pasir termasuk zat padat atau zat cair? Jelaskan alasan kalian.

Jawaban : Gula pasir sebagai suatu kesatuan akan berubah bentuk sesuai dengan wadahnya namun sebagai satuan gula pasir, tidak ada perubahan bentuk sehingga gula pasir termasuk zat padat

4. Bayangkanlah kalian dan teman-teman kalian adalah partikel air. Buatlah cerita tentang diri kalian, mulailah dengan wujud air sebagai zat padat atau es, uraikanlah perubahan yang terjadi pada diri kalian saat kalian berubah menjadi cair dan kemudian kalian berubah wujud menjadi gas.

Jawaban : Perubahan cair ke padat merupakan suatu istilah membeku, dan membuat susunan partikel dari sebuah air menjadi lebih rapat atau padat. Sedangkan, perubahan cair ke gas akan membuat susunan partikel menjadi lebih berjauhan atau renggang.

5. Ketika Dewi baru pulang sekolah dan hendak memasuki rumahnya, ia sudah dapat merasakan wangi melati padahal sumber pengharum ruangan tersebut diletakkan di ruangan keluarga, yang berada di bagian belakang rumah. Jelaskan mengapa hal ini bisa terjadi.

Jawaban : Hal ini merupakan konsep difusi/ pergerakan partikel gas (udara) dari yang lebih banyak partikel ke tempat dengan lebih sedikit partikel sampai keadaannya seimbang.

 

Baca Juga :  Jawaban berdirilah di halaman sekolah atau rumah kalian catatlah dua pengamatan yang kalian lakukan dengan menggunakan alat indra yang berbeda