Bertukar Atau Membayar

Jawaban kapankah manusia mulai mengenal konsep uang

Berikut jawaban kapankah manusia mulai mengenal konsep uang. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Mencari Informasi dari Berbagai Sumber

1. Setelah membaca cerita “Ditukar dengan Apa?”, carilah informasi tentang sejarah munculnya uang dalam kehidupan manusia. Kalian dapat mencarinya di ensiklopedia di perpustakaan atau lewat internet.

2. Kalian masih ingat ADiKSiMBa yang dibahas di Bab IV? ADiKSiMBa adalah singkatan dari “Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, Bagaimana”. Carilah informasi yang dapat menjawab kata-kata tanya tersebut terkait sejarah uang. Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dapat kalian jadikan contoh untuk memandu dalam mencari informasi.

a. Kapankah manusia mulai mengenal konsep uang?

Jawaban : Sebelum uang ditemukan, manusia menggunakan konsep barter atau menukar barang dengan barang. Barter merupakan sistem transaksi yang pertama kali digunakan oleh manusia, karena ketika itu manusia belum mengenal sistem uang.

Ketika itu manusia sudah merasa kalau mereka perlu membutuhkan sesuatu yang dihasilkan oleh pihak lainnya yang punya sumber daya lainnya. Sistem barter mulai ditinggalkan karena makin sulit menentukan kadar atau standar nilai tukar yang pas dan pantas untuk semua jenis barang atau jasa yang diperlukan manusia.

b. Bagaimanakah bentuk uang pada masa itu?

Jawaban : 

– Uang barang: Sebelum ditemukan mata uang ada beberapa benda yang digunakan untuk alat pertukaran umum. Barang-barang yang dilakukan sebagai alat pertukaran seperti garam, emas, kulit hewan, batu-batuan berharga, logam, kulit pohon, kerang yang indah.

– Uang logam : setelah masa uang barang, uang logam dipilih sebagai alat transaksi yang punya nilai tinggi, lebih tahan lama, enggak mudah rusak, mudah dipecah tanpa mengurangi nilai, dan efisien untuk dibawa.

– Uang kertas: Masyarakat tak lagi menggunakan emas atau uang logam tapi mulai berganti jadi uang kertas.

c. Mengapa manusia menciptakan uang?

Jawaban : Karena uang diciptakan sebagai alat tukar yang sah dan berlaku secara formal di sebuah negara.

d. Bagaimana cara manusia memenuhi kebutuhan saat belum ada konsep uang?

Jawaban : Manusia melakukan barter dengan menukarkan barang yang dimilikki dengan barang orang lain sesuai dengan keperluan dan kesepakatan bersama.

3. Buatlah rangkuman dari informasi yang kalian baca. Membuat rangkuman berarti menuliskan hal-hal penting dari informasi tersebut. Perhatikan bagan di bawah ini untuk membantu kalian dalam membuat rangkuman!

Jawaban : 

Sebelum uang ditemukan, manusia menggunakan konsep barter yakni sistem menukar barang dengan barang. Namun sistem barter mulai ditinggalkan karena makin sulit menentukan kadar atau standar nilai tukar yang pas dan pantas untuk semua jenis barang atau jasa yang diperlukan manusia. Kemudian manusia mulai menciptakan uang mulai dari uang barang, uang logam, uang kertas hingga uang digital.

 

Baca Juga :  Jawaban perhatikan kata-kata yang disorot kuning pada bacaan di atas, tahukah kalian artinya