Mempertahankan Persatuan dan Kesatuan

Jawaban kenali berita-berita palsu atau hoax yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan, apa saja contohnya

Berikut jawaban kenali berita-berita palsu atau hoax yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan, apa saja contohnya. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Mempertahankan Persatuan dan Kesatuan

Kalian sudah menyadari kan bahwa daerah-daerah di Indonesia sangat banyak. Masing-masing daerah memiliki karakteristik atau ciri khasnya masing-masing baik dalam hal wilayah maupun budayanya. Seluruh daerah tersebut bersatu menjadi kesatuan yang utuh, yaitu negara Republik Indonesia.

Tentu persatuan dan kesatuan tersebut perlu terus dijaga dan pertahankan. Dengan persatuan dan kesatuan yang kuat, cita-cita kemerdekaan untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur akan mudah tercapai. Maka usaha mempertahankan persatuan dan kesatuan harus terus dilakukan.

Upaya mempertahankan persatuan dan kesatuan itu dimulai dari lingkungan keluarga. Selanjutnya adalah di lingkungan sekolah, di lingkungan masyarakat, hingga di lingkungan bangsa dan negara. Cara yang paling utama melakukannya adalah menjalankan atau mematuhi norma-norma yang berlaku, baik norma agama, norma hukum, hingga norma sosial.

Di Lingkungan Keluarga

Bagaimana kalian membangun dan mempertahankan persatuan dan kesatuan di dalam keluarga? Banyak keluarga melakukannya dengan selalu berusaha untuk beribadah bersama-sama, tidak pernah marah atau mengucapkan kata kasar satu sama lain, maupun saling bantu untuk menjalankan tugas keluarga sehari-hari.

Selain itu, banyak keluarga meluangkan waktu untuk berekreasi bersama seperti mengunjungi taman atau tempat wisata alam lain, juga silaturahmi antarkeluarga. Bersikap mandiri, tekun beribadah, rajin belajar, serta hormat pada orang tua dan mencintai saudara akan menguatkan persatuan dan kesatuan keluarga.

Baca Juga :  Jawaban buatlah gambar pohon besar dimulai dari membuat batangnya tuliskan apa kewajiban kalian sebagai siswa pada gambar batang pohon tersebut

Di Lingkungan Sekolah

Menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah tentu harus dilakukan dengan mengikuti semua peraturan yang telah ditetapkan. Tertib, disiplin, serta bersikap aktif dalam mengikuti proses pembelajaran menjadi salah satu kuncinya.

Selain itu, membangun lingkungan isik dan sosial secara baik juga diperlukan untuk mempertahankan dan menguatkan persatuan dan kesatuan tersebut. Membangun lingkungan isik yang baik antara lain dilakukan dengan menjaga kebersihan. Juga dengan ikut aktif menata dan menghias kelas maupun bangunan dan halaman sekolah.

Membangun lingkungan sosial yang baik dilakukan dengan mengikuti kegiatan-kegiatan pelajar. Aktif bergaul dengan semua kalangan siswa tanpa membeda-bedakan satu sama lain. Menghindari dan bahkan mencegah kekerasan antarsiswa baik kekerasan isik maupun kekerasan verbal atau lisan yang merendahkan siswa lain.

Di Lingkungan Masyarakat

Menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat dilakukan dengan mematuhi norma-norma yang berlaku di masyarakat tersebut. Bergaul dan terlibat dalam aktivitas lingkungan tetangga, ikut serta di komunitas keagamaan, hingga aktif di komunitasi hobi masing-masing akan membantu menjaga persatuan dan kesatuan tersebut.

Kepedulian untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan juga diperlukan untuk hal ini. Demikian juga kesadaran untuk senantiasa menjaga kedamaian dengan menghindari dan mencegah kekerasan isik maupun lisan di masyarakat.

Di Lingkungan Bangsa dan Negara

Ketaatan pada hukum dan peraturan yang berlaku merupakan kunci untuk mempertahankan dan menguatkan persatuan dan kesatuan. Hanya dengan ketaatan pada hukum dan peraturan, pilar utama bangsa dan negara yang berupa keadilan dapat ditegakkan. Tanpa ketaatan pada hukum, perpecahan bangsa dan negara akan mudah terjadi.

Sejalan dengan hal itu, juga perlu ditumbuhkan kesadaran khusus untuk menghargai semua kalangan masyarakat dengan tidak membeda-bedakan latar belakangnya. Semua orang punya hal yang sama sebagai warga negara. Menjauhi segala bentuk kekerasan isik maupun verbal harus dijaga dengan sungguh-sungguh. Demikian pula usaha untuk mencegah penyebaran berita palsu atau bohong yang disebut hoax.

Baca Juga :  Jawaban sebab-sebab dan akibat dari konflik Aceh dan Portugis

 

Siswa Aktif

Kenali berita-berita palsu atau hoax yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan. Apa saja contohnya? Diskusikan dengan kawan-kawan sebangkumu

Jawaban : 
Contoh-contoh berita hoax yang berpotensi memecah persatuan bangsa dan negara:
• Hoax penganiayaan terhadap salah satu aktivis HAM yaitu yang bernama Ratna Sarumpaet.
• Akun Facebook yang bernama Agus Hermawan dan Yasmen Ropi, sudah mengupload sebuah konten hoax yang berisi penghinaan terhadap pemerintah dan menyerang personal Presiden Joko Widodo.
• Direktur televisi swasta yang berada di Jawa Timur ditangkap oleh Polres Metro Jakarta Pusat karena telah menyebarkan konten hoaks dan SARA di kanal media sosial YouTubenya.

Pencarian Populer : https://masbejo com/jawaban-kenali-berita-berita-palsu-atau-hoax-yang-dapat-memecah-belah-persatuan-dan-kesatuan-apa-saja-contohnya/