Bekerja Sama dan Bergotong Royong

Jawaban kerja sama apa yang sekarang tengah kalian lakukan, baik di keluarga maupun di sekolah

Berikut jawaban kerja sama apa yang sekarang tengah kalian lakukan, baik di keluarga maupun di sekolah. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Bekerja Sama dan Bergotong Royong

Jembatan Suramadu

Madura termasuk bagian dari Provinsi Jawa Timur. Meskipun demikian, Madura merupakan pulau sendiri yang terpisah dari Pulau Jawa. Dulu untuk menuju pulau ini perlu menggunakan kapal menyeberangi Selat Madura. Dari kota Surabaya ada kapal penyeberangan di Pelabuhan Tanjung Perak menuju Pelabuhan Kamal di Madura.

Itu zaman dulu. Lalu pemerintah pun membangun jembatan melintasi selat tersebut. Karena menghubungkan Surabaya dengan Madura, maka jembatan tersebut dinamai Jembatan Suramadu. Singkatan dari Surabaya Madura. Sejak tahun 2009 mobil bisa melewati jembatan tersebut untuk menuju ke Madura.

Jembatan sepanjang 5,438 km itu tentu bukan hasil kerja satu orang, melainkan hasil kerja sama sangat banyak orang. Ada yang bertugas melakukan survei, ada arsitek, ada perencana sipil, penyedia baja, semen dan bahan lain, pekerja, ahli pelistrikan, penyedia keuangan, bahkan petugas keamanan. Semua orang itu bekerja sama hingga dapat melahirkan jembatan yang indah itu.

Begitu juga jembatan-jembatan lain di Indonesia. Ada jembatan Merah Putih yang melintasi Teluk Ambon, Jembatan Merah Youtefa di Jayapura, Jembatan Kelok Sembilan di Sumatra Barat, dan banyak lagi. Seperti bangunan lainnya, jembatan-jembatan indah itu semuanya merupakan hasil kerja sama banyak orang.

Maka alangkah baiknya bila kalian juga suka bekerja sama. Dengan bekerja sama kalian akan memperoleh hasil yang luar biasa, lebih dari jika mengerjakan sendirian.

Karya-karya besar seperti jembatan Suramadu hingga jembatan Youtefa seperti telah disebutkan merupakan contoh nyata dari hasil kerja sama dan gotong royong di masa sekarang. Banyak karya nyata kerja sama dan gotong royong lainnya yang dapat dicontoh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Di antaranya adalah penyelenggaraan Asian Games tahun 2018 yang membuat Indonesia terhormat di mata warga Asia dan dunia.

Baca Juga :  Jawaban buatlah daftar, apa saja makanan tradisional yang ada di kampung atau daerah kalian masing-masing

Begitu juga dalam kehidupan sehari-hari. Suasana tertib dan damai di sekitar tempat tinggal kalian masing-masing, juga merupakan hasil dari kerja sama dan gotong royong warga. Pencapaian atau sukses setiap orang juga tidak lepas dari dukungan orang lain dalam bekerja sama. Tidak ada orang yang sukses tanpa bantuan orang lain, yang berarti juga tidak ada sukses tanpa kerja sama.

Kerja Sama dan Budaya Gotong Royong

Dari penjelasan di atas, kalian tahu tentang kerja sama dan gotong royong. Tapi tahukah kalian apa pengertian kerja sama dan goyong royong itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kerja sama adalah “kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama.”

Arti beberapa adalah lebih dari dua, namun tidak banyak. Dengan demikian kegiatan bersama yang dilakukan oleh lebih dari dua orang dapat disebut sebagai kerja sama. Kerja sama juga tak hanya dilakukan oleh orang, namun juga oleh lembaga atau organisasi. Seperti kerja sama antarsekolah atau kerja sama antarpemerintah.

Adapun pengertian gotong royong adalah “bekerja bersama-sama.” Bekerja bersama-sama ini tentu juga melibatkan lebih dari dua orang. Bedanya, gotong royong bukan hanya melibatkan beberapa orang melainkan juga banyak orang.

Selain melibatkan banyak orang, gotong royong juga untuk tujuan jangka pendek yang sangat jelas seperti bersama-sama membangun saluran air atau tempat ibadah. Biasanya hal itu bersifat sukarela dan dilakukan oleh masyarakat di suatu wilayah.

Pengertian Kerja Sama

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Manusia selalu hidup berkelompok dan bekerja sama untuk memenuhi kebutuhannya. Karena tujuan yang sama itulah terjadi kerja sama. Perhatikan sekeliling kalian! Bangunan sekolah, papan tulis, hingga buku-buku pelajaran. Semua ada karena manusia bekerja sama. Rumah tempat tinggal masing-masing dari kita juga ada karena kerja sama. Begitu juga pakaian serta makanan, ada karena kerja sama.

Tanpa ada kerja sama kehidupan manusia akan sulit maju dan mungkin manusia juga sudah punah karena kalah oleh makhluk lain yang lebih kuat. Karena kerja sama maka peradaban manusia berkembang, dan manusia mampu mengelola alam. Baik untuk kepentingan manusia maupun untuk alam semesta.

Baca Juga :  Jawaban tuliskan apa contoh nyata yang kalian lakukan sehari-hari untuk a) norma ketuhanan, b) norma kemanusiaan, c) norma persatuan, d) norma kerakyatan, dan e) norma keadilan sosial

Kerja sama terjadi karena ada tujuan bersama. Tujuan yang tidak dapat dikerjakan sendiri, melainkan harus bersama-sama orang lain. Seperti telah dicontohkan sebelum nya saat bangsa Indonesia membentuk negara. Hal itu tidak dapat dilakukan sendiri, melainkan harus bersama-sama.

Untuk membentuk nega ra, beberapa orang harus be kerja sama lebih dulu. Seperti merumuskan dasar negara lebih dulu. Lalu beberapa orang menyusun pemerintahan. Begitu juga kerja sama dalam keluarga. Ibu, ayah, dan anak-anak dapat melakukan kerja sama misalnya untuk membuat taman, hingga mendapat hasil bersama yang dikehendaki.

Budaya Gotong Royong

Gotong royong merupakan kegiatan bersama masyarakat di sebuah lingkungan. Pada umumnya kegiatan tersebut merupakan kerja isik berupa saling membantu untuk mendirikan rumah, mengerjakan pekerjaan pertanian di sawah, hingga untuk membangun sarana umum.

Bentuk gotong royong yang paling sering dilakukan adalah kerja bakti antartetangga untuk membersihkan lingkungan atau membuat sarana dan prasarana umum, seperti jalan lingkungan atau taman bersama. Semua dilakukan secara sukarela, tanpa ada yang dibayar.

Seluruh masyarakat di Indonesia mengenal budaya gotong royong untuk melakukan pekerjaan berat. Seperti membangun rumah, memanen sawah, hingga untuk menyiapkan upacara adat yang harus dilakukan suatu keluarga. Biasanya, keluarga yang dibantu hanya menyediakan makan namun tak perlu membayar orang yang turut bergotong royong membantunya.

Di setiap daerah memiliki sebutan sendiri untuk gotong royong. Di Jawa ada sebutan Gugur Gunung serta Sambatan. Orang-orang Bali mengenal istilah Ngayah. Di tanah Batak ada tradisi Marsiadapari, di Minahasa ada Mapalus, dan di masyarakat Sunda ada tradisi Rereongan. Semua itu adalah bentuk gotong royong yang tentu ada di daerah kalian masing-masing.

Gotong royong juga biasa dilakukan untuk kegiatan sosial seperti membantu suatu keluarga mengadakan acara pernikahan. Demikian juga untuk mengurus kematian yang terkadang juga perlu upacara. Pernahkah kalian bersama-sama yang lain membantu suatu keluarga dalam kegiatan pernikahan atau kematian?

Beberapa kegiatan sosial ekonomi seperti tradisi jimpitan, arisan, bahkan koperasi juga merupakan bentuk gotong royong. Dengan jimpitan, warga mengumpulkan beras buat membantu tetangga yang kekurangan. Melalui arisan, warga bergotong gotong royong menabung. Koperasi menjadi sarana bergotong royong yang dapat mencakup banyak kegiatan ekonomi.

Baca Juga :  Jawaban Latihan Soal Terpadu halaman 206 dan 207 Soal B1 IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

 

Siswa Aktif

Kalian tentu sudah mengenal semua teman di kelas kan? Ternyata tidak semuanya seberuntung kalian yang semua kebutuhannya bisa terpenuhi keluarga masing-masing. Ada juga kawan-kawan yang belum sepandai kalian. Coba bentuk kelompok terdiri atas 5 (lima) siswa, dan diskusikan siapa saja yang perlu dibantu?

Mungkin ada yang perlu dibantu belajar mengejar ketertinggalannya dalam belajar di sekolah. Mungkin ada yang kesulitan pergi ke sekolah, siapa tahu ada yang punya sepeda rusak di rumah lalu diperbaiki bersama sama untuk kemudian bisa diberikan padanya. Mungkin ada bagian rumahnya rusak dan bisa diperbaiki bersama dengan bergotong royong.

Diskusikan dalam kelompok kecil masing-masing. Lalu wakil dari setiap kelompok berdiskusi bersama, membuat rencana gotong royong apa yang bisa membantu kawan tersebut. Tuliskan rencana gotong royong tersebut beserta pembagian tugas bagi setiap siswa.

1. Kerja sama apa yang sekarang tengah kalian lakukan, baik di keluarga maupun di sekolah? Tuliskan sejelas jelasnya apa tujuan bersama dalam kerja sama itu, dan bagaimana usaha meraih hasil bersama tersebut?

Jawaban : kerja sama dalam proses meningkatkan kebersihan rumah, tujuan dari kerja sama itu adalah agar semua pekerjaan terasa menjadi lebih ringan, semua pekerjaan seperti menyapu, mengepel dll, dikerjakan secara terjadwal dan terkonsep agar tidak ada rasa iri terhadap satu sama lain, usaha yang dilakukan adalah dengan mengerjakan semua pekerjaan dengan ikhlas dan tidak mengungkit karena tidak ada salahnya membersihkan rumah dengan terjadwal seperti disebutkan tadi diatas.

2. Apa saja bentuk gotong royong di daerah kalian masing-masing? Gotong royong apa yang pernah kalian ikuti? Bagaimana perasaan kalian saat mengikuti gotong royong itu?

Jawaban : Saya pernah mengikuti gotong royong bersih-bersih lingkungan. Gotong Royong yang satu ini paling sering dilakukan oleh masyarakat baik yang tinggal di desa maupun yang ada di perkotaan, biasa dilkaukan pada hari libur, bisa minggu bahkan ada yang melakukan pada hari jumat. Kegiatan yang di lakukan biasanya seperti membersihkan selokan, jalan, gang-gang, tempat ibadah, bahkan masyarakat kampung sampai membersihkan kuburan.

Perasaan saya saat mengikuti gotong royong bersih-bersih lingkungan sangat senang. Karena dari gotong-royong tersebut menumbuhkan rasa kebersamaan di antara kita.