Ada empat tanda-tanda terjadinya reaksi kimia

Jawaban ketika kalian makan, perubahan apa saja yang terjadi pada makanan tersebut

Berikut jawaban ketika kalian makan, perubahan apa saja yang terjadi pada makanan tersebut. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Ada empat tanda-tanda terjadinya reaksi kimia, yaitu sebagai berikut.

Ada perubahan warna

Pernahkah kalian melihat orang yang rambutnya dicat menjadi warna rambut yang berbeda dari sebelumnya? Nah ini adalah contoh perubahan kimia yang menunjukkan perubahan warna. Contoh lainnya juga terjadi ketika ibu memanggang kue sampai warnanya kecoklatan.

Ketika dua macam cairan yang berwarna bening, yaitu cairan timbal (II) nitrat dan cairan kalium iodida dicampurkan maka terbentuklah warna kuning dalam campuran tersebut. Warna kuning ini menunjukan adanya senyawa baru yang terbentuk yaitu timbal (II) iodide. Perubahan ini menunjukkan cairan sebelum reaksi dan sesudah reaksi adalah cairan yang berbeda, tidak sama lagi sehingga disebut perubahan kimia.

Terbentuk gas

Tanda kedua dapat dilihat pada reaksi antara logam magnesium dengan larutan bening asam klorida, seperti ditunjukkan pada Gambar 2.19 di samping ini. Dapatkah kalian lihat gelembung-gelembung kecil yang terbentuk?

Gelembung ini berbeda, yang terbentuk saat air mendidih karena gelembung ini merupakan hasil reaksi kimia antara magnesium dan asam klorida yang membentuk gas hidrogen. Selain gas hidrogen, dihasilkan pula larutan magnesium klorida. Jadi, dapat kita lihat bahwa zat yang ada sebelum dan sesudah reaksi itu berbeda. Adapun pada saat air mendidih, baik air maupun uap air mengandung zat yang sama, yaitu H2O.
Dapatkan kalian menulis persamaan kimia untuk reaksi di atas?

Baca Juga :  Jawaban Aktivitas 7.4 Halaman 165 Ayo Mengamati Keanekaragaman Hayati di Sekitar Kita IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Terbentuk endapan

Beberapa reaksi kimia menghasilkan endapan sebagai salah satu produknya, padahal tidak ada endapan atau padatan pada pereaksinya. Reaksi awal biasanya berupa larutan yang keruh setelah dicampur seperti pada Gambar 2.20. Larutan yang keruh menunjukkan adanya padatan yang tidah larut. Apabila dibiarkan beberapa saat maka padatan itu akan menumpuk di bagian bawah tabung reaksi. Padatan inilah yang disebut sebagai endapan.

Persamaan reaksi untuk reaksi pada gambar di atas adalah:

Larutan natrium karbonat + Larutan kalsium klorida → Endapan kalsium karbonat + Larutan natrium klorida

Ada perubahan energi

Reaksi kimia yang terjadi pada saat terjadi ledakan, menunjukkan adanya cahaya dan panas. Cahaya dan panas adalah dua bentuk energi. Reaksi lainnya yang menunjukkan perubahan energi adalah reaksi pembakaran logam magnesium (pembakaran adalah reaksi dengan oksigen). Ada cahaya yang sangat terang yang terlihat ketika pembakaran. Setelah pembakaran diperoleh serbuk putih seperti abu, yaitu magnesium oksida. Coba kalian tulis persamaan dari reaksi kimia ini.

 

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Ketika kalian makan, perubahan apa saja yang terjadi pada makanan tersebut? Perubahan apa yang terjadi pada tubuh kalian? Identifikasi semua perubahan selama proses makan sebagai perubahan fisika atau kimia dan berikan alasannya.

Jawaban:

Perubahan yang terjadi selama proses makan adalah perubahan fisika dan kimia. Selama menggigit makanan, akan terjadi perubahan pada ukuran makanan, sehingga termasuk perubahan fisika.

Ketika mengunyah ada pencampuran makanan dengan ludah yang merupakan perubahan kimia. Perubahan kimia juga terjadi saat makanan dicerna dalam tubuh karena ukuran makanan yang mengecil, dan reaksi antara makanan dengan cairan kimia yang ada dalam tubuh.

2. Dengan menggunakan peta konsep atau jaring laba-laba (spider-web), buatkan ringkasan subbab B dan C mengenai perubahan zat.

Upayakanlah peta konsep kalian menarik agar dapat terus kalian gunakan saat mempelajari kembali topik ini. Setelah itu, dengan menggunakan peta konsep atau jaring laba-laba yang telah kalian buat, jelaskanlah mengenai perubahan zat kepada teman, saudara atau orang tua kalian. Apabila kalian menggunakan pemahaman dan kata-kata sendiri, akan lebih mudah bagi kalian untuk menjelaskan. Catatlah pertanyaan pertanyaan yang diajukan teman, saudara atau orang tua kalian untuk didiskusikan dengan guru kalian pada pertemuan selanjutnya.

Baca Juga :  Jawaban apa variabel bebas dan terikat dari percobaan ini

Jawaban: (adik-adik silakan tulis dengan peta konsep)

Perubahan zat terdiri atas perubahan fisika dan perubahan kimia

Perubahan fisika: hanya berubah ukuran, namun zat tetap sama. Contohnya adalah penguapan, pengembunan, penghancuran, dan pembekuan.

Perubahan kimia: terjadi zat baru. Ciri-cirinya adalah perubahan warna, terbentuk gas, perubahan energi.