Masyarakat di Daerahku

Jawaban mata pencaharian apa yang dominan ada di daerah kalian

Berikut jawaban mata pencaharian apa yang dominan ada di daerah kalian. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Topik C: Masyarakat di Daerahku

Pertanyaan Esensial
1. Bagaimana kehidupan masyarakat di daerah tempat tinggal kalian?
2. Apa pengaruh kondisi geografis terhadap mata pencaharian penduduknya?
3. Apa pengaruh masyarakat pendatang terhadap kehidupan masyarakat di daerah tempat tinggal kalian?
4. Bagaimana sikap yang baik menghadapi kehadiran masyarakat pendatang?

Ternyata perkembangan dan kekayaan alam di suatu daerah membuat orang dari daerah lain datang untuk mencari pekerjaan atau ditugaskan di daerah tersebut. Orang yang datang bisa jadi berasal dari tempat yang jauh. Bahkan mungkin pula dari luar pulau. Ada juga yang berasal dari luar negeri.

Coba kita bayangkan, pendatang pasti turut membawa budayanya juga, seperti logat bahasa dan bahasa daerahnya. Lalu, kira-kira apa yang terjadi? Ternyata budaya para pendatang tersebut kemudian bercampur dengan budaya asli daerah di sana.

Baca Juga :  Jawaban isilah titik-titik pada tabel sebelah kanan untuk melengkapi tulisan Tina tentang sahabatnya

Perkembangan suatu daerah, ternyata juga memengaruhi kehidupan masyarakat. Mata pencaharian penduduk dapat berubah seiring perkembangan daerahnya. Misalnya, daerah yang dahulu lahan pertanian atau perkebunan lalu berkembang menjadi kawasan industri. Maka umumnya sebagian penduduknya akan berganti profesi. Dari petani menjadi karyawan pabrik.

Perkembangan dan pembangunan daerah juga membuat adanya kesempatan membuka usaha baru. Usaha yang dilakukan dapat menjual produk, seperti membuka toko, warung, restoran, atau kafe. Dapat juga menyediakan jasa, seperti jasa transportasi, penginapan, dan juga pemandu wisata.

Selain itu, perkembangan daerah juga memengaruhi perilaku masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari cara berbicara, gaya berpakaian, dan gaya hidup yang berubah.

Jadi penasaran ya, bagaimana dengan masyarakat di daerah kita?  Yuk, kita coba amati!

Mari Mencari Tahu

1. Berkumpullah dengan kelompok yang sudah disepakati bersama guru kalian.

2. Guru kalian akan menginformasikan daftar narasumber yang dapat dijadikan sumber informasi.

3. Diskusikan pembagian tugas di kelompok kalian. Pastikan setiap anggota kelompok mendapatkan tugas untuk mencari tahu dari narasumber yang berbeda.

4. Tuliskan pembagian peran tersebut, lalu serahkan pada guru kalian.

5. Guru akan memberikan instruksi untuk pencarian informasi melalui wawancara.

6. Buatlah perbandingan kondisi masyarakat di daerah kalian dahulu dan sekarang. Gunakan pertanyaan pada tabel berikut untuk membandingkannya.

Lakukan Bersama

Kalian dan kelompok ditantang untuk menuliskan alternatif ide/saran kepada pemerintahan (RT/RW/Desa/Kelurahan) di tempat kalian tinggal. Yuk, simak instruksi yang akan diberikan guru kalian ya.

1. Dalam kelompok, pilihlah 1 topik dari pilihan yang diberikan oleh guru kalian.

2. Diskusikan alternatif ide/saran yang menarik untuk topik tersebut, sehingga pemerintah dapat terbantu dengan ide-ide kelompok kalian. Catat juga alasan-alasan atau bukti pendukung untuk ide kelompok kalian selama diskusi berlangsung.

Baca Juga :  Jawaban buatlah laporan untuk menceritakan hasil proyekmu

3. Jika sudah, ceritakan ke guru kalian, tentang perjalanan kelompok kalian menemukan ide tersebut.

4. Guru kalian akan membagikan kertas/media yang dapat digunakan untuk menuliskan surat tersebut.

5. Tuliskan surat dengan rapi dan kreatif, pastikan penyampaian ide kalian menjadi menarik dan dapat membantu pemerintah di daerah kalian.

Mari Refleksikan

1. Mata pencaharian apa yang dominan ada di daerah kalian?

Jawaban : Karyawan Swasta

2. Apakah bentang alam daerah kalian memengaruhi mata pencaharian di sana?

Jawaban : Ya, sangat mempengaruhi mata pencaharian

3. Apa perbedaan masyarakat di daerah kalian kini dengan dahulu?

Jawaban : Dari segi mata pencaharian, masyarakat dahulu sebagian besar adalah petani sedangkan sekarang karyawan swasta.

4. Hal menarik apa saja yang kalian dapatkan tentang adanya pendatang di daerah kalian?

Jawaban : Berdirinya pabrik yang menyebabkan banyak pendatang dari luar yang bekerja dan menetap di daerah kami.

5. Menurut kalian, apa kelebihan dan kekurangan tentang keberadaan pendatang di daerah kalian?

Jawaban : Kelebihan masyarakat dahulu masih kuat rasa jiwa gotong royong
Kekurangan orang jaman dahulu belum melek teknologi

Kelebihan orang jaman sekarang sudah melek teknologi.
Kekurangan orang jaman sekarang lebih individualis

6. Menurut kalian, sikap apa yang dapat dilakukan sebagai masyarakat untuk mendukung perkembangan daerah menjadi lebih baik?

Jawaban : Saling bekerjasama, gotong royong dan saling menghargai. Hilangjkan sifat egios dan individualis

7. Menurut kalian, seberapa penting kita perlu melestarikan dan menjaga budaya lokal? Mengapa?

Jawaban : Sangat penting karena supaya budaya lokal dapat terus terjaga sehingga tak musnah dimakan waktu. sekaligus budaya lokal berasal dari kebudayaan leluhur sehingga harus senantiasa dilestarikan

8. Apa hal yang dapat diupayakan untuk menjaga adat budaya yang dimiliki daerah kalian, hingga dapat terus dinikmati oleh generasi berikutnya?

Jawaban : Mengenalkan budaya daerah seperti rumah adat dan baju adat kepada para pelajar di sekolah. Melestarikan penggunaan bahasa daerah. Melakukan pementasan seni budaya tradisional, seperti seni tarian daerah.

Belajar Lebih Lanjut

Seiring dengan banyaknya pendatang yang masuk ke suatu daerah, perkembangan daerah pun menjadi banyak terjadi. Ada budaya yang mungkin juga berubah atau mengalami pergeseran.

Baca Juga :  Jawaban bagaimana menurut kalian cerita “Bertualang di Sabana Sumba” secara keseluruhan

Kemudian, muncullah istilah akulturasi dan asimilasi. Akulturasi adalah percampuran dua kebudayaan atau lebih. Biasanya muncul karena masuknya unsur kebudayaan asing di suatu daerah. Pertunjukan wayang kulit yang berasal dari Jawa namun dengan kisah cerita dari India.

Sedangkan, asimilasi adalah penyatuan atau pembauran dua kebudayaan asli menjadi kebudayaan baru. Biasanya terjadi karena adanya interaksi dalam waktu yang lama sehingga menghasilkan kebudayaan campuran.

Masuknya pendatang ke suatu daerah juga bisa menimbulkan tantangan, seperti:

1. kebutuhan tempat tinggal yang semakin meningkat. akibatnya banyak tanah pertanian atau hutan berubah jadi pemukiman;

2. menimbulkan masalah lingkungan seperti sampah yang menimbulkan penyakit.

Lalu, bagaimana dengan daerah kalian? Apakah juga memiliki gejala di atas? Bagaimana kita menyikapinya sebagai generasi muda?

Memilih Tantangan

Buatlah sebuah cerita pendek atau komik yang menceritakan tentang masyarakat daerah kalian. Sisipkan juga nilai-nilai yang sudah kalian pelajari untuk disampaikan pada pembaca. Tunjukkan hasil karya ini kepada teman dan guru kalian. Selamat mencoba!

Apa yang Sudah Aku Pelajari?

1. Mata pencaharian dominan masyarakat di suatu daerah, umumnya ditentukan dari kenampakan alam/bentang alam daerah tersebut.

2. Adanya masyarakat pendatang, memberikan dampak baik terhadap perkembangan daerah. Namun, menimbulkan juga tantangan baru bagi daerah tersebut.