Jawaban Mencari Kalimat Definisi Dan Deskripsi

Jawaban Mencari Kalimat Definisi Dan Deskripsi

Jawaban Mencari Kalimat Definisi Dan Deskripsi – Halo sobat, kali ini mas bejo akan membahas mengenai jawaban mencari kalimat definisi dan deskripsi pada teks “Kunang-Kunang” dan “Kunang-kunang yang Perlahan Menghilang” yang terdapat pada buku buku cerdas cergas berbahasa dan bersastra indonesia untuk SMA/SMK Kelas X halaman 17.

Jawaban Mencari Kalimat Definisi Dan Deskripsi Halaman 16.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat dapat menyimak terlebih dahulu teks Kunang-kunang dan teks Kunang-Kunang yang Perlahan Menghilang. Teks tersebut terdapat dari pembahasan sebelumnya pada artikel Jawaban Perbandingan Antara Informasi Pada LHO Dan Teks Eksplanasi. Setelah itu bacalah teks dengan teliti dan seksama sehingga sobat dapat menemukan kalimat yang dicari.

Berikut pembahasan selengkapnya mengenai jawaban mencari kalimat definisi dan deskripsi pada teks “Kunang-Kunang” dan “Kunang-kunang yang Perlahan Menghilang”, mari simak bersama !

C. Menggunakan Kaidah Kebahasaan dalam Laporan Hasil Observasi

Menggunakan kaidah-kaidah bahasa yang digunakan dalam menyusun laporan hasil observasi.

Kalimat Definisi Dan Kalimat Deskripsi

Kalimat Definisi

Kalimat definisi merupakan kalimat yang menjelaskan suatu hal, baik benda hidup maupun benda mati secara umum. Umumnya, penggunaan kalimat definisi dalam teks laporan merujuk pada istilah teknis atau ilmiah yang berkaitan dengan bidang tertentu. Hal tersebut dapat membantu pembaca memahami istilah teknis atau ilmiah yang muncul dalam teks. Kalimat definisi biasanya menggunakan kopula, seperti kata adalah, merupakan, dan yaitu.

Contoh:

1. Belalang anggrek (Hymenopus Coronatus) adalah salah satu jenis belalang sentadu atau belalang sembah yang hidup di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara lainnya.

Baca Juga :  Jawaban Analisis Struktur Teks Anekdot

2. Belalang anggrek merupakan predator polifagus atau pemakan beberapa jenis mangsa.

Kalimat Deskripsi

Kalimat deskripsi digunakan untuk menggambarkan sifat-sifat atau ciri-ciri yang khusus atau spesifik dari suatu benda. Kalian dapat menggunakan kalimat deskripsi saat menjelaskan sifat sebuah benda kepada pembaca berdasarkan apa yang indra kalian rasakan sehingga pembaca seolah-olah benar-benar melihatnya atau merasakannya sendiri.

Bab 1 Mengungkap Fakta Alam secara Objektif 17

Contoh:

1. Tubuh mereka berwarna putih dengan aksen merah muda lembut atau cerah.

2. Sayap depan berfungsi melindungi sayap belakang sehingga teksturnya lebih keras.

Selain menggambarkan sifat atau ciri khusus suatu objek, kalimat deskripsi juga dapat menjelaskan sebuah aktivitas yang dilakukan objek tersebut. Kalimat ini menggunakan kata kerja material atau kata kerja yang menunjukkan tindakan suatu benda, binatang, manusia, atau peristiwa.

Contoh:

1. Rongga itu memperkuat suara yang dihasilkan oleh getaran tymbal.

2. Saat bertelur tonggeret betina menempelkan telur-telurnya di cabang atau batang pohon dan rerumputan.

Latihan

Carilah kalimat definisi dan deskripsi pada teks “Kunang-Kunang” dan “Kunang-kunang yang Perlahan Menghilang”!

Jawaban

  1. Teks Kunang – Kunang

Kalimat Definisi

  • Kunang-kunang merupakan jenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat saat malam hari.
  • Makanan kunang-kunang adalah cairan tumbuhan, siput-siputan kecil, serangga, atau cacing.
  • Kunang-kunang merupakan penanda kesehatan sebuah ekosistem (bioindikator) sehingga dapat membantu manusia untuk menilai apakah sebuah daerah masih bersih dan alami atau sudah tercemar.

Kalimat Deskripsi

  • Kunang-kunang hidup di tempat-tempat lembab, seperti rawa-rawa, hutan bakau, dan daerah yang dipenuhi pepohonan.
  • Tubuh kunang-kunang terdiri dari tiga bagian: kepala, thorax, dan perut (abdomen).
  • Panjang badannya sekitar 2cm.
  • Hampir seluruh bagian tubuh kunang-kunang berwarna gelap dan berwarna titik merah pada bagian penutup kepala.
  • Cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang tidak berbahaya, malah tidak mengandung ultraviolet dan inframerah.
Baca Juga :  Jawaban Ayu membantu ibunya menanam tanaman tomat, cabe dan bawang, tentukanlah variabel bebas, variabel terikat dan tiga macam variabel kontrol dalam penyelidikan Ayu ini

2. Teks Kunang – Kunang Yang Perlahan Menghilang

Kalimat Definisi

  • Penyebab pertama kepunahan kunang-kunang adalah hilangnya habitat hidup kunang-kunang.

Kalimat Deskripsi

  • Misalnya, kunang-kunang Malaysia (Pteroptyxtener), yang terkenal karena panjangnya, harus kehilangan habitatnya untuk berkembang biak di kawasan bakau karena di konversi menjadi perkebunan sawit dan pertanian budidaya.
  • Banyak kunang-kunang mengandalkan bioluminescence, reaksi kimia didalam tubuh mereka yang memungkinkan untuk menyala saat menemukan dan menarik pasangan.

Kesimpulan

Nah, itulah kunci jawaban yang telah dibahas di atas, diharapkan sobat dapat memahami tentang kalimat definisi dan deskripsi.

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukanlah jawaban yang mutlak benar, akan tetapi bisa menjadi acuan yang dapat digunakan sehingga memudahkan sobat dalam belajar.

Baca Juga :