Mengenal Lokasi Tempat Tinggal

Jawaban mengapa bisa terjadi kenaikan harga lahan di sekitar bandara baru

Berikut jawaban mengapa bisa terjadi kenaikan harga lahan di sekitar bandara baru. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Mengenal Lokasi Tempat Tinggal

Lokasi

Lokasi merupakan letak objek di permukaan bumi. Lokasi dibedakan menjadi lokasi absolut dan lokasi relatif. Lokasi absolut merupakan letak yang bersifat tetap terhadap sistem koordinat. Contoh dari lokasi absolut yaitu Indonesia terletak pada 6ºLU–11ºLS dan 95ºBT–141ºBT. Letak ini tidak akan berubah selama sistem koordinat yang digunakan sebagai dasar perhitungan masih menggunakan garis ekuator dan meridian Greenwich.

Lokasi relatif merupakan letak tempat yang dapat berubah karena keadaan di sekitarnya. Sebagai contoh, awalnya Kabupaten Tanatidung termasuk dalam Provinsi Kalimantan Timur, tetapi saat ini merupakan Kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara. Selain itu, lokasi relatif memiliki pengaruh pada nilai suatu objek. Lokasi di dekat jalan raya memiliki harga tanah yang lebih mahal tetapi kurang sesuai untuk tempat tinggal karena suara bising dan bahaya polusi udara dari kendaraan bermotor. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa lokasi yang berkaitan dengan keadaan sekitarnya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Lembar Aktivitas 4 Aktivitas Kelompok

Harga Tanah di Sedayu Bantul Juga Melejit Gara-gara Bandara Baru

Harga tanah di sekitar Yogyakarta International Airport (YIA) melambung hingga Rp10 juta per meter persegi. Tidak hanya di dekat bandara baru, harga tanah di Sedayu, Bantul yang dilintasi menuju bandara juga ikut terdongkrak. Euforia megaproyek YIA dirasakan semua sudut hingga yang jauh dari zona bandara. Harga tanah terus menjulang tinggi. Daerah yang sebelum ada proyek pembangunan bandara harga tanahnya Rp500.000 per meter persegi, sekarang sudah lebih dari Rp1 Juta. Harga kavling rumah di Sedayu dengan luasan 80-100 meter sebelumnya berkisar Rp150 juta, sekarang sudah mencapai Rp400 juta.

Baca Juga :  Jawaban Mencari Kesalahan Penulisan Kata Berimbuhan Di-

Diskusikanlah dengan kelompok kalian, jenis lokasi apa yang memengaruhi kenaikan harga tersebut? Mengapa bisa terjadi kenaikan harga lahan di sekitar bandara baru?

Jawaban : Jenis lokasi tanah yang mempengaruhi kenaikan harga ialah 

  • Terletak pada lokasi yang strategis, seperti di tengah kota, berdekatan dengan berbagai macam fasilitas hingga lingkungan yang mendukung untuk membuka bisnis/tempat tinggal.
  • Lokasi tanah/bangunan dimiliki oleh pihak yang terpercaya, beberapa pengembang properti biasanya tidak langsung membangun rumah namun membeli tanah mulai dari lokasi awal hingga tanah di sekitar lokasi untuk perluasan pengembangan proyeknya. Lokasi ini juga berpotensi mengalami kenaikan harga.

Kenaikan harga lahan di sekitar bandara baru juga disebabkan oleh adanya jaminan akan pembangunan di sekitar bandara. Pembangungan tersebut dilakukan untuk mempermudah akses menuju bandara. Mulai dari pembangunan jalan raya baru, hingga sarana pendukung lainnya seperti fasilitas kesehatan hingga perbelanjaan.