Diskusikan mengapa listrik penting bagi kehidupan manusia

Jawaban mengapa listrik penting bagi kehidupan manusia

Berikut jawaban mengapa listrik penting bagi kehidupan manusia. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Menulis

Setelah kalian memahami artinya, buatlah kalimat dengan menggunakan kata-kata tersebut. Tulislah di buku kalian. Jangan lupa, kalimat kalian hendaknya terdiri atas Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), dan Keterangan (K).

  1. Stopkontak
  2. Sakelar
  3. Steker
  4. Elektronik
  5. Vampir

Jawaban : 

Contoh kalimat berdasarkan kata-kata tersebut:

1. Stopkontak : Budi membeli stopkontak tadi sore
2. Sakelar : Ibu meminta Talia mematikan sakelar lampu di ruang tamu
3. Steker : Ayah mencolokkan steker kipas angin ke stopkontak
4. Elektronik : Siti memperbaiki televisi ke tempat servis elektronik
5. Vampir : Vampir listrik menghisap energi dari alat elektronik setiap saat meski sudah dimatikan

Berdiskusi

Dalam cerita “Ada Vampir di Rumah Ini”, Kak Lita membuka jendela lebar-lebar agar Sani tidak memerlukan kipas angin. Dengan demikian, mereka menghemat listrik.

Baca Juga :  Jawaban Ayo Berlatih Halaman 91 Massa atom relatif dan Massa Molekul Relatif Unsur Atom IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

1. Diskusikan hal ini di dalam kelompok.

2. Pokok bahasan yang kalian diskusikan meliputi pertanyaan-pertanyaan berikut.

• Mengapa listrik penting bagi kehidupan manusia?

Jawaban : Karena listrik sudah menjadi salah satu kebutuhan utama manusia dan salah satu sumber energi terbesar untuk dikelola.

• Bagaimana kalau tidak ada listrik?

Jawaban : Kehilangan sumber penerangan yang baik sehingga harus beralih ke obor atau lilin. Hidup kembali menjadi tradisional di mana pekerjaan dilaksanakan manual sehingga tidak efektif dan efisien.

• Mengapa kita perlu menghemat listrik?

Jawaban : Kita harus menghemat listrik agar tidak perlu mengeluarkan biaya berlebih, mengurangi pencemaran lingkungan, dan membiasakan perilaku disiplin.

• Apa saja yang dapat dilakukan untuk menghemat listrik?

Jawaban : Mematikan lampu jika tidak digunakan, mematikan tv jika usai di tonton, mengganti lampu pijar diubah menjadi lampu neon ( lampu neon lebih hemat listrik), mematikan kran stelah digunakan ( air berasal dari sumur , disedot menggunakan sanyo yang digerakkan oleh listrik).

3. Carilah informasi pendukung di buku, majalah, ensiklopedia, internet, atau lainnya. Saat mencari di internet, kalian harus didampingi orang tua atau guru.

4. Presentasikan hasil diskusi kelompok kalian di depan kelas.