Mengapa makhluk hidup membutuhkan energi

Jawaban mengapa makhluk hidup membutuhkan energi

Berikut jawaban mengapa makhluk hidup membutuhkan energi. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Piramida Makanan

Piramida makanan sama seperti jaring-jaring makanan yang menggambarkan hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup. Namun, pada piramida makanan kita dapat melihat banyak energi yang tersedia. Masing-masing peran pada piramida makanan diletakkan seperti gambar berikut.

Semakin rendah tingkatannya akan semakin banyak jumlah tumbuhan atau hewan yang termasuk di dalamnya. Sebaliknya, semakin tinggi tingkatannya, maka semakin besar ukuran dan semakin sedikit jumlah hewan yang termasuk di dalamnya. Hal ini berkaitan dengan transfer energi yang terjadi antarmakhluk hidup, seperti yang kita peragakan dalam kegiatan sebelumnya.

Hubungan makan dan dimakan merupakan hubungan yang saling mendukung kehidupan satu sama lain. Karena semua kehidupan berharga, walaupun sekecil apa pun itu.

Mari Mencoba

Menggambar Piramida Makanan

Alat dan bahan:
1. alat tulis;
2. alat mewarnai;
3. karya jaring-jaring makanan yang telah dibuat bersama kelompok di kegiatan sebelumnya.

Langkah percobaan:

Baca Juga :  Jawaban Lembar Aktivitas 5 halaman 177 dan 178 Harga Masker Melejit! IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

1. Buatlah piramida makanan berdasarkan jaring-jaring makanan yang sudah kalian buat dalam bentuk gambar.

2. Berilah warna pada piramida makanan yang telah kalian gambar.

3. Bandingkan piramida yang kalian buat dengan teman sekelompok kalian. Apakah ada perbedaan? Diskusikan dahulu jika ada perbedaan sebelum berkonsultasi dengan guru kalian.

Mari Refleksikan

1. Mengapa makhluk hidup membutuhkan energi?

Jawaban : Karena untuk bertahan hidup, bergerak, mencari makan, berkembang biak, dan sebagainya.

2. Bagaimana transfer energi terjadi pada suatu ekosistem?

Jawaban : Saat makan, terjadi transfer energi dari makhluk hidup yang dimakan.

3. Apa arti tanda panah dalam jaring-jaring makanan?

Jawaban : Selain mengarahkan kepada yang memakannya, tanda panah menggambarkan transfer/perpindahan energi yang terjadi.

4. Apakah ada hubungannya populasi suatu makhluk hidup dengan transfer energi? Lihatlah dari piramida makanan yang kalian buat untuk membantu menjawab pertanyaan ini.

Jawaban : Ada, setiap lantai menggambarkan sumber energi yang tersedia dan berdampak pada populasi makhluk hidup di atasnya.

5. Apa yang membedakan jaring-jaring makanan dan piramida makanan?

Jawaban : Pada piramida makanan, terlihat jumlah energi yang tersedia dan bisa menggambarkan banyak populasi pada setiap tingkat/perannya.

6. Apa yang bisa kita pelajari dari hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup?

Jawaban : Dengan adanya hubungan ini, terlihat bahwa antarmakhluk hidup mendukung kehidupan satu sama lain. Satu kehidupan akan berpengaruh ke kehidupan yang lainnya.

Belajar Lebih Lanjut

Energi Disalurkan Antarmakhluk Hidup

Jika kita perhatikan, semua energi bermula dari Matahari. Tanpa Matahari, tanaman tidak bisa memproduksi makanannya. Dengan demikian tidak ada produsen yang bisa dimakan oleh herbivora. Hal ini akan berdampak pula dengan kelangsungan hidup hewan karnivora. Luar biasa ya, bagaimana energi bisa disalurkan antarmakhluk hidup?

Baca Juga :  Jawaban faktor apa saja yang bisa mengganggu ketidakseimbangan ekosistem

Lantas apakah energi yang sudah diambil dari tumbuhan bisa kembali lagi ke tumbuhan? Jangan lupa tentang peran dekomposer yang menguraikan bangkai makhluk hidup. Dengan adanya dekomposer, energi akan tersalurkan kembali ke tumbuhan melalui nutrisi dalam tanah. Jadi, apa yang semula diambil dari tumbuhan akan dikembalikan lagi dengan peran dekomposer. Semua ini sudah diatur oleh Sang Pencipta agar alam tempat tinggal kita berlangsung dengan harmonis.

Apa yang Sudah Aku Pelajari?

1. Rantai makanan atau jaring-jaring makanan menggambarkan transfer energi pada suatu ekosistem.

2. Makhluk hidup mendapatkan energi dari makanan. Energi ini digunakan untuk tumbuh, bernapas, beraktivitas, berkembang biak, dan masih banyak lagi.

3. Sisa energi yang didapat dari makanan, disimpan dalam tubuh.

4. Piramida makanan menggambarkan energi yang tersedia pada suatu ekosistem. Ini juga berkaitan dengan banyak tidaknya populasi makhluk hidup dalam sebuah ekosistem.