Bab 2 Wujud Zat dan Perubahannya

Jawaban menurut kalian apa itu massa

Berikut jawaban menurut kalian apa itu massa. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Bab 2 Wujud Zat dan Perubahannya

Pernahkah es yang kalian makan mencair seperti yang dialami Banu? Jika kalian perhatikan, semua benda yang ada di sekeliling kalian mengalami perubahan. Es krim yang semula padat kemudian menjadi cair. Cokelat yang semula padat setelah kalian masukkan ke mulut akan meleleh. Apa yang membuat semua itu berubah?

Tujuan Pembelajaran

1. Mengenali materi dan karakteristiknya.
2. Mempelajari karakteristik wujud zat/materi.
3. Mencari tahu bagaimana perubahan wujud zat terjad.

Topik A: Materi, Makhluk Apa Itu?

Pertanyaan Esensial

1. Apa itu materi?
2. Seperti apa saja wujud zat/ materi?
3. Bagaimana wujud zat dapat berubah-ubah?

Alam semesta tempat kita tinggal terdiri atas banyak materi. Materi adalah segala sesuatu punya massa dan menempati ruang. Materi ada yang berupa makhluk hidup seperti kita (manusia), hewan-hewan, tumbuhan, jamur dan bakteri. Ada juga yang berupa makhluk tak hidup atau yang sering kita sebut dengan benda, seperti buku, papan tulis, awan, langit, tanah dan sebagainya.

A.1 Apa Itu Massa? Kita Cari Tahu Yuk!

Mari Mencari Tahu

Untuk mengetahui apa itu massa, bisa dilakukan dengan percobaan pada timbangan. Pelajari cara berikut dan cobalah sendiri untuk membuktikannya. Ketika di atas timbangan tidak diletakkan apa pun, kedua timbangan akan seimbang. Namun, ketika di salah satu timbangan diletakkan benda seperti kerikil, maka timbangan akan miring ke salah satu bagian. Hal ini menunjukkan bahwa kerikil atau benda yang diletakkan di atas timbangan itu memiliki massa. Timbangan akan miring ke arah benda yang lebih berat. Itu artinya benda yang ada di kanan lebih berat dibandingkan benda yang ada di kiri. Ini menunjukkan bahwa massa batu lebih besar dibandingkan massa kerikil.

Baca Juga :  Jawaban menurut kalian, apa kekayaan daerah kalian yang paling penting

 

Mari Refleksikan

1. Menurut kalian apa itu massa?

Jawaban : Massa adalah suatu besaran dari benda yang bisa diukur dan memiliki satuan

2. Berdasarkan pengamatan kalian, apa hubungan antara massa dengan ukuran benda? Apakah benda yang ukurannya lebih kecil massanya selalu lebih kecil?

Jawaban : Massa merupakan suatu besaran dari benda. Jika suatu benda memiliki massa, maka benda tersebut disebut sebagai materi, apapun jenis wujudnya. Massa juga disebut sebagai bentuk ukuran suatu benda. Besaran pada benda adalah banyak sedikitnya ukuran yang menunjukkan suatu benda. Sehingga, jika benda tersebut kecil, maka massanya pun kecil. Pun sebaliknya, jika benda tersebut berukuran lebih besar maka massa benda tersebut kemungkinan akan lebih besar. Jadi, massa dan ukuran benda memiliki perbandingan yang lurus atau sama denga

3. Bagaimana cara menentukan massa suatu benda?

Jawaban : Cara menentukan massa suatu benda adalah dengan mengetahui dan menentukan massa suatu benda bisa menggunakan cara mengukur atau menimbang massa benda menggunakan neraca atau timbangan. Selain itu, itu mengetahui massa benda juga bisa dilihat angka kemasan, misalnya seberti contoh kemakasan makanan ringan memiliki massa 400g atau 500g

 

Belajar Lebih Lanjut

Massa adalah besaran dari suatu benda. Ketika suatu benda memiliki massa maka benda itu merupakan materi. Massa suatu benda bisa berbeda dengan massa benda lainnya. Misalnya, massa 1 butir telur tentu berbeda dengan massa 1 potong baju.

Perbedaan massa yang berbeda pada suatu benda dengan benda yang lain disebabkan oleh banyaknya jumlah zat pada benda tersebut. Misalnya, jika kalian memiliki sebuah botol plastik dan sebuah botol kaca, atau gelas plastik dan gelas kaca. Meskipun sama-sama botol atau gelas, tetapi keduanya memiliki massa yang berbeda. Botol kaca atau gelas kaca memiliki jumlah zat yang lebih banyak dibandingkan botol atau gelas plastik. Akibatnya botol atau gelas kaca massanya lebih besar dibandingkan botol atau gelas plastik.

Baca Juga :  Jawaban transformasi energi apa yang terjadi pada senter