Daerahku dan Kekayaan Alamnya

Jawaban menurut kalian, apa kekayaan daerah kalian yang paling penting

Berikut jawaban menurut kalian, apa kekayaan daerah kalian yang paling penting. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Topik B: Daerahku dan Kekayaan Alamnya

Pertanyaan Esensial
1. Apa saja kekayaan alam di daerah tempat tinggalku?
2. Bagaimana pengaruh geografis daerah tempat tinggalku terhadap kekayaan alamnya?
3. Bagaimana cara bijak untuk memanfaatkan kekayaan alam di daerah tempat tinggalku?

Tahukah kalian bahwa setiap daerah di Indonesia memiliki ragam bentang alam yang berbeda-beda? Lalu, tahukah kalian, bahwa hal ini pun berpengaruh terhadap potensi sumber daya yang dimiliki oleh masing masing daerah?

Kabupaten Bima, misalnya, memiliki bentang alam yang terdiri dari dataran tinggi, dataran rendah, dan beberapa daerahnya berbatasan langsung dengan lautan. Curah hujan yang rendah juga, di dataran Kabupaten Bima, bawang merah dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Bambu juga termasuk sumber daya alam yang banyak dimanfaatkan. Perabotan rumah tangga, perabotan dapur, dan dinding rumah terbuat dari bambu. Bukan hanya itu, bambu juga digunakan sebagai alat musik dan bahan membuat mainan.

Baca Juga :  Jawaban apa manfaat keberagaman budaya di Indonesia

Di daerah kalian, pasti ada sesuatu yang bisa dan biasa dimanfaatkan penduduknya. Bisa berupa tumbuhan atau hewan. Bisa juga sungai, danau, rawa, gunung, dan sebagainya.

Jadi penasaran ya, apa saja kekayaan alam yang ada di daerah kita? Yuk, kita jelajahi bersama!

Mari Mencari Tahu

Apakah kalian sudah tahu apa yang menjadi potensi daerah kalian? Mari temukan keunikan daerah tempat tinggal kalian bersama Dara dan Mia, dengan bermain. Guru kalian akan memandu untuk permainan Detektif Alam. Perhatikan instruksi guru kalian baik-baik, ya!

Lakukan Bersama

Berkumpullah dengan kelompok yang sudah disepakati bersama guru kalian. Kali ini, kalian ditantang untuk menyelesaikan permainan papan yang berjudul “Maju Terus, Pantang Mundur”. Wah, apakah itu? Penasaran seperti apa permainannya? Yuk, simak instruksi yang akan diberikan guru kalian ya.

Mari Refleksikan

1. Menurut kalian, apa kekayaan daerah kalian yang paling penting? Mengapa?

Jawaban : Daerah Jawa Tengah, daerah tersebut memiliki kekayaan padi,karena padi berperan penting bagi sebagian besar masyarakat kita karena padi tersebut adalah makanan pokok manusia

2. Menurut kalian, adakah keterkaitan antara kenampakan alam/ bentang alam daerah tempat tinggal kalian dengan potensi kekayaan alam yang dimiliki daerah kalian? Coba ceritakan dengan singkat.

Jawaban : Ada keterkaitan kenampakan alam/ bentang alam daerah satu dengan yang lainnya contohnya

Kehidupan masyarakat sangat bergantung pada keadaan alam di sekitarnya. Orang yang tinggal di wilayah pantai cenderung bekerja sebagai nelayan .sedangkan sebagian besar penduduk pegunungan memanfaatkan tanah untuk bercocok tanam.

Sumber daya alam yg ada di sekitar ku adalah listrik , air , angin , dan api dan itu semua tidak bisa di perbarui tapi jika sumber energi dari manusia bisa di daur ulang dan bisa di buat menjadi sesuatu yg bermanfaat dan pembuatannya pun sering di lakukan di pabrik pabrik di sekitartempat tinggalku

3. Apa saja yang sudah dilakukan masyarakat daerah kalian untuk memanfaatkan kekayaan alam di daerah tempat tinggal kalian?

Jawaban : Cara masyarakat memanfaatkan SDA yaitu dengan menambang barang tambang (menggunakan alat/mesin maupun manual). Memelihara tumbuhan ataupun hewan yang dapat menghasilkan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

4. Menurut kalian, seberapa penting mengelola kekayaan alam dengan bijak? Mengapa?

Jawaban : Kekayaan alam yang dikelola dengan baik akan memberi dampak positif bagi masyarakat sekitar dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebab, jika kekayaan alam yang dikelola dengan bijak akan tetap terjaga ketersediaannya dan juga kualitasnya untuk masa sekarang dna masa yang akan datang.

5. Apakah menurut kalian masyarakat di daerah tempat tinggal kalian sudah bijak dalam mengelola kekayaan alamnya dengan baik?

Jawaban : Menurut saya masyarakat didaerah tempat tinggalku sudah cukup bijak dalam memngelola kekayaan alam karena mengelola kekayaan alam dengan bijak adalah hal yang paling penting dan paling utama. Selain menjaga, mengelola kekayaan alam dengan bijak menjadi kunci terpeliharanya sumber kekayaan alam tersebut.

Kekayaan alam yang dikelola dengan baik akan memberi dampak positif bagi masyarakat sekitar dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

6. Menurut kalian, apa hal yang dapat diupayakan untuk menjaga kelestarian kekayaan alam yang dimiliki daerah kalian, hingga dapat terus dinikmati oleh generasi berikutnya?

Jawaban :

Upaya untuk menjaga kelestarian kekayaan alam yang dimiliki daerah, di antaranya:

1) Memanfaatkan kekayaan alam dengan bijak
2) Tidak serakah dalam menggunakan kekayaan alam yang ada
3) Menghemat penggunaan kekayaan alam yang ada
4) Menggunakan bahan-bahan organik sebagai sumber daya alam
5) Menghemat kekayaan alam yang tidak dapat diberbarui
6) Mengadakan penghijauan atau reboisasi
7) Tidak mengeksploitasi kekayaan alam secara besar-besaran
8) Melakukan konservasi untuk kekayaan alam

 

Baca Juga :  Jawaban apa yang terjadi ketika lilin dipanaskan menggunakan api

Belajar Lebih Lanjut

Indonesia memiliki beragam jenis biji kopi. Ada Kopi Aceh Gayo, Kopi Toraja, Kopi Papua Wamena, Kopi Kintamani Bali, Kopi Flores Bajawa, Kopi Java Ijen Raung, Kopi Rangsang Meranti Riau, dan masih banyak lagi. Hal yang paling luar biasa, kopi dari Aceh hingga Papua memiliki karakteristik dan cita rasa yang berbeda-beda. Wah, bagaimana bisa? Ternyata hal ini dipengaruhi dari tanah serta ketinggian tempat kopi tersebut ditanam.

Tidak hanya tumbuhan. Ternyata beberapa hewan pun memiliki lingkungan-lingkungan tertentu untuk tumbuh dan berkembang biak. Itu sebabnya, di beberapa daerah kita mudah menemukan ikan mas, tetapi di daerah lainnya kita hanya menemukan ikan bandeng.

Lalu bagaimana suatu daerah tetap menyediakan produk-produk yang tak tersedia dari kekayaan alam daerahnya? Kita dapat mendatangkan yang kita butuhkan dari daerah lain loh, begitu pun sebaliknya. Bahkan, kita juga dapat mendatangkan dari luar negara Indonesia, begitu juga sebaliknya.

Memilih Tantangan

Oleh-oleh khas daerah pastinya memanfaatkan sumber daya alam daerah tersebut. Yuk, cermati lebih dalam oleh-oleh khas daerah kalian!

1. Tentukan oleh-oleh khas yang ingin kalian cari tahu!

2. Carilah informasi seperti:
a. bahan apa saja yang terkandung dalam produk tersebut;
b. bahan yang berasal dari kekayaan alam daerah kalian;
c. bahan apakah yang didatangkan dari daerah lainnya;
d. cara pengolahan bahan-bahan sampai menjadi produk.

3. Kalian dapat mencari tahu melalui buku, internet, atau wawancara.

4. Presentasikan hasil tantangan kalian kepada teman dan guru kalian.

Apa yang Sudah Aku Pelajari?

1. Potensi kekayaan alam di sebuah daerah bergantung pada bentang alamnya.

2. Suatu daerah dapat mendatangkan kekayaan alam dari daerah lain untuk memenuhi kebutuhan daerahnya.

Baca Juga :  Jawaban Aktivitas 6.1 Halaman 129 Energi IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

3. Pengelolaan kekayaan alam yang bijak dapat membantu mempertahankan keberadaannya hingga generasi berikutnya.

Pencarian Populer : https://masbejo com/jawaban-menurut-kalian-apa-kekayaan-daerah-kalian-yang-paling-penting/