Rotasi bumi

Jawaban menurut kalian, apa pengaruh gerak revolusi dan rotasi planet

Berikut jawaban menurut kalian, apa pengaruh gerak revolusi dan rotasi planet. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Bumi dan Satelitnya

Pada bagian sebelumnya kalian sudah mempelajari sedikit karakter Bumi dan mengenal Bulan sebagai satelitnya. Pada bagian ini kalian akan lebih jauh mengenal bagaimana Bumi bergerak dan dampaknya pada kehidupan manusia sehari-hari, juga mengenal satelit yang dimiliki Bumi. Tahukah kalian, ternyata satelit milik Bumi tidak hanya Bulan, lho! Mari cari tahu dengan mempelajari bagian ini.

Pergerakan Bumi dalam Sistem Tata Surya

Di awal bab ini telah sedikit disinggung mengenai gerak rotasi dan revolusi. Rotasi adalah gerakan planet pada sumbunya, sedangkan revolusi adalah gerakan planet pada bidang orbitnya mengelilingi Matahari.

Waktu yang digunakan planet untuk mengitari Matahari disebut periode tahun, sedangkan waktu yang digunakan planet untuk berputar pada sumbunya disebut periode hari. Berdasarkan jarak antara planet dengan Matahari menyebabkan panjang 1 tahun tiap planet berbeda-beda. Demikian juga dengan panjang 1 hari tiap planet, ini dipengaruhi salah satunya oleh ukuran planet tersebut.

 

Ayo Duga Aktivitas 7.7

Pengaruh Gerak Bumi

Coba buatlah dugaan atau perkiraan berdasarkan informasi yang sudah diberikan.

1. Menurut kalian, apa pengaruh gerak revolusi dan rotasi planet?

Jawaban : Pengaruh gerak revolusi dan rotasi planet sangat besar. Rotasi planet memungkinkan adanya gelombang elektromagnetik yang dimiliki bumi akibat perputaran Bumi terhadap sumbunya. Hal ini mengakibatkan adanya gelombang elektromagnetik yang melindungi Bumi dari radiasi besar dari matahari. Selain itu, pengaruh revolusi Bumi juga sangat penting mengingat revolusi Bumi membuat adanya perbedaan suhu dan perubahan iklim yang sangat berpengaruh bagi kelangsungan kehidupan di Bumi.

2. Bagaimana hubungan antara ukuran planet dengan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu putaran revolusi dan rotasi?

Jawaban : Pengaruh ukuran planet memiliki pengaruh besar terhadap rotasi dan revolusi dari sebuah planet. Jika sebuah planet berdiameter besar, kemungkinan akan mempengaruhi rotasi karena memiliki massa yang lebih besar. Hal ini juga akan membuat revolusi planet dengan massa yang lebih besar akan menjadi lebih lambat dibandingkan planet yang lebih kecil. Revolusi yang lambat karena efek dari masa dan juga gaya gravitasi yang dimiliki bintang dan planet itu sendiri.

3. Bagaimana pula hubungan antara jarak planet terhadap Matahari dengan waktu untuk melakukan revolusi?

Jawaban : Jarak planet dengan matahari juga memiliki mempengaruhi revolusi terhadap matahari. Setiap benda langit yang berada di sebuah tata surya selalu memiliki gaya tarik menarik dengan bintang sebagai pusat tata surya. Sehingga semakin jauh sebuah planet, maka semakin lama juga revolusi sebuah planet terjadi.

Baca Juga :  Jawaban tuliskan dan jelaskanlah salah satu pemanfaatan fenomena pemuaian