fungsi uang

Jawaban menurut kalian sebenarnya apa fungsi uang

Berikut jawaban menurut kalian sebenarnya apa fungsi uang. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

B.2 Aku Membutuhkan kalian

Berkenalan dengan Uang

Awal digunakannya uang tidak diketahui pasti. Setelah masa barter ditinggalkan, manusia mulai menggunakan barang sebagai alat tukar. Namun tidak semua barang bisa dianggap sebagai uang. Syaratnya adalah berharga dan setara dengan barang yang ditukar. Berikut adalah contoh uang dan barang.

Keterbatasan jumlah dan kelangkaan, uang barang ini mulai ditinggalkan. Perdagangan atau tukar menukar mulai berkembang. Ada sebuah masa ketika logam mulia seperti emas, perak, dan tembaga menjadi pengganti uang barang sebagai nilai tukar.

Lalu, mengapa uang emas ditinggalkan juga, ya? Emas dianggap memiliki nilai yang tinggi dan tidak semua barang senilai dengan nilai tukar uang emas ini. Contohnya seekor ayam dianggap memiliki nilai tukar rendah dari emas. Uang emas masih digunakan, namun tidak secara umum.

Melihat dari penjelasan sebelumnya, dapat terlihat bahwa uang berfungsi sebagai alat tukar. Bentuk uang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

Lakukan Bersama

1. Berkumpullah bersama kelompok yang sudah ditentukan.

2. Siapkan hasil wawancara yang sudah kalian lakukan sebelumnya.

Baca Juga :  Jawaban apa yang akan terjadi pada bangsa dan negara Indonesia bila di tahun 1945 dulu para pemimpin memilih bentuk negara serikat

3. Berdiskusilah tentang hasil wawancara kalian tersebut. Lakukan pengamatan pada beberapa uang logam dan uang kertas yang kelompok kalian miliki.

4. Salin tabel berikut di buku tugas untuk mengisi hasil pengamatan!

5. Setelah mengisi tabel tersebut, diskusikan dengan teman kelompok pertanyaan berikut.
a. Apa fungsi uang?
b. Apakah hanya uang logam dan kertas yang dapat dijadikan alat pembayaran?
c. Apakah ada alat pembayaran lain yang kalian ketahui? Sebutkan!

6. Catat hasil diskusi pada buku tugas kalian.

Mari Refleksikan

1. Menurut kalian sebenarnya apa fungsi uang?

Jawaban : Fungsi uang sebagai alat tukar umum (medium of exchange), yaitu fungsi uang yang menggantikan sistem barter sehingga proses transaksi berjalan dengan lebih mudah dan cepat.

2. Apa jenis uang yang beredar di sekitar kalian?

Jawaban : Jenis uang yang beredar berdasarkan bahan yang digunakan untuk membuat uang adalah uang logam dan uang kertas.

3. Apa saja yang biasanya kalian lakukan dengan uang kalian?

Jawaban : Membeli barang sesuai kebutuhan.

4. Mengapa kita harus berhati-hati dalam menerima dan mengeluarkan uang?

Jawaban : Karena kita bisa jadi sudah ditipu menggunakan uang palsu. Oleh karenanya kita harus berhati hati. jika untuk mengeluarkan uang. kita harus berhati hati dalam perhitungan agar tidak termakan iklan, harga, diskon dan lainnya.

5. Bagaimana cara mengatur uang yang baik?

Jawaban : Cara mengatur uang yang baik ialah menabung, membuat rincian pengeluaran, mulai berinventasi, lunasi hutang dan cicilan dengan tepat waktu, sediakan dana darurat, dan siapkan dana pensiun.

Belajar Lebih Lanjut

Ada syaratnya sebuah uang dapat dijadikan sebagai alat tukar, yaitu:
1. dapat diterima atau disukai oleh semua/masyarakat umum;
2. tidak cepat mengalami perubahan atau rusak;
3. tidak mengalami perubahan nilai dalam waktu yang cukup lama;
4. mudah dibawa kemana-mana;
5. memiliki pecahan yang senilai atau mudah dibagi-bagi tanpa mengurangi nilai;
6. terbatas dan tidak mudah dipalsukan. Hati-hati saat menerima uang. Sudah tahukah kalian cara membedakan uang asli dari uang palsu?

Baca Juga :  Jawaban apa saja bagian tubuh dari tumbuhan