Pasangkanlah balon ucapan dengan orang yang tepat

Jawaban pasangkanlah balon ucapan dengan orang yang tepat

Berikut jawaban pasangkanlah balon ucapan dengan orang yang tepat. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Membaca

Perhatikan teks di bawah ini.

Suatu Hari

Periksalah, apakah balon ucapan sudah sesuai dengan orang yang mengucapkannya? Adakah balon ucapan yang tidak mengarah kepada orang yang tepat?

Pasangkanlah balon ucapan dengan orang yang tepat. Salin tabel di bawah ini ke buku tulis kalian dan lengkapilah. Jelaskan alasan kalian menyimpulkan demikian.

Jawaban :

Balon ucapan 1,

tokoh yang tepat adalah Riri. Berikut teksnya: Mataku yang sebelah kiri merah sekali dan gatal. Sebaiknya kalian tidak memandangku, supaya tidak ketularan.

Alasannya adalah pada gambar tersebut, mata sebelah kirinya sedang terlihat kesakitan.

Balon ucapan 2,

tokoh yang tepat adalah Asih. Berikut teksnya: Hatsy! Hatsi! Aku terlama lama berenang. Pasti karena itu aku pilek. Pasti nanti dokter memberiku antibiotik.

Alasannya adalah pada gambar tersebut, terlihat Asih sedang mengalami gangguan pada alat pernafasannya.

Balon ucapan 3,

tokoh yang tepat adalah Dio. Berikut teksnya: Sebenarnya aku ke sini menemani ibuku, tapi sekarang aku pusing sekali. Aku rasa penyakitku cukup parah.

Alasannya adalah pada gambar tersebut, kepala Dio terlihat sangat pusing.

Balon ucapan 4,

tokoh yang tepat adalah Candra. Berikut teksnya: Aku berlari-lari bersama temanku. Aku tidak melihat ada batu di depan. Aku terjatuh dan sikuku membentur batu itu. Tanganku sakit sekali. Sepertinya tanganku patah.

Alasannya adalah pada gambar tersebut, terlihat tangan kiri Candra sedang diperban.

Balon ucapan 5,

tokoh yang tepat adalah Adit. Berikut teksnya: Aku tidak hati-hati ketika memanjat pohon jambu. Aku terjatuh. Dokter memeriksaku dengan sinar-x. Ternyata ada tulang yang patah. Gips ini membantu tulangku tidak bergeser lagi.

Alasannya adalah pada gambar tersebut, Adit sedang mengendarai kursi roda, dan kakinya sedang diperban dan gips.

Baca Juga :  Jawaban bentuklah 5 kelompok setiap kelompok harus membuat poster yang berisi kalimat persuasif