Jawaban Pengayaan Halaman 202 IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Berikut Jawaban Pengayaan Halaman 202 IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka. Pertanyaan ini bisa sobat temukan pada buku IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka. Pembahasan berikut bisa sobat simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah sobat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya.

Pengayaan

Kalian menemukan sebuah pernyataan pada sebuah artikel.

1. Apakah sumber bacaan tersebut merupakan sumber bacaan yang valid? Jelaskan alasan jawaban Kalian.

Jawaban:

Sumber blog bukan merupakan sumber yang valid, karena sumber tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan isinya, siapapun dapat menulis di blog.

2. Lakukan diskusi kelompok apakah pernyataan di atas benar atau tidak. Berikan alasan Kalian dengan menjelaskan “pengaruh kenaikan permukaan air laut terhadap perputaran Bumi”.

Jawaban:

Pengaruh kenaikan permukaan air laut terhadap perputaran Bumi

• Ketika es di kutub mencair dan menutupi daratan telah terjadi perpindahan massa air, akan menyebabkan perubahan poros rotasi bumi dan memengaruhi gerak bumi terhadapnya.

• Profesor geofisika Universitas Harvard, Jerry Mitrovica, mengungkap hubungan antara kenaikan permukaan air laut akibat mencairnya es kutub dengan rotasi Bumi menggunakan pemodelan komputasi dan metode kalkulasi tertentu. Hasil studi menyebutkan bahwa dalam kurun waktu 2500 tahun, Bumi mengalami perlambatan rotasi Bumi, kaitannya dengan interaksi antara mantel Bumi dan inti Bumi, serta kenaikan permukaan air laut pasca zaman es.

• Bumi melambat 4,5 jam sejak 500 SM seiring peningkatan permukaan air laut. Rata-rata perlambatan rotasi Bumi setiap tahun adalah 2,4 detik.

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 168 Pengayaan

Demikian pembahasan Jawaban Pengayaan Halaman 202 IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka, semoga bermanfaat.