Prasasti Kerajaan Mataram Kuno

Jawaban penyebabkan perpindahan kerajaan Mataram Kuno ke daerah timur Pulau Jawa

Berikut jawaban penyebabkan perpindahan kerajaan Mataram Kuno ke daerah timur Pulau Jawa. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Kerajaan Mataram Kuno: Nuansa Kemewahan Peradaban Nusantara di Pulau Jawa

Kerajaan Mataram Kuno mulai dikenal melalui prasasti yang ditemukan di Desa Canggal (barat daya Magelang). Prasasati ini ditulis dalam huruf Pallawa dan diterjemahkan dalam bahasa Sanskerta yang indah dengan bertuliskan angka 732M. Isi dari Prasasti Canggal memperingati pendirian sebuah lingga (lambang Siwa) di daerah Kunjarakunja oleh Sanjaya. Di Kerajaan Mataram terdapat dua wangsa yaitu Sanjaya dan Syailendra yang memperebutkan kekuasaan. Pada pertengahan abad ke-9, kedua wangsa bersatu dengan perkawinan Rakai Pikatan dan Pramodawardhani (raja puteri dari keluarga Syailendra). Bukti dari persatuan keluarga tersebut adalah Candi Plaosan. Pada Candi Plaosan merupakan perpaduan dari corak agama Buddha dan Hindu yang dibangun sebagai simbol persatuan dari persatuan dua keluarga melalui pernikahan Rakai Pikatan dan Pramodawardhani.

Pada tahun 856 Balaputera dari Wangsa Syailendra berusaha merebut kekuasaan dari Rakai Pikatan tetapi gagal. Beliau kemudian melarikan diri ke Sriwijaya dan berhasil naik tahta menjadi raja Sriwijaya. Setelah berhasil menghapus kekuasaan Syailendra di Jawa, Rakai Pikatan turun tahta dan digantikan oleh Dyah Lokapala atau Rakai Kayuwangi. Masa Rakai Kayuwangi menghadapi berbagai kesulitan karena menurunnya pertanian dan lemahnya tenaga rakyat. Rakai Kayuwangi berkuasa dari 856 M sampai 886 dan digantikan Rakai Watuhumalang. Sebagai raja berikutnya adalah Balitung dan Rarkyan Kanuruhan. Mataram Kuno diperkirakan berpindah ke Jawa Timur karena pada tahun 929 prasasti yang ditemukan berada di daerah Jawa Timur.

Baca Juga :  Jawaban konversilah satuan-satuan di bawah ini ke dalam satuan bakunya

 

Lembar Aktivitas 5 Aktivitas Individu

Berdasarkan temuan prasasti peninggalan kerajaan Mataram Kuno yang bertahun 929 di daerah Malang, kerajaan ini diperkirakan berpindah ke Jawa Timur. Menurut kalian, apakah yang menyebabkan perpindahan kerajaan Mataram Kuno ke daerah timur Pulau Jawa?

Jawaban : Alasan perpindahan Kerajaan Mataram Kuno ke daerah timur Pulau Jawa adalah karena terjadi letusan Gunung Merapi. Pada tahun 929 Masehi, Empu Sindok yang merupakan raja terakhir dari Kerajaan Mataram Kuno memindahkan pusat kerajaan ke Jawa Timur dengan mendirikan kerajaan baru, yaitu Kerajaan Medang Kamulan. Ibu kota Medang berpindah dari Mataram menuju Tamwlang. Peristiwa ini terjadi sebagai akibat letusan Gunung Merapi yang membuat Kerajaan Medang atau Kerajaan Mataram Jawa Tengah hancur.