Jawaban pernahkah kalian sakit atau anggota keluarga kalian sakit, ceritakan di buku tulis kalian, pastikan cerita kalian memiliki struktur awal, tengah, dan akhir

Berikut jawaban pernahkah kalian sakit atau anggota keluarga kalian sakit, ceritakan di buku tulis kalian, pastikan cerita kalian memiliki struktur awal, tengah, dan akhir. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Membaca

Bacalah kedua teks di bawah ini dengan cermat.
Teks 1 :

Salah Sepatu

Pulang sekolah, Dimas mencari sepatu bolanya. Dia diajak teman-temannya main futsal. Syukurlah, sepatu itu masih pas. Dia pun bergegas menuju ke lapangan futsal. “Dim, kok kamu pakai sepatu bola? Kita kan mau main futsal?” tanya Raka heran.

“Memang apa bedanya? Sama-sama main bola, kan?” sahut Dimas sambil berlari meninggalkan Raka. Priiit …. permainan pun dimulai. Dimas sangat bersemangat mengejar bola. Namun, saat Dimas berusaha merebut bola … “ADUH!” teriak Dimas.

Semua anak berhenti bermain. “Ayo, kubantu kamu berdiri,” kata Raka. “Aduh, aduh … huhu, susah!” Dimas mengerang. Kaki Dimas terkilir. Sepatu bola yang dipakainya tidak cocok digunakan untuk lapangan futsal. Untuk sementara, Dimas harus beristirahat. Dia tak boleh berdiri, apalagi bermain bola.

Baca Juga :  Jawaban kapankah manusia mulai mengenal konsep uang

Teks 2:

Pertolongan Pertama untuk Kaki Terkilir

Tahukah kalian, salah satu penyebab kaki terkilir adalah penggunaan sepatu olahraga yang tidak tepat. Dimas memakai sepatu bola untuk bermain futsal. Padahal, sepatu bola didesain dengan tonjolan-tonjolan di bawahnya.  Tonjolan atau “paku” ini berguna agar sepatu mencengkeram permukaan rumput dan tanah. Saat dipakai di lapangan futsal yang permukaannya keras, paku-paku itu malah menyebabkan sepatu mudah tergelincir. Kaki Dimas pun terkilir atau disebut juga keseleo.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika kaki kalian terkilir di pergelangan kaki seperti Dimas? Kalian dapat melakukan metode RICE. Berikut ini penjelasannya.

Rest (Istirahat): Istirahatkan kaki yang sakit, paling tidak selama 48 jam.
Ice (Es) = Tempelkan kantong es pada bagian yang terkilir selama 20 menit, 4-8 kali per hari.
Compression (Tekanan) = Bebat dengan perban elastis agar mengurangi pergerakan dan supaya kaki tidak bengkak.
Elevate (Tinggikan) = Angkat kaki 15-20 cm dari permukaan dada.
Cara ini juga dapat diterapkan pada keadaan terkilir di bagian tubuh lainnya.

Menulis

1. Menulis Cerita

Pernahkah kalian sakit atau anggota keluarga kalian sakit?

Apa yang kalian lakukan?

Ceritakan di buku tulis kalian. Pastikan cerita kalian memiliki struktur awal, tengah, dan akhir.

Ini tugas menulis terakhir di kelas empat. Pastikan kalian menggunakan semua ketentuan dan kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang kalian pelajari di kelas empat ini.

Contoh Jawaban : Kisah Kakakku yang Terjangkit Virus Corona

2. Swasunting

Periksa kembali cerita yang kalian tulis dan perbaiki jika perlu. Memeriksa dan memperbaiki tulisan itu disebut mengedit atau menyunting. Swasunting adalah kegiatan penyuntingan yang dilakukan terhadap tulisan sendiri. ‘Swa-’ berarti sendiri.

Beberapa kegiatan swasunting antara lain:

  1. Periksa jalannya cerita

  2. Periksa ejaan

  3. Periksa tanda baca

  4. Periksa unsur-unsur kalimat

  5. Periksa diksi

Buatlah daftar periksa berikut ini.

Baca Juga :  Jawaban sampaikan kembali cerita “Tak Muat Lagi” dalam tiga kalimat buatanmu sendiri