Energi Listrik dari Baterai

Jawaban seberapa penting listrik bagi kehidupan kita

Berikut jawaban seberapa penting listrik bagi kehidupan kita. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Lakukan Bersama

Energi Listrik dari Baterai

Energi listrik bisa diperoleh dari listrik yang disediakan PLN atau menggunakan baterai. Dalam percobaan ini, kalian diberikan kesempatan untuk memanfaatkan energi potensial yang ada pada baterai dan mengubahnya menjadi energi listrik.

Alat dan bahan:

  1. Dua buah batreai tipe AA atau tipe D
  2. Satu potong kabel panjang 1,5m
  3. Satu lembar papan/alas kardus ukuran 30×30 cm
  4. Satu roll selotip
  5. Dua buah lampu bohlam 1,5 v
  6. Satu buah saklar

Langkah percobaan:

1. Potong kabel menjadi 3 atau 4 bagian sama panjang.

2. Kupas bagian ujung setiap kabel sepanjang 1 cm sehingga serat kabel tembaga terlihat dengan jelas.

3. Jika kalian sudah berhasil mengupas kabel, kalian akan melihat kawat tembaga seperti gambar berikut

4. Susun rangkaian listrik dengan menghubungkan setiap kabel dengan komponen listrik seperti gambar berikut.

5. Pastikan bagian ujung kabel yang terkelupas menempel pada komponen-komponen, seperti baterai, sakelar, dan lampu.

Baca Juga :  Jawaban termasuk dalam jenis apakah teks “Kelinci Kecil dan Burung Pipit"

6. Nyalakan sakelar dan amati apa yang terjadi.

7. Diskusikan pertanyaan berikut ini bersama anggota kelompok. Kemudian, tuliskan hasil diskusi kalian dalam lembar kerja.

a. Apa yang terjadi jika sakelar dimatikan? Jelaskan mengapa demikian!

Jawaban : Jika sakelar dimatikan maka lampu tidak akan menyala. Karena aliran listrik terputus.

b. Menurut kalian adakah perbedaan nyala lampu antara menggunakan satu baterai dengan menggunakan dua baterai?

Jawaban : Ada. Lampu menyala lebih terang ketika menggunakan dua baterai dibandingkan ketika hanya menggunakan satu baterai saja.

c. Menurut kalian apa yang akan terjadi jika arah baterai dibalik? Apakah
lampu akan tetap menyala ketika sakelar dihidupkan?

Jawaban : Yang terjadi ketika baterai dibalik maka lampu tidak akan menyala saat sakelar dihidupkan.

Mari Refleksikan

1. Seberapa penting listrik bagi kehidupan kita?

Jawaban : Energi listrik merupakan sumber energi utama yang banyak dimanfaatkan dan dibutuhkan oleh manusia. Energi listrik merupakan salah satu faktor pendukung penting bagi kehidupan manusia karena banyak sekali peralatan yang biasa menggunakan listrik sebagai sumber energi.

2. Apa yang terjadi apabila kita tidak dapat menggunakan energi listrik dalam waktu 1 hari saja?

Jawaban : Jika tidak menggunakan listrik 1 hari saja kita akan kesusahan karena dalam era globalisasi ini hampir semua kegiatan menggunakan energi listrik. Seperti menyetrika, menyalakan lampu dan lain-lain.

3. Bagaimana cara kita mendapatkan energi listrik?

Jawaban : Berdasarkan jenis arus listriknya, listrik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni arus listrik searah (DC) dan arus listrik dua arah (AC). Listrik yang kita peroleh dari PLN termasuk arus listrik dua arah. Adapun energi listrik yang kita dapatkan dari batrai merupakan arus listrik searah. Energi listrik diperoleh dari stop kontak yang ada di rumah atau bangunan. Stop kontak ini akan terhubung dengan kabel milik PLN yang sering kalian temui di pinggir jalan tertentu. Jika di telusuri kabel-kabel ini akan terhubung dengan gardu-gardu listrik.

Belajar Lebih Lanjut

Aliran Energi Listrik

Baca Juga :  Jawaban hal baru apakah yang kalian dapatkan dari topik ini

Energi listrik merupakan energi yang berasal dari pergerakan benda yang sangat kecil yang disebut elektron. Elektron bisa berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain dan menciptakan arus listrik. Kalian akan menemukan banyak elektron pada kabel yang terhubung ke stop kontak. Tapi, kalian perlu berhati-hati dengan elektron ya! Karena, aliran elektron bisa membuat kalian tersengat listrik. Tersengat listrik rasanya sakit sekali dan bisa membahayakan nyawa.

Jika energi listrik dialirkan ke peralatan listrik, peralatan listrik tersebut akan berfungsi, seperti kompor yang dialiri gas dari tabung LPG. Peralatan listrik tertentu akan mengubah energi listrik menjadi bentuk energi lainnya. Contohnya:
1. Setrika: mengubah energi listrik yang didapatkan dari kabel stop kontak PLN menjadi energi panas.
2. Televisi: mengubah energi listrik menjadi energi bunyi dan cahaya.
3. Pompa air: mengubah energi listrik menjadi energi gerak.

Berdasarkan jenis arus listriknya, listrik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni arus listrik searah (DC) dan arus listrik dua arah (AC). Listrik yang kita peroleh dari PLN termasuk arus listrik dua arah. Adapun energi listrik yang kita dapatkan dari baterai merupakan arus listrik searah.

Energi listrik bisa diperoleh dari stop kontak yang ada di rumah atau bangunan. Stop kontak ini akan terhubung dengan kabel milik PLN yang sering kalian temui di pinggir jalan tertentu.

Jika ditelusuri, kabel-kabel ini akan terhubung dengan gardu-gardu listrik. Gardu-gardu tersebut akan mendapatkan pasokan energi listrik dari pembangkit listrik. Apa itu pembangkit listrik? Secara sederhana, pembangkit listrik bisa diartikan sebagai pabrik yang menghasilkan energi listrik. Jadi, kabel-kabel listrik digunakan untuk mengalirkan energi listrik ke gedung, bangunan, sekolah, dan rumah kalian.

Baca Juga :  Jawaban mengapa tumbuhan perlu menyebarkan bijinya

Jenis pembangkit listrik bermacam-macam. Gambar-gambar berikut adalah pembangkit listrik yang ada di Indonesia. Di beberapa negara lain, ada juga yang menggunakan pembangkit listrik tenaga nuklir dan pembangkit listrik tenaga ombak.

Berbagai jenis pembangkit listrik ini tersebar di beberapa daerah di Indonesia dan energi listrik yang dihasilkan disalurkan ke seluruh kota dan daerah. Gambar berikut memperlihatkan lokasi pembangkit listrik tersebut di Indonesia. Adakah pembangkit listrik di daerahmu?

Saat ini, para ilmuwan dan insinyur sedang berusaha untuk mencari sumber energi alternatif lain yang dapat diubah menjadi energi listrik. Hal ini dilakukan agar kebutuhan energi kita dapat tercukupi. Apakah kalian tertarik untuk menjadi ilmuwan yang menemukan sumber energi lain tersebut?