Belajar Bersama Bunda

Jawaban Siapa nama tokoh utama pada cerita

Berikut Jawaban Siapa nama tokoh utama pada cerita. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Membaca

Belajar Bersama Bunda

“Bunda, …, sini, dong. Aku bingung bagaimana cara mengerjakan soal ini!”

“Soal yang mana, sayang? Coba dibaca dulu pertanyaannya dengan teliti, ya,” jawab bunda seraya menghampiri Indah.
Indah pun menuruti saran bunda. Ia membaca kembali soal IPA yang dikirim Bu Guru lewat pesan elektronik dengan lebih teliti.

“Aku sudah membacanya, Bunda. Tugasnya mencari lima contoh adaptasi hewan dengan lingkungannya. Harus mencari contoh yang berbeda dari buku paket. Aku carinya di mana?” tanya Indah dengan wajah bingung.

“Nak, bila kamu membutuhkan informasi untuk membantu memahami materi pelajaran, kamu juga dapat mencari informasinya di internet dengan memanfaatkan mesin pencari (search engine) seperti Google, Safari, Mozilla, dan lain-lain. Lalu, kamu ketikkan kata kunci dari materi yang ingin kamu ketahui di kotak pencarian,” jelas bunda.

“Apa itu kotak pencarian, Bun?” tanya Indah penasaran.

“Kotak pencarian adalah kotak pada mesin pencari yang digunakan untuk mengetik kata kunci yang ingin kamu ketahui informasinya.”

Baca Juga :  Jawaban seberapa penting listrik bagi kehidupan kita

Bunda melanjutkan penjelasannya, “Misalnya, kamu ingin mencari informasi tentang adaptasi hewan dengan lingkungannya. Setelah membuka www.google.com atau lainnya, kamu cukup mengetik kata kunci ‘adaptasi hewan’ di dalam kotak pencarian, lalu klik Google Search atau tekan tombol Enter pada keyboard.”

“Nah, kita coba ya, sayang.” Bunda pun dengan sabar membimbing Indah menerapkan langkah-langkah mencari informasi di internet.

“Waah, banyak sekali informasi yang muncul tentang penyesuaian diri hewan, Bun!” Indah sangat takjub dengan hasilnya.

“Aku harus pilih informasi yang mana, Bunda? Aku jadi bingung,” tanya Indah.

“Nah, pertanyaan yang sangat bagus, Nak! Pastikan kamu mencari informasi dari sumber yang tepercaya. Boleh lebih dari satu, untuk membandingkan isinya. Setelah itu, saring informasi sesuai dengan kebutuhan. Semua hal tersebut agar kamu mendapatkan informasi yang berkualitas,” ujar bunda di akhir penjelasannya.

“Waah, terima kasih, Bunda. Aku mengerti sekarang cara mendapatkan informasi untuk tugas belajarku!” seru Indah bahagia. Indah jadi bersemangat untuk menyelesaikan tugas IPA dengan baik.

Jawablah pertanyaan 1—5 di bawah ini berdasarkan informasi yang kalian temukan dalam teks.

1. Siapa nama tokoh utama pada cerita?

Jawaban: Indah dan Ibu.

2. Apa masalah yang dihadapi tokoh pada cerita?

Jawaban: Indah mengalami kesulitan mencari informasi di internet.

3. Bagaimana masalah tersebut diselesaikan?

Jawaban: Indah bertanya kepada ibunya yang menjelaskan langkah-langkah mencari informasi di internet

4. Bagaimana langkah mencari informasi yang baik?

Jawaban: Mengenali kata kunci dari sebuah tugas kemudian mengetikkan kata kunci pada mesin pencari. Memilih membuka tautan sumber tepercaya dan mencari informasi di dalamnya.

5. Apa manfaat dari kemampuan riset lewat internet?

Jawaban: Dengan mengetahui cara riset di internet, kita dapat menemukan informasi dengan cepat, akurat, dan tepercaya.

Sekarang, tuliskan pendapat kalian terhadap pertanyaan 6—8 yang terkait dengan penggunaan internet untuk mencari informasi.

Baca Juga :  Jawaban jelaskan perbedaan antara habitat, ekosistem dan bioma

6. Menurut kalian, bagaimana cara berselancar di internet yang aman?

Jawaban: Cara berselancar di internet yang aman adalah dengan mengunjungi situs-situs yang terpercaya dan tidak mengklik tautan atau link sembarangan.

7. Bagaimanakah pengalaman kalian saat menggunakan mesin pencari?

Jawaban: Menggunakan mesin pencari sangat menyenangkan, karena sebagian besar informasi dapat dicari dengan mesin pencari.

8. Bagaimana perasaan kalian jika kalian tidak memiliki fasilitas internet untuk belajar jarak jauh? Apa cara lain yang dapat kalian lakukan untuk belajar?

Jawaban: Saya merasa bingung karena terkendala mencari sumber informasi. Namun, belajar juga dapat dilakukan melalui buku dan bertanya kepada orang yang mengetahui informasi tersebut.