Contoh Pidato

Jawaban Siapakah yang membawakan pidato

Berikut Jawaban Siapakah yang membawakan pidato. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Membaca

Pernahkah kalian berpidato? Apa tema pidato kalian? Bagaimana perasaan kalian saat harus berpidato? Apa persiapan yang kalian lakukan sebelumnya?

Pidato adalah kegiatan berbicara untuk mengungkapkan pikiran di depan orang banyak. Agar pidato berjalan baik, penting untuk menyiapkan naskah pidato terlebih dahulu.

Perhatikan naskah pidato singkat berikut ini.

Teman-teman sekalian,

Pada hari ini, marilah kita ucapkan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua. Pada kesempatan ini, saya hendak menyampaikan pidato tentang pentingnya berteman dan menjauhi perundungan.

Teman-teman sekalian! Kebanyakan dari kita sudah berteman sejak lama. Sejak kita kelas satu hingga saat ini di kelas lima. Kadang kita bersama saat kerja kelompok, bermain di halaman, atau saat perjalanan pergi dan pulang sekolah. Ada yang berteman akrab hingga menjadi sahabat. Ada juga yang hanya mengenal wajah, tapi jarang berbicara. Kadang di antara kita terjadi perselisihan atau perbedaan. Meskipun demikian, pertemanan di sekolah sebaiknya dipupuk dan dipelihara.

Beberapa kali saya membaca atau melihat di media, ada kasus perundungan yang terjadi di beberapa sekolah. Ada anak yang diejek atau diperlakukan kasar oleh teman-temannya. Akibatnya, anak tersebut menjadi sedih, sakit, dan tidak mau sekolah. Sungguh sangat menyedihkan. Tahukah kalian apa yang menjadi sebab perundungan terjadi? Perundungan terjadi karena ada orang yang dengan sengaja ingin menyakiti orang lain yang dia tidak suka. Selain itu, perundungan akan terus terjadi jika tidak ada yang menghentikannya.

Baca Juga :  Jawaban Aktivitas 2.1 Halaman 35 Mengamati Bakteriofage dan Virus Corona IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Perundungan membawa akibat buruk bagi korban. Perundungan membuat pertemanan tidak menyenangkan. Oleh sebab itu, kita harus menghindari perundungan. Kita harus mencegah agar tidak terjadi di sekolah kita. Bersikap baiklah kepada sesama. Jika ada yang tidak kita suka atau setuju, katakan dengan baik. Jika ada konflik, kita selesaikan bersama. Jika kita melihat ada teman yang melakukan perundungan, mari bertindak. Tegur teman tersebut atau laporkan pada guru agar bisa dibantu.

Marilah teman-teman kita bergerak bersama. Menjadi teman bagi semua. Menghargai perbedaan dan menghindari perundungan. Dengan demikian, sekolah kita akan menjadi tempat belajar yang aman dan menyenangkan.

Sekian pidato dari saya. Terima kasih sudah menyimak isi pidato saya. Akhir kata, saya tutup pidato saya dengan sebuah pantun:

Tanam sirih di kebun akasia

Tumbuhnya subur jika kena cahaya

Mari kita menjadi sebaik-baiknya manusia

Bersikap baik dan bermanfaat bagi sesama

Jawablah pertanyaan di bawah ini.

1. Siapakah yang membawakan pidato?

Jawaban: Perwakilan kelas

2. Siapakah yang menjadi pemirsa pidato?

Jawaban: Teman-teman sekelasku

3. Apakah tema pidato tersebut?

Jawaban: Menghargai perbedaan dan menghindari perundungan.

4. Apakah pesan pidato tersebut?

Jawaban: Pidato tersebut memiliki pesan untuk menjadi manusia yang baik dengan menghindari perundungan dan menindak dengan tegas pelaku perundungan.

5. Bagaimana pidato itu ditutup?

Jawaban: Pidato tersebut ditutup dengan sebuah pantun sebagai berikut

Tanam sirih di kebun akasia

Tumbuhnya subur jika kena cahaya

Mari kita menjadi sebaik-baiknya manusia

Bersikap baik dan bermanfaat bagi sesama