Interaksi Antarwilayah

Jawaban tulislah hasil informasi nama produk dan daerah asal produk

Berikut jawaban tulislah hasil informasi nama produk dan daerah asal produk. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Interaksi Antarwilayah

Fenomena perbedaan satu tempat dengan tempat lain menjadikan tempat tersebut unik. Interaksi merupakan peristiwa saling memengaruhi daya, objek, atau tempat satu wilayah dengan wilayah lainnya. Setiap wilayah memiliki potensi sumber daya dan kebutuhan yang berbeda dengan tempat lain. Hal inilah yang mendasari terjadinya interaksi antarwilayah dalam rangka memenuhi kebutuhan. Coba kalian tuliskan mata pencaharian yang dominan sesuai dengan gambar bentuk muka bumi!

Setelah kalian mengisi aktivitas individu di atas, apa yang dapat kalian simpulkan? Kalian melihat bahwa berbagai karakteristik muka bumi dapat memengaruhi mata pencaharian. Setiap wilayah dapat menghasilkan barang kebutuhan yang berbeda dengan wilayah lain karena adanya berbedaan bentuk muka bumi. Selain itu, interaksi antarruang seperti kawasan pesisir yang menghasilkan hasil laut dengan dataran tinggi yang menghasilkan berbagai sayuran tidak hanya dipengaruhi karena perbedaan bentuk muka bumi. Jaringan jalan dan transportasi juga memengaruhi interaksi tersebut. Hal ini menyebabkan terjadi interaksi antarwilayah dalam rangka memenuhi kebutuhan lain yang tidak ada di wilayahnya.

Baca Juga :  Jawaban bagaimana menggunakan teknologi yang semestinya untuk mendukung ketersediaan sumber daya alam

Sebagai contoh, perdesaan menghasilkan sumber pangan yang dibutuhkan penduduk perkotaan. Kota menghasilkan berbagai barang industri yang dibutuhkan penduduk perdesaan. Interaksi juga dapat terjadi antara satu kota dan kota lain berupa pertukaran barang dan jasa. Interakasi antara perdesaan dan perkotaan didasari atas perbedaan karakteristik wilayah yang memengaruhi hasil produksi dan didukung oleh jaringan jalan yang baik sehingga dapat terjadi pertukaran barang. Berikut merupakan perbandingan karakteristik wilayah perdesaan dan perkotaan:

Penggunaan lahan di perdesaan didominasi lahan pertanian termasuk perkebunan dan perikanan sehingga memiliki ruang terbuka yang lebih luas dibandingkan areal terbangun. Sedangkan penggunaan lahan di perkotaan memiliki heterogenitas yang lebih tinggi dibandingkan wilayah perdesaan. Hal ini membuat wilayah perdesaan dapat menghasilkan bahan pangan yang dibutuhkan penduduk perkotaan.

Misalnya, Kabupaten Brebes memiliki komoditi pertanian bawang merah dan Kabupaten Wonosobo menghasilkan komoditi pertanian Kentang. Kedua wilayah tersebut saling berinteraksi untuk memenuhi kebutuhan pangan. Kabupaten Wonosobo mengirimkan hasil pertanian berupa kentang ke Kabupaten Brebes dan sebaliknya. Interaksi antara Kabupaten Brebes dan Wonosobo ini merupakan contoh dari interaksi antarwilayah dalam rangka mencukupi dan memenuhi kebutuhan di bidang pangan.

 

Lembar Aktivitas 13 Aktivitas Kelompok

1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 3-5 orang.

2. Carilah berbagai produk yang ada di rumah (bisa bahan makanan kemasan atau barang) yang ada di rumah masing-masing.

3. Perhatikanlah informasi lokasi pembuatan produk yang terdapat di kemasan.

4. Tulislah hasil informasi tersebut pada tabel berikut ini.

Jawaban : Indonesia adalah negara dengan beragam kebudayaan. Ini berimbas pula pada karakter produk masing-masing daerahnya. Terdapat produk-produk tertentu yang melekat sebagai identitas suatu daerah sehingga menjadi ciri tersendiri yang tak dapat dipisahkan. Berikut adalah contoh nama produk lengkap dengan asal daerahnya:

a. Gethuk Goreng, produk berupa makanan ini asal daerahnya dari Sokaraja Kabupaten Banyumas.

b. Dawet Ayu, produk berupa makanan ini asal daerahnya dari Banjarnegara.

c. Pempek, produk berupa makanan ini asal daerahnya dari Sumatra Selatan khususnya Palembang.

d. Gudeg, produk berupa makanan ini asal daerahnya dari Yogyakarta.

e. Nopia, produk berupa makanan ini asal daerahnya dari Purbalingga.

f. Kerak Telur, produk berupa makanan ini asal daerahnya dari Betawi.

g. Ayam Betutu, produk berupa makanan ini asal daerahnya dari Bali.

h. Rujak Cingur, produk berupa makanan ini asal daerahnya dari Jawa Timur.

i. Mendoan, produk berupa makanan ini asal daerahnya dari Banyumas.

5. Diskusikan dengan anggota kelompok kalian mengapa produk tersebut dapat berasal dari berbagai wilayah yang berbeda dan presentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas.

Jawaban : Produk tersebut dapat berasal dari wilayah yang berbeda karena di setiap wilayah memiliki Sumber Daya Alam dan kultur budaya yang berbeda-beda maka dari itu kita harus berinteraksi dengan wilayah lain.