Terdapat dua cara untuk menetapkan hari kalender Masehi awal puasa Idul Fitri 2022 yaitu dengan menggunakan metode Hisab dan Rukyatul Hilal.

Kapan Mulai Puasa Idul Fitri 2022?

Memasuki  bulan April 2022, umat Islam  sudah menantikan jadwal untuk melaksanakan mulai puasa Idul Fitri 2022. Banyak yang menunggu Kementerian Agama, selaku yang berwenang mengumumkan tentang penetapan jatuhnya permulaan puasa atau 1 Ramadhan 1443 Hijriyah yang sesuai dengan penanggalan Masehi.

Cara Penetapan Mulai Puasa Idul Fitri 2022

Terdapat dua cara untuk menetapkan hari kalender Masehi awal puasa Idul Fitri 2022 yaitu dengan menggunakan metode Hisab dan Rukyatul Hilal. Keduanya dilakukan oleh dua organisasi keagamaan Islam terbesar di Indonesia. Yatu Nahdlatul Ulama serta Muhammadiyah.

Namun, yang menjadi pegangan sebagian besar umat Muslim di Indonesia tentang kapan puasa Ramadhan 2022 adalah keputusan Kementerian Agama yang nantinya akan diputuskan melalui sidang Isbat. Kemudian hasilnya akan diumumkan melalui berbagai media massa nasional.

  • Cara Penentuan Mulai Puasa Idul Fitri 2022 oleh Kementerian Agama

Kementerian Agama pun menggunakan metode yang sama. Caranya  dengan  memanfaatkan berbagai perhitungan operasi matematika dan astronomis. Lalu dikuatkan dengan pengamatan yang dilakukan secara langsung ke penampakan bulan pada beberapa daerah yang telah ditetapkan.

Baca Juga: 5 Tips Merayakan Lebaran Idul Fitri 2022

  • Penetapan 1 Ramadhan oleh Muhammadiyah

Sementara Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi keagamaan yang besar di Indonesia juga telah menetapkan kapan waktunya 1 Ramadhan 2022. Awal puasa dimulai pada tanggal 1 April 2022. Dengan demikian, hari Idul Fitri akan jatuh pada tanggal 2 Mei 2022. 

Keputusan tersebut telah tersampaikan pada maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang berkaitan dengan penetapan hisab Ramadhan, Syawal, serta Dzulhijjah.

  • Penetapan 1 Ramadhan Oleh Jemaah Lainnya 

Berita Ramadhan 2022 lainnya adalah, di Padang, Sumatra Barat, Jamaah Tarekat Naqsabandiyah, telah memulai puasa 1 Ramadhan terlebih dahulu, yatu dimulai pada hari Juma, 1 April 2022. Pelaksanaan Shalat Tarawih yang pertama dimulai pada Kamis, 31 MAret 2022.

Baca Juga :  Biodata Azis Gagap

Hisab Munjid merupakan metode penetapan awal puasa Ramadhan yang digunakan oleh Tarekat Naqsabandiyah. Sebab, telah digunakan secara berlangsung lama, dan merupakan turun-temurun dari pendahulunya. Dengan demikian, apa yang telah dilakukan tetap sama selama jangka waktu yang lama.

Sementara itu,  Jemaah An-Nadzir, yang berlokasi di Gowa telah menetapkan 1 Ramadhan 1143 pada Sabtu, 2 April 2022. Pasalnya, selama beberapa hari, Tarekat tersebut telah melakukan pengamatan terhadap keadaan bulan sejak waktunya purnama, yaitu pada tanggal 14, 15, dan 16, sampai pada 27 Sya,ban.

Akhirnya, pada malam hari Sabtu, 2 April 2022, Kemenag menyelenggarakan sidang Isbat dan menentukan bahwa  1 Ramadhan 1443  Hijriah jatuh pada tanggal 3 April 2022. Dengan demikian. jadwal puasa 2022 NU akan dimulai pada tanggal yang sama. 

Setelah Kemenag menetapkan tentang mulai puasa Idul Fitri 2022, maka umat Muslim di Indonesia dapat memulai ibadah Ramadhan tersebut pada 3 April 2022. Di mana, Tarawih pertama akan dilakukan pada Sabtu, 2 April 2022.