kelebihan domain xyz

Kelebihan Domain XYZ

Tak kalah populer dengan domain COM dan ID, ternyata XYZ juga banyak diminati oleh para pemilik website. Hal tersebut terbukti setelah setahun diumumkan ke publik, penggunaannya sudah mencapai 1,5 juta nama domain yang tersebar di 230 negara di dunia. Lalu, apa kelebihan domain XYZ ini? 

kelebihan domain xyz

Penjelasan Domain XYZ 

Domain XYZ adalah Top Level Domain (TLD) yang diciptakan oleh Daniel Negari pada Juni 2014 lalu. Diciptakannya domain ini sebagai alternatif pengganti dari COM. 

Alasannya, karena Daniel Negari saat itu beranggapan domain COM sudah terlanjur digunakan sejak generasi zaman old atau saat internet pertama kali muncul.

Seharusnya, generasi muda dan inovatif saat ini memiliki domain pendek ciri khasnya sendiri. Sehingga tidak selalu tergantung kepada domain COM yang lebih mahal dan mulai banyak sekali digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.

Namun sebelum masuk dalam pembahasan lebih lanjut, perlu diketahui agar domain bisa berfungsi kamu harus lebih dulu memilih jenis layanan hosting tertentu dan salah satunya seperti Cloud VPS terbaik di DomaiNesia. Selain itu, untuk pengaturan domainnya pun harus memahami apa itu cPanel?

Kelebihan domain XYZ

1. Penggunaan domain XYZ dapat melindungi nama brand

Jumlah pengguna domain XYZ yang semakin meningkat di seluruh dunia, akhirnya membuat banyak perusahaan memutuskan untuk menggunakan ekstensi domain ini. 

Baca Juga :  25 Blogger Sukses Indonesia ( Blogger Inspirasi 2020 )

Alasan banyaknya perusahaan yang mulai menggunakan domain XYZ karena dapat menjangkau level awareness pengunjung dan juga menghindari terjadinya penyalahgunaan nama brand tertentu. 

Hingga saat ini masih ada beberapa pihak yang kurang bertanggung jawab mengatasnamakan brand menggunakan website tertentu. 

Jadi, untuk menghindari penyalahgunaan nama brand ada baiknya tidak menggunakan domain dengan TLD populer seperti COM atau NET.

Sebagai contoh, pada tahun 2015 lalu Google melakukan restrukturisasi perusahaannya dengan memperkecil cakupan Google. 

Kemudian Google membentuk sebuah induk perusahaan bernama Alphabet Inc. Dan  perusahaan ini yang kemudian menggunakan domain XYZ sebagai ekstensinya. Bagi kamu yang ingin coba melihatnya, bisa akses website tersebut di halaman abc.xyz.

2. Domain XYZ lebih mudah diingat

Lebih mudah diingat karena domain XYZ hanya memiliki tiga huruf dan sama persis seperti TLD populer lainnya yaitu COM dan NET. Tentu saja, faktor tersebut yang juga membuat domain XYZ juga lebih mudah diucapkan dan diingat. 

Domain ini pun berasal dari tiga huruf terakhir abjad alfabet. Sehingga orang akan lebih mudah mengingatnya bahkan hanya dengan sekali ucap saja. 

3. Ada banyak kuota nama domain yang bisa dipilih

Seperti yang kita tahu bahwa jumlah penggunaan nama domain COM atau NET saat ini sudah mencapai angka milyaran website di seluruh dunia. 

Tetapi, domain XYZ masih berada di angka jutaan. Dan hal itulah yang memungkinkan kamu untuk memilih nama domain sesuai keinginan karena masih banyak sekali pilihan yang tersedia. 

4. Tetap bisa memaksimalkan Search Engine Optimization (SEO)

Mungkin banyak orang berpikir bahwa penggunaan nama domain XYZ akan sulit mendapatkan peringkat atas di halaman pencarian. 

Namun, kenyataannya pikiran seperti itu justru salah besar. Karena domain unik seperti XYZ ini masih diperlakukan adil dan setara oleh Google.

Baca Juga :  7 Kebiasan Blogger Yang Sering Tidak Disadari

Sehingga domain XYZ ini tetap memiliki potensi yang sama dengan domain populer lainnya agar bisa mendapatkan peringkat teratas di halaman pencarian seperti Google. 

Jadi, kamu tidak perlu khawatir dan bisa bernafas lega karena strategi SEO yang diterapkan pada domain XYZ masih akan tetap berjalan dengan maksimal.

5. Penggunaan domain XYZ lebih fleksibel untuk semua jenis website

Umumnya, beberapa domain akan terikat dengan identitas tertentu seperti ORG untuk keperluan organisasi atau EDU yaitu edukasi atau pendidikan. 

Namun, penggunaan domain XYZ ini kamu bisa bebas menggunakannya untuk website apapun dan tetap cocok.

6. Domain XYZ bisa dipakai oleh semua generasi

Apakah kamu tahu bahwa domain XYZ ini juga menjadi julukan untuk tiga generasi usia? Jika belum tahu, yuk simak penjelasan singkatnya. 

Jadi, seperti huruf pertama pada domain yaitu generasi X (1961-1980), kemudian generasi Y atau sering juga disebut milenial (1981-1995), hingga huruf terakhir Generasi Z (1996-2010). 

Penjelasan lebih sederhananya penggunaan domain XYZ ini dapat menyatukan tiga generasi dengan tujuan agar siapapun bisa memakainya.

Itulah beberapa kelebihan domain XYZ. Tak hanya dapat digunakan oleh semua generasi, tetapi domain ini juga bisa mendapatkan SEO yang maksimal hingga peringkat di mesin pencarian.