Kisah istri Nabi Ibrahim
Sumber: upload.wikimedia.org

Kisah Istri Nabi Ibrahim, Perempuan Teladan yang Melahirkan Nabi dan Rasul

masbejo.com – Sebagai bapak para Nabi, Nabi Ibrahim memiliki dua istri yang melahirkan beberapa keturunan. Dari keturunan beliaulah 19 diantaranya menjadi nabi dan Rasul yang namanya dicantumkan dalam Alquran. Kisah istri Nabi Ibrahim ini sudah banyak beredar di masyarakat.

Kedua Istri Nabi Ibrahim yang melahirkan keturunan Nabi lainnya yaitu Sarah dan Hajar. Sarah, melahirkan seorang Nabi bernama Ishaq, yang mana dari Ishaq inilah cikal bakal munculnya bangsa Israel. Sementara Hajar, ibunda dari Nabi Ismail, yang merupakan nabi sekaligus pemimpin bangsa Arab.

Kisah Istri Nabi Ibrahim; Perempuan Teladan yang Melahirkan Para Nabi dan Rasul

Perlu Anda ketahui bahwasanya, Nabi Ibrahim memiliki 4 orang istri yaitu Sarah, Hajar, Qantura binti Yaqtan al-Kan’aniyah dan Hajun binti Amin. Namun, dalam artikel ini hanya membahas salah satu kisah istri Nabi Ibrahim sekaligus ibunda Nabi Ishaq yang bernama Sarah.

Sarah merupakan satu-satunya perempuan dari kaum Nabi Ibrahim yang beriman kepada Allah swt., lalu Nabi Ibrahim menjadikan Sarah sebagai istrinya. Suatu hari, keduanya sedang melakukan perjalanan. Namun, di tengah perjalanan, Nabi Ibrahim dan Sarah bertemu dengan seorang tirani.

Kisah istri Nabi Ibrahim
Sumber: pixabay.com

Saat tirani itu mendekat dan bertanya tentang Sarah, Nabi Ibrahim menjawab bahwa Sarah merupakan saudara perempuannya. Singkat cerita, tiran tersebut mencoba untuk memegang tangan Sarah dengan niat jahat. Namun, tiba-tiba saja, tangannya menjadi kaku yang membuat si Tiran menjadi bingung.

Tiran tersebut bertanya pada Sarah tentang apa yang terjadi padanya dan meminta Sarah untuk berdoa pada Tuhan supaya tangannya disembuhkan. namun, si Tiran mencoba melakukan hal yang sama sekali lagi dan mendapatkan balasan yang sama. Setelah dua kali percobaan, namun gagal, akhirnya si Tiran memberikan Hajar sebagai pembantu Sarah.

Baca Juga :  Devy Anastasia Angkat Bicara Terkait Akun OnlyFans-nya

Waktu terus berlalu, Sarah dan Nabi Ibrahim pun semakin tua, namun keduanya belum dikaruniai anak. Akhirnya, Sarah memutuskan supaya Ibrahim menikah dengan Siti Hajar. Waktu terus berlalu, Ibrahim dan Sarah didatangi oleh tiga malaikat yang menyamar menjadi tamu.

Keduanya menyiapkan jamuan untuk ketiga tamunya, namun ketiga tamu tersebut tidak memakannya. Sebab, ketiga malaikat yang menyamar menjadi tamu tersebut datang untuk mengabarkan bahwa Sarah akan melahirkan seorang putra. Di mana, putra yang dilahirkan Sarah tersebut diberi nama Ishaq yang menjadi bagian dari 25 Nabi dan Rasul.

Demikianlah kisah istri Nabi Ibrahim, Sarah, yang sudah terkenal dikalangan kaum Muslimin. Bahkan, cerita mengenai Sarah bisa Anda jumpai dengan mudah melalui internet. Anda juga bisa menemukan buku yang membahas kisah tentang Sarah dan Ibrahim.