Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Halaman 17, 18, dan 19 Berbagi Tugas dan Peran Kelompok

masbejo.com-berikut ini Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Halaman 17, 18, dan 19 Berbagi Tugas dan Peran Kelompok.

Aktivitas Kelompok

Aktivitas GS-K7-01-U: Berbagi Tugas dan Peran dalam Kelompok

Aktivitas pemanasan ini dilakukan untuk memulai belajar bekerja dalam kelompok.

Deskripsi Tugas

Misalnya, kalian, dua kakak, dan dua adik kalian mendapat tugas menyiapkan ruang pesta untuk merayakan ulang tahun adik bungsu.

Untuk pekerjaan ini, kalian perlu berbagi peran karena setiap orang dapat mengerjakan hal yang tidak sama. Ada yang mengoles kue, menata meja, meniup balon, menaruh balon, dan menata kursi. Ibu juga menugaskan kakak sulung untuk memeriksa apakah semua sudah sesuai.

Ada pekerjaan yang jika dikerjakan lebih banyak orang, akan membutuhkan waktu lebih lama. Oleh karena itu, strategi membagi pekerjaan dalam kelompok harus ditentukan oleh kelompok sebelum dikerjakan. Tujuannya agar tugas dapat dikerjakan dengan lancar. Tugas dibagi rata secara adil walaupun setiap orang tidak mengerjakan hal yang sama. Sebelum mulai bekerja dalam kelompok, semua anggota kelompok perlu menentukan strategi yang tepat agar tujuan tugas dapat dilakukan dengan eisien dan optimal. Untuk tugas tertentu, perlu ditunjuk Koordinator Tim yang akan mengatur kelancaran pekerjaan, dan yang akan memeriksa apakah hasil akhir sudah sesuai dengan yang diharapkan.

Agar bekerja dalam kelompok menjadi eisien, efektif, dan menghasilkan solusi yang baik, lakukanlah hal-hal berikut.

Baca Juga :  Jawaban termasuk dalam jenis apakah teks “Kelinci Kecil dan Burung Pipit"

1. Pahami persoalan dan tujuan bersama yang akan dicapai kelompok.

2. Lakukan pembagian peran dalam kelompok sehingga setiap anggota mendapat peran dan pembagian tugas. Jika semua mengerjakan hal yang sama, tugas tidak akan selesai. Harus ditunjuk ketua kelompok jika anggotanya banyak atau hasilnya perlu dikumpulkan dan diintegrasikan.

3. Kerjakan tugas sesuai peran masing-masing. Jangan khawatir kalau perannya berbeda. Kalian dapat \ berganti peran pada tugas berikutnya.

4. Setelah masing-masing mengerjakan bagian sesuai perannya, tim harus berkumpul untuk mengintegrasikan hasil kerja masing-masing.

5. Kelompok dipimpin oleh ketua kelompok atau diskusi, merumuskan kesimpulan semua kelompok dengan berdiskusi.

Apa yang Kalian Lakukan?

Buatlah pembagian tugas dan peran untuk setiap anggota tim. Isi Lembar Kerja Siswa berikut ini.

Berikut adalah contoh tabel pembagian peran dan tugas.

Demikian pembahasan Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Halaman 17, 18, dan 19 Berbagi Tugas dan Peran Kelompok. Semoga bermanfaat.