Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 2 Tadabur Pesan-Pesan Moral Untuk Setiap Gambar

masbejo.com-Berikut ini Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 2 Tadabur Pesan-Pesan Moral Untuk Setiap Gambar.

Tadabur

Aktivitas 1.1

Amatilah gambar-gambar di bawah ini, kemudian tulislah pesan-pesan moral untuk setiap gambar. Kaitkan pesan moral tersebut dengan tema “Meraih Kesuksesan dengan Kompetisi dalam Kebaikan dan Etos Kerja!”

Jawaban:

Terdapat pesan-pesan moral yang terkandung dalam gambar-gambar di soal, seperti:

Gambar pertama (1.1)

Memiliki pesan jika pekerjaan harus dilakukan dengan etos kerja yang kuat, selain itu pekerjaan harus tetap dikerjakan dengan suka cita.
Manusia yang beriman dan bekerja dengan baik, sehingga melahirkan karya-karya besar yang bermanfaat bagi sesamanya, disebutkan al-Qur’an sebagai manusia yang paling baik dan terpuji. Sesungguhnya manusia yang paling mulia adalah yang paling banyak memberikan manfaat bagi sesamanya dan makhluk lain secara menyeluruh.

إِنَّ الَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَئِكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِ

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan melakukan pekerjaan yang baik, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.” (QS. al-Bayyinah, 98:7)

Ayat lain dalam al-Qur’an menyebutkan bahwa orang-orang yang beriman dan bekerja secara baik dan profesional akan memperoleh kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Dua kebahagiaan itu merupakan suatu kemenangan yang agung yang kita dambakan.

Gambar kedua (1.2)

Memiliki pesan jika kesuksesan akan menghampiri orang-orang yang tekun dan mau bekerja keras.

Baca Juga :  Jawaban pilihlah 3 kata dari teks “Raja Ampat”, kemudian buatlah 3 kalimat efektif menggunakan kata-kata pilihan kalian tersebut

Man Jadda Wajada merupakan kalimat bahasa arab yang memiliki arti “Barang Siapa Yang Bersungguh-sungguh Pasti Berhasil”.

Jika dimaknai dengan benar maka kaliamat diatas akan menjadi motivasi seseorang dalam melakukan pekerjaan untuk mendapatkan sesuatu yang diimpikannya. Tentunya diawali dengan niat karena Allah SWT dan RosulNya, agar nanti hasil daru uasaha yang dicapai, atau mimpi yang terkabul tidak terlepas dari kehendak Allah SWT. Dan sebaliknya jika sudah berusaha namun ternyata tak kunjung juga sukses menghampirinya maka seseorang tersebut akan mengembalikannya kepada Allah SWT.

Selain itu, dalam kompetisi kita harus berlapang dada dan ikut senang dengan apa yang dapat diraih oleh orang lain.

Gambar ketiga (1.3)

Memiliki pesan jika sebuah kompetisi atau kesuksesan dapat lebih mudah diraih dengan kerjasama tim.

Agama Islam memerintahkan kepada pengikutnya dalam mengerjakan pekerjaan-pekerjaan baik selalu bekerja sama dengan orang lain dan ketika individu-individu bekerja sama dan memiliki hubungan kemasyarakatan, spirit persatuan yang berhembus dalam anatomi mereka akan menjaga mereka dari perpecahan, sehingga Islam sangat memandang penting keikutsertaan dalam masyarakat.

Allah Swt dalam al-Quran berfirman:

«وَ تَعاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَ التَّقْوى‏ وَ لا تَعاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَ الْعُدْوان»

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.” (Qs Al-Maidah [5]: 2)

Gambar keempat (1.4)

Memiliki pesan jika kebersamaan serta kompetisi juga dapat dilakukan dengan berlomba-lomba mencari ridha Allah SWT.

Usman ibnu Affan r.a. pernah mengatakan tidak ada seorang hamba pun yang beramal baik atau amal buruk, melainkan Allah memakaikan kepadanya buah dari amal perbuatannya yang melekat pada tubuhnya bagai kain selendang. Dari penjelasan tafsir di atas, kita bisa mengambil ibrah (pelajaran) bahwa begitu dahsyatnya cinta Allah kepada hamba-Nya, sudah sepantasnya kita agar selalu mencari dan memburu ridha-Nya, bukan memburu ridha (keridhaan) yang lain.

Baca Juga :  Jawaban karakteristik daerah Pontianak yang dipilih sebagai pemukiman baru oleh Syarif Abdurrahman

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 2 Tadabur Pesan-Pesan Moral Untuk Setiap Gambar. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat.