Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 3 Kisah Inspiratif Ribuan Kali Khatam Al-Qur’an

masbejo.com-Berikut ini Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 3 Kisah Inspiratif Ribuan Kali Khatam Al-Qur’an.

Kisah Inspiratif

Aktivitas 1.2

Baca dan cermatilah artikel di bawah ini, kemudian tulislah nilai-nilai keteladanan yang dapat diambil dari artikel tersebut!

Ribuan Kali KhatamAl-Qur’an

Abdullah bin Idris al-Audi al-Kufi (wafat tahun 192 H), seorang ulama hadis yang amat terkenal. Selain khusyuk, ia sangat tekun pada bidang hadis. Pada setiap hadis yang ia riwayatkan, dipastikan memiliki hujjah. Pada masa khalifah Harun ar-Rasyid, ia pernah ditawari untuk menjadi qadli (hakim), tetapi ia menolak karena sifat wara’. Ketika maut hendak menjemput Abdullah bin Idris, puterinya menangis. “Janganlah engkau menangis wahai puteriku, aku sudah mengkhatamkan Al-Qur’an di rumah ini sebanyak empat ribu kali”, kata Abdullah bin Idris dengan suara lirih.

Peristiwa serupa juga terjadi pada Abu Bakar bin Iyasy al-Asadi alKufi al-Khayyath (wafat pada tahun 193 H), ulama senior Kuffah yang ahli di bidang qira’ah dan hadis. Ia telah menulis lebih dari sembilan puluh karya. Pada saat terakhir kehidupan Abu Bakar bin Iyasy, adiknya menangis. “Jangan menangis, lihatlah mushala pribadi di rumah ini. Di situ aku telah mengkhatamkan Al-Qur’an sebanyak delapan belas ribu kali”, demikian terdengar dari lisan Abu Bakar bin Iyasy.

Sumber: Yusuf Ali Budaiwi. 2001. Menggapai Husnul Khatimah, terjemahan oleh Abdul Rasyid Shiddiq. Jakarta: Pustaka As-Shiddiq

Jawaban:

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 7 Halaman 203 dan 204 Jalan Tanpa Henti

Beberapa nilai keteladanan yang dapat diambil, diantaranya yaitu :
1. Rajinlah membaca Al quran.

2. Tidak meninggalkan sholat 5 waktu.

3. Laksanakanlah perintah Allah SWT.

4. Tinggalkan larangannya

Pembahasan :
Keteladanan merupakan suatu nilai baik yang dapat diambil untuk dijadikan pelajaran dan kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Kata keteladanan erat kaitannya dengan agama Islam, sebab dalam agama Islam dianjurkan untuk mengambil hikmah atau nilai keteladanan dari setiap kejadian atau peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan hikmah memiliki arti bijak atau kebijaksanaan, filsafat, keadilan, dan pikiran yang baik. Sedangkan secara istilah, hikmah merupakan suatu nasihat atau pelajaran baik yang dapat diambil dari berbagai hal, seperti buku cerita, kehidupan sehari-hari, atau bisa juga dari beberapa sumber tertentu.

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 3 Kisah Inspiratif Ribuan Kali Khatam Al-Qur’an. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat.