Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 114 Pengalaman Cerita dan Manfaat Silaturahmi

masbejo.com-Berikut ini Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 114 Pengalaman Cerita dan Manfaat Silaturahmi.

Aktivitas Kelompok

Ceritakan pengalamanmu bersilaturahmi dengan sahabat dan saudara yang berbeda suku dan agama!

Menurut kalian, mengapa kita perlu bersilaturahmi?

Jawaban:

Pengalaman bersilaturahmi/menjalin persahabatan dengan sahabat berbeda agama

Saya berteman dengan salah seorang teman nonmuslim dari kelas 1 SMA. Kita bahkan sempat terlibat pada satu peers yang sama namun ia cenderung memisahkan diri karena pada suatu kesempatan, ia kedapatan oleh ibunya berada di group yang notabene isinya muslim sedang membahas salah satu ayat dan ibunya membaca pesan di dalam group tersebut.

Setelah memisahkan diri dan menjaga jarak, ia tetap berusaha keep in touch dengan teman-temannya yang muslim termasuk saya. Mengingatkan saya untuk ibadah jika masuk waktu ketika kita sedang asyik mengobrol di telfon atau ruang obrolan. Selalu mengucapkan selamat hari raya, tanpa pernah menuntut balik karena dia sangat mengerti hukum mengucapkan ucapan yang sama.

Selama berteman kita tidak selalu baik-baik saja, ada banyak hal yang selalu kita perdebatkan, namun selalu berakhir dengan penerimaan diri. Dia selalu menanyakan kabar saya disela-sela kesibukannya, dan sebaliknya. Dia bahkan menghabiskan waktu liburannya hanya untuk mengunjungi kota perantauan saya.

Setelah sekian lama kita berteman, akhirnya ibu dari teman saya tidak lagi membatasi pertemanan kami, menerima bahwa saya dan dia berbeda. Namun, bukan berarti perbedaan membuat kita tidak bisa berjalan beriringan. Hal yang sangat berkesan bagi saya ketika banyak keputusan yang akan ia ambil, ia melibatkan saya didalamnya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 230 Buatkan Peta Konsep Mengenai Sejarah Berdirinya Umayyah di Spanyol

Silaturahmi memiliki banyak manfaat yang di dapat seperti berikut:

1. Silaturahmi merupakan sebab masuk surga.
Abu Ayub Al-Ansari radhiyallahu ‘anhu menceritakan,

أنَّ رَجُلًا قالَ للنبيِّ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ: أخْبِرْنِي بعَمَلٍ يُدْخِلُنِي الجَنَّةَ، قالَ: ما له ما له. وقالَ النبيُّ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ: أرَبٌ ما له، تَعْبُدُ اللَّهَ ولَا تُشْرِكُ به شيئًا، وتُقِيمُ الصَّلَاةَ، وتُؤْتي الزَّكَاةَ، وتَصِلُ الرَّحِمَ.

“Seorang laki-laki berkata, “Wahai Rasulullah, beritahukanlah kepadaku suatu amalan yang dapat memasukkanku ke surga.” Orang-orang pun berkata, “Ada apa dengan orang ini, ada apa dengan orang ini.” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Biarkanlah urusan orang ini.” Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melanjutkan sabdanya, “Kamu beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukannya, menegakkan salat, dan membayar zakat, serta menjalin tali silaturahmi.” (HR. Bukhari no. 1396)

Di hadis yang lain, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda,

يا أَيُّها الناسُ ! أَفْشُوا السلامَ ، و أطْعِمُوا الطعامَ ، وصِلُوا الأرحامَ ، وصَلُّوا بالليلِ والناسُ نِيَامٌ ، تَدْخُلوا الجنةَ بسَلامٍ

“Wahai sekalian manusia, tebarkanlah salam, berilah makan, sambunglah silaturahmi, dan kerjakanlah salat pada waktu malam ketika manusia sedang tidur. Niscaya, kalian akan dimasukkan ke dalam surga dengan keselamatan.” (Lihat Shahihul Jaami’ no. 7865 karya Al-Albani)

Dari kedua hadis ini jelaslah bahwa silaturahmi merupakan salah satu sebab masuk ke dalam surga dan inilah keinginan serta harapan seluruh kaum muslimin. Cukuplah hal ini sebagai keutamaan yang diharapkan dari menyambung tali silaturahmi.

2. Memperpanjang Umur dan Melapangkan Rezeki

Manfaat silaturahmi yang pertama ialah dapat memperpanjang umur dan melapangkan rezeki. Mengunjungi anggota keluarga dan sanak saudara merupakan salah satu cara untuk menciptakan kerukunan dan keharmonisan. Selain itu silaturahmi juga merupakan amalan yang memiliki nilai pahala besar.

Baca Juga :  Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 239 Tulislah Makna Yang Tersirat Pada Gambar “Menerapkan Al-kulliyatu Al-khamsah Dalam Kehidupan Sehari-hari”

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ عَلَيْهِ فِي رِزْقِهِ وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

“Siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaknya ia menyambung silaturahminya (dengan kerabat).” (HR. Bukhari no. 5985 dan Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman no. 7571)

Menjaga dan memperkuat silaturahmi sangat penting dilakukan oleh setiap muslim. Hal ini bukan hanya bermanfaat di dunia saja, akan tetapi untuk kebaikan di akhirat nanti.

3. Memperkuat hubungan kekeluargaan antar kerabat.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

تَعَلَّمُوا مِنْ أَنْسَابِكُمْ مَا تَصِلُونَ بِهِ أَرْحَامَكُمْ فَإِنَّ صِلَةَ الرَّحِمِ مَحَبَّةٌ فِي الْأَهْلِ مَثْرَاةٌ فِي الْمَالِ مَنْسَأَةٌ فِي الْأَثَرِ

“Belajarlah dari nasab kalian yang dapat membantu untuk silaturahmi karena silaturahmi itu dapat membawa kecintaan dalam keluarga, memperbanyak harta, serta dapat memperpanjang umur.” (HR. Ahmad no. 8855 dan Tirmidzi no. 1979).

4. Silaturahmi merupakan salah satu bentuk ketaatan kepada Allah serta merupakan usaha untuk mendapatkan keridaan Allah Ta’ala, karena Allahlah yang memerintahkan kita untuk melakukannya.

Allah SWT berfirman dalam QS An-Nisa ayat 1 yang berbunyi:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ٱتَّقُوا۟ رَبَّكُمُ ٱلَّذِى خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَٰحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَآءً ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ٱلَّذِى تَسَآءَلُونَ بِهِۦ وَٱلْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Artinya: “Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.”

Baca Juga :  Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 67 Tanda Puber Bagi Anak Perempuan

5. Silaturahmi akan menambah pahala dan kebaikan bagi pelakunya setelah ia meninggal dunia.

Mengapa? Karena kerabat dan orang-orang kesayangannya akan selalu mendoakannya setiap kali disebutkan nama orang tersebut dan bagaimana kebaikan serta silaturahmi yang telah ia lakukan sebelum kematiannya.

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 114 Pengalaman Cerita dan Manfaat Silaturahmi. Semoga bermanfaat.

Pencarian Populer : ceritakan pengalamanmu bersilaturahmi dengan sahabat dan saudara yang berbeda suku dan agama