Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 120 Tokoh Idola

masbejo.com-Berikut ini Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 120 Tokoh Idola.

Aktivitas Kelompok

1. Ceritakan pengalamanmu bertemu dengan orang yang kalian kagumi!

Jawaban:

Aku memiliki tokoh yang aku kagumi sebagai inspirasi yaitu : ayahku..
Kenapa aku menjadikan ayahku sebagai tokoh inspirasi, karena banyak sekali pelajaran yang dapat aku ambil dari ayahku…

Ayahku seorang lelaki yang paling baik yang aku kenal dan yang paling berani..

Dia menjaga keluarganya dengan sepenuh hatinya,

Dia orang yang sangat tegar.

Jika dia tertimpa masalah/musibah dia akan berusaha berdiri sendiri atau dia berusaha menyelesaikan masalahnya sendiri,tanpa mengeluh…

Dia juga orang yang sangat kreatif,karena banyak barang2 di dapur ibuku hasil buatan ayah ku sendiri,dia juga seorang montir yang handal,ketika montir lain menggunakan alat canggih dia masih bertahan dengan cara manualnya,tapi dengan cara nya itu banyak sekali pelanggan yang mempercayai mobilnya dibenarkan oleh ayahku…

Ayahku seorang montir biasa,tetapi dengan semangat dia,dengan kerja keras dia dia mampu membangun sebuah rumah kecil dijakarta,dia mampu menyekolahkan anak2nya hingga jenjang kuliah,dia mampu memberi makan anak2nya hingga kami semua tak pernah merasa lapar..

Ayahku memang tak memberikan kami mobil,motor,ataupun kemewahan yang lain tetapi ayahku menyekolahkan kami,memberikan ilmu kepada kami.itu sudah lebih dari cukup.kata ayah segala kemewahan akan hilang dengan adanya musibah,,tetapi ilmu walau ada musibah tak akan pernak hilang (kekal),ayah juga berkata dengan ilmu kami semua dapat menaikan harga diri kami,

Baca Juga :  Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 148 Pengayaan

Ayahku seorang super hero dikeluarga kami,seorang yang mampu memberi motivasi kepada kami..

Aku tau dimata kalian(para pembaca) ayahku bukan apa2,tetapi dimataku dan dimata ibu dan ke2 kakak ku ayahku adalah segalanya,

Dia adalah tokoh inspirasiku dan dia juga adalah motivasi ku untuk bisa lebih maju dan terus maju agar dapat membahagia kan dia.

2. Tuliskan tokoh idola kalian?

Jawaban:

Tokoh idola dola saya adalah Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam

3. Mengapa kalian menjadikannya idola?

Jawaban:

Alasan bagi seseorang untuk mengidolakan nabi Muhammad SAW adalah karena beliau memiliki sifat, tutur kata, sikap, dan perbuatan yang terpuji sehingga layak untuk diteladani dalam kehidupan sehari-hari.

Keunggulan sifat para rasul atau sifat wajib bagi rasul:

1. Shidiq (صِدْقٌ)

Sifat Shidiq memiliki arti benar, maksudnya Rasul pasti menyampaikan wahyu maupun amanah dengan benar tanpa adanya tambahan maupun dikurangi. Sifat wajib bagi Rasul ini disebutkan dalam surat Maryam ayat 41 berikut ini:

وَٱذْكُرْ فِى ٱلْكِتَٰبِ إِبْرَٰهِيمَ ۚ إِنَّهُۥ كَانَ صِدِّيقًا نَّبِيًّا

Artinya: Ceritakanlah (Hai Muhammad) kisah Ibrahim di dalam Al Kitab (Al Quran) ini. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan lagi seorang Nabi.(QS. Maryam Ayat 41)

2. Amanah (اَمَانَةٌ)

Sifat amanah menunjukkan bahwa rasul adalah sosok yang dapat dipercaya. Sifat wajib bagi rasul ini disebutkan dalam berbagai ayat dalam Alquran, salah satunya adalah Alquran surat Al Anfal berikut:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تَخُونُوا۟ ٱللَّهَ وَٱلرَّسُولَ وَتَخُونُوٓا۟ أَمَٰنَٰتِكُمْ وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.(Q.S. Al-Anfal Ayat 27)

Baca Juga :  Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 91, 92, 93, dan 94 Rajin Berlatih

3. Tabligh (تَبْلِغٌ)

Tabligh berarti menyampaikan wahyu dari Allah baik itu perintah maupun larangan. Penjelasan sifat wajib bagi rasul tabligh disebutkan dalam Alquran surat Al Maidah berikut ini:

يَا أَيُّهَا الرَّسُولُ بَلِّغْ مَا أُنزِلَ إِلَيْكَ مِن رَّبِّكَ ۖ وَإِن لَّمْ تَفْعَلْ فَمَا بَلَّغْتَ رِسَالَتَهُ ۚ وَاللَّـهُ يَعْصِمُكَ مِنَ النَّاسِ ۗ إِنَّ اللَّـهَ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ

“Hai rasul, sampaikanlah apa yang di turunkan kepadamu dari Tuhan-mu. Dan jika kamu tidak mengerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan risalah-Nya. Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.” (QS. Al Maidah-67)

4. Fathonah (فَطَانَةٌ)

Rasulullah memiliki sifat wajib fathonah yang berarti cerdas. Kecerdasan yang dimaksud ini dipaparkan dalam surat Al Baqarah berikut ini:

يُؤْتِي الْحِكْمَةَ مَن يَشَاءُ وَمَن يُؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِيَ خَيْرًا كَثِيرًا وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّا أُولُو الْأَلْبَابِ

“Allah menganugerahkan al-hikmah (pemahaman yang dalam tentang Al-Qur’an dan as-Sunnah) kepada siapa yang dikehendakinya. Barang siapa yang dianugerahi al-hikmah itu ia benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Hanya orang-orang yang berakallah (ulul albab) yang dapat mengambil pelajaran dari firman Allah.” (Q.S. Al-Baqarah :269)

Keempat sifat wajib bagi rasul ini, bisa umat muslim contoh dan amalkan dalam kehidupan sehari-sehari terutama dalam silaturahmi dengan sesama muslim juga untuk meningkatkan keimanan pada Rasul.

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 120 Tokoh Idola. Semoga bermanfaat.