Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 153 Shalat Jumat

masbejo.com-Berikut ini Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 153 Shalat Jumat.

Aktivitas Kelompok

1. Menurut kalian, apa keistimewaan hari Jumat? Ceritakan pengalamanmu kegiatan pada malam dan siang hari Jumat!

Jawaban:

Rasulullah saw. bersabda bahwa “Hari Jumat adalah tuannya semua hari dan hari yang paling agung. Bahkan bagi Allah, hari Jumat lebih agung dari pada hari raya Idulfitridan Iduladha.” Inilah keistimewaan hari Jumat.

Imam Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ.”

“Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at

Baca Juga :  Jawaban menurut kalian apa itu volume

Pada malam dan siang hari Jumat, kita dianjurkan untuk membaca surah alKahfi. Kita juga dianjurkanuntuk memperbanyak membaca selawat kepada Nabi saw.

2. Untuk peserta didik laki-laki, ceritakan pengalamanmu melakukan salat Jumat!

a. Apa saja persiapan yang kalian lakukan sebelum salat Jumat?

Jawaban:

Persiapan sebelum shalat jumat

1) Mandi seperti mandi janabah, boleh dilakukan lebih awal misalnya pagi hari sebelum berangkat kerja.

2) Memakai pakaian yang terbaik. Pakaian ini tidak selalu yang harganya mahal.

3) Mengenakan wangi-wangian.

4) Menyegerakan diri berangkat ke masjid dan berjalan dengan tenang.

5) Setibanya di masjid langsung menunaikan sholat sunah tahiyatul masjid dua rakaat, meskipun khatib sudah berkhutbah.

Sahabat Salman Al-Farisi radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ يَغْتَسِلُ رَجُلٌ يَوْمَ الجُمُعَةِ، وَيَتَطَهَّرُ مَا اسْتَطَاعَ مِنْ طُهْرٍ، وَيَدَّهِنُ مِنْ دُهْنِهِ، أَوْ يَمَسُّ مِنْ طِيبِ بَيْتِهِ، ثُمَّ يَخْرُجُ فَلاَ يُفَرِّقُ بَيْنَ اثْنَيْنِ، ثُمَّ يُصَلِّي مَا كُتِبَ لَهُ، ثُمَّ يُنْصِتُ إِذَا تَكَلَّمَ الإِمَامُ، إِلَّا غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الجُمُعَةِ الأُخْرَى

“Tidaklah seorang laki-laki mandi pada hari Jum’at, lalu bersuci semaksimal mungkin, memakai wewangian miliknya atau minyak wangi keluarganya, lalu keluar rumah menuju masjid, dia tidak memisahkan dua orang pada tempat duduknya, lalu dia shalat sebanyak yang dia mampu dan diam mendengarkan khutbah imam, kecuali dia akan diampuni dosa-dosanya yang ada antara Jum’at itu dan Jum’at yang lainnya.” (HR. Bukhari no. 883)

b. Bagaimana tata cara salat Jumat di sekitar tempat tinggalmu?

Jawaban:

Tata cara seperti halnya di masjid masjid pada umumnya, hanya saja ketika mengkumandangkan Adzan di daerah saya sebanyak 2 kali.

Tata cara Shlat Jumat

Baca Juga :  Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 115 Hadits Silaturahmi

1) Menyegerakan pergi ke masjid untuk salat Jumat.

2) Masuk ke masjid dengan mendahulukan kaki kanan dan berdoa.

3) Menjaga adab di dalam masjid antara lain

a) menjaga kebersihan dan tidak mengotori masjid dan

b) tidak berdiam diri bagi orang yang sedang junub dan haid.

4) Dianjurkan melakukan salat sunah Tahiyatul Masjid. Salat Tahiyatul Masjid adalah salat dua rakaat yang dikerjakan sebagai penghormatan ketika kita memasuki masjid. Berikut niat salat Tahiyatul Masjid.

5) Dianjurkan melakukan salat sunah lain sebelum azan dikumandangkan.

6) Ketika masuk waktu salat Zuhur, muazin mengumandangkan azan. Bagaimana sikap kalian jika mendengar azan?Ada masjid dengan muazin yang mengumandangkan satu kali azan salat Jumat. Ada juga yang mengumandangkan dua kali azan.

7) Khatib menyampaikan dua khutbah di atas mimbar sambil berdiri. Khutbah pertama dan kedua dipisahkan dengan khatib duduk. Ketika khatib duduk, jemaah dianjurkan untuk berdoa. Waktu antara dua khutbah termasuk waktu mustajab untuk berdoa.

8) Setelah khatib selesai berkhutbah, muazin mengumandangkan ikamah.

9) Dalam pelaksanaan salat berjemaah, meluruskan dan merapatkan saf (barisan) merupakan keutamaan dan kesempurnaan salat berjemaah, termasuk dalam salat jemaah Jumat.

10) Salat Jumat dua rakaat dilaksanakan secara berjemaah dipimpin oleh seorang imam. Tata cara salat Jumat sama dengan salat fardu lain. Berikut niat salat Jumat.

11) Zikir dan berdoa sesudah salat Jumat.

c. Menurut perkiraanmu, berapa banyak orang yang melakukan salat Jumat di sekitar tempat tinggalmu?

Jawaban:

Kaum muslimin yang ada disekitar saya kurang lebih 40-50 jamaah shalat jumat. daerah kami kebanyak bekrja di Kota sehingga pada saat shalat jumat mereka shalat di masjid-masjid dekat tempat kerja mereka.

Baca Juga :  Jawaban Tentukan makna imbuhan ter- pada kalimat berikut ini

Salat Jumat dilakukan secara berjemaah. Salat Jumat dinilai sah jika yang berjemaah sebanyak 40 orang. Mereka termasuk orang-orang yang wajib salat Jumat. Sebagian ulama mencukupkan jumlah paling sedikit salat jemaah Jumat sebanyak 12 orang. Ada juga yang menyatakan cukup 3 orang.

d. Pernahkan kalian mengikuti salat Jumat dengan cara yang berbeda? Ceritakan kapan, di mana dan bagaimana perbedaannya?

Jawaban:

Belum pernah.

3. Untuk peserta didik perempuan, ceritakan pengalamanmu jika orang laki-laki melaksanakan salat Jumat! Apa yang kalian lakukan?

Jawaban:

Melaksanakan sholat dhuhur di rumah.

Tidak wajib mengerjakan salat Jumat bagi

1) perempuan,

2) anak kecil,

3) orang yang sakit, dan

4) musafir atau orang yangsedang dalam perjalanan jauh (+ 85 km) untuk keperluan yang dibolehkan agama. Mereka tidak wajib mengerjakan salat Jumat namun tetap wajib melakukan salat Zuhur. Jika mereka ikut mendirikan salat Jumat, maka salatnya sah. Kewajiban salat Zuhur bagi mereka menjadi gugur.

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 153 Shalat Jumat. Semoga bermanfaat.