Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 87 Intisari Cerita Yaṡrib menjadi Madinah

masbejo.com-Berikut ini Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 87 Intisari Cerita Yaṡrib menjadi Madinah.

Aktivitasku

f. Yaṡrib menjadi Madinah

Pada tanggal 8 Rabi’ul Awwal 1 H./23 September 622 M. rombongan tiba di Quba. Nabi Muhammad saw. dan Abu Bakar disambut dengan sangat hangat, apalagi setiap hari setelah salat subuh sampai zuhur berhari-hari mereka menantikan kedatangan Nabi Muhammad saw.

Penduduk Madinah yang mendengar tibanya Nabi Muhammad saw. di Quba juga berdatangan menyambut beliau. Nabi Muhammad saw. di Quba tinggal selama empat hari (Senin, Selasa, Rabu dan Kamis). Di tempat itu beliau membangun Masjid Quba.

Hari Jumat beliau bersama Abu Bakar berangkat menuju Madinah diantar oleh keluarga ibu beliau dari Bani Najjar. Sebelum sampai ke Madinah, waktu salat Jumat telah tiba, maka beliau salat di perkampungan Bani Salim bin ‘Auf bersama rombongan yang berjumlah sekitar seratus orang. Lokasi itu dikenal juga dengan nama Wadi (lembah) ar-Ranuna Itulah salat Jumat Nabi yang pertama di Madinah.

Setelah Salat Jumat beliau menuju Yaṡrib yang sejak hari itu berubah namanya menjadi Madīnatur Rasūl yang disingkat dengan al-Madīnah. Juga dinamai Thaibah. Sahabat Nabi Muhammad saw., al-Bara’ bin ‘Azib, yang menyaksikan peristiwa ini berkata: “Aku tidak pernah melihat penduduk Madinah sangat gembira seperti mereka menyambut Rasulullah saw.

Tulislah intisari cerita!

Jawaban:

Intisari Cerita:
Pada hari Jumat Yaṡrib berubah namanya menjadi Madīnatur Rasūl yang disingkat dengan al-Madīnah dan Rasululklah saw disambut oleh penduduk Madinah dengan gembira.

Baca Juga :  Jawaban mengapa bisa terjadi kenaikan harga lahan di sekitar bandara baru

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 87 Intisari Cerita Yaṡrib menjadi Madinah. Semoga bermanfaat.