Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 91 Hikmah Hijrah dan Cara Meneladaninya

masbejo.com-Berikut ini Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 91 Hikmah Hijrah dan Cara Meneladaninya.

Aktivitas Kelompok

Mencari hikmah hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah

√ Buatlah kelompok kecil terdiri dari 4-5 anak!

√ Setiap kelompok diberi tugas untuk menemukan pelajaran atau hikmah hijrah dan cara meneladaninya.

√ Format tugas kelompok seperti tabel contoh nomor 1, 2 dan 3.

√ Hasil kerja dipajang di ruang kelas.

√ Dua anggota menjadi tamu ke kelompok lain.

√ Dua anggota tinggal di tempat untuk menjelaskan kepada tamu.

Jawaban:

Hikmah hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah
1. Hijrah merupakan perjalanan mempertahankan keimanan. Karena iman, para sahabat sudi meniggalakan kampung halaman, meninggalkan harta benda mereka.

2. Hijrah merupakan perjalanan ibadah. Pada waktu hijrah, dorongan sahabat untuk ikut tidak sama. Oleh karena itu Rasulullah SAW menyatakan bahwa amal-amal perbuatan itu tergantung pada niatnya dan bagi tiap orang apa yang diniatkannya.

3. Jika di suatu tempat terjadi kemunkaran dan umat Islam tidak mampu untuk mengubah kemunkaran tersebut, maka hendaknya ia tidak berdiam diri dan segera meninggalkan tempat itu. Namun, bila upaya perbaikan masih bisa diusahakan walaupun sedikit demi sedikit, maka tidak mengapa untuk bertahan di tempat tersebut dan beriktiar menumpas kemunkaran.

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPS SMA Kelas 10 halaman 244 dan 245

4. Selama berlangsungnya hijrah, Rasulullah SAW telah menunjukkan betapa rapinya Beliau dalam merancang dan menjalankan strategi dakwah. Meskipun dakwah ini pasti mendapat pertolongan dari Allah SWT tetapi Rasulullah SAW tetap menjalani semua sunnatullah (hukum sebab akibat) dalam keberhasilan dakwahnya sebagaimana manusia biasa lainnya.

5. Kegigihan Nabi Muhammad SAW dalam berdakwah terlihat jelas melalui usaha Beliau dalam mencoba berbagai inovasi baru dalam berdakwah.dan disertai dengan alasan-alasan yang relevan yang melatar-belakanginya.

6. Sebagai seorang pemimpin, Rasulullah SAW sangat bertanggung jawab dan memikirkan umatnya. Segala cara Beliau upayakan agar umatnya terhinar dari siksaan dan provokasi pihak lain. Bahkan, Nabi Muhammad SAW pula yang paling terakhir keluar dari Makkah setelah semua umat Islam selamat dalam hijrahnya menuju Madinah.

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 91 Hikmah Hijrah dan Cara Meneladaninya. Semoga bermanfaat.