Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 100 Pantun Pemantik Buatlah 1 Paragraf Mengenai Pesan Utama dari Pantun

masbejo.com-berikut ini Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 100 Pantun Pemantik Buatlah 1 Paragraf Mengenai Pesan Utama dari Pantun.

Pantun Pemantik

Bacalah pantun di bawah ini!

Jangan berjalan tanpa keruan

Jalan tenang membawa kenangan

Junjunglah iman dan pengetahuan

Damaskus terkenal pusat peradaban

Bangun rumah berbenteng pagar

Tak peduli susah dan payah

Gigihlah belajar, berdoa dan ikhtiar

Kelak terpandang bak tokoh Umayyah

Aktivitas 5.1

Setelah pantun di atas dibaca, buatlah 1 paragraf mengenai pesan utama dari pantun di atas di buku tugas!

Jawaban:

Pesan Utama

Kita sebagai Umat islam haruslah menjunjung nilai keimanan dan Pengetahuan. Sebagai Umat Islam Carilah Ilmu agama dan pengetahuan ke Damaskus, bukanlah ke negeri Cina. Damaskus pada Dinasti Umayyah menjadikan tonggak peradaban umat Islam.

Selain itu dalam belajar menuntun ilmu agama haruslah gigih disertai dengan ikhtiar dan berdoa. Menuntun ilmu juga harus disertai niat mengharap Ridho Allah agar kelak dengan bertambahnya ilmu Agama juga kita bisa dipandang seperti halnya tokoh-tokoh Umayyah.

Sikap dan karakter khalifah bani umayah yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

Khalifah Umar memimpin selama 3 tahun saja, yakni pada tahun 717 M hingga 720 M. Umar merupakan pemimpin yang populis, bijak, tegas, serta disiplin. Umar menindak tegas para pejabat yang korupsi.

Umar sangat peduli dengan pengelolaan sistem zakat agar rakyatnya yang tidak mampu secara finansial, kebutuhannya tetap dapat tercukupi.

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 100 Pantun Pemantik Buatlah 1 Paragraf Mengenai Pesan Utama dari Pantun. Semoga bermanfaat.

 

Baca Juga :  Jawaban MTK Kelas 7 Halaman 20 Mari Kita Periksa