Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 114 Hikmah Kisah Cintaku dalam Imanku

masbejo.com-berikut ini Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 114 Hikmah Kisah Cintaku dalam Imanku.

Inspirasiku

Bacalah kisah di bawah ini!

Cintaku dalam Imanku

Seorang sahabat Rasulullah saw. bernama ‘Aṣil al-Gifari, suatu hari baru pulang dari Mekah. Ia tidak segera pulang ke rumahnya di Madinah, justru menemui dulu Rasulullah saw. Sampai di rumah Rasulullah saw., ia disambut oleh ‘Aisyah r.a. istri Rasulullah saw.

“Ceritakan kepadaku wahai ‘Aṣil, bagaimana kondisi Mekah saat ini?” tanya ‘Aisyah r.a. “Aku menyaksikan, Mekah sudah sangat subur serta bening aliran sungainya,” jawab ‘Aṣil. Rasulullah saw. yang masih berada di kamar segera menimpali percakapan mereka. “Coba ulangi. Bagaimana kondisi Mekah terkini?” “Demi Allah ya Rasulullah, Mekah tumbuh subur dengan tanamantanamannya, serta tampak hijau dan sejuk dengan aliran sungainya”. Mendengar jawaban itu, Rasulullah saw. menatap jauh ke luar rumah, sebuah tanda rindu Mekah. “Cukup, jangan membuatku tambah bersedih,” ucap Rasulullah saw.

Kisah tentang kecintaan terhadap tanah air digelorakan pula oleh para ulama. Salah satunya perlawanan terhadap penjajahan yang dilakukan oleh dua ulama karismatik, yakni K.H A. Wahab Hasbullah dan K.H. Hasyim Asy’ari. Keduanya punya andil besar dalam menggelorakan semangat perlawanan terhadap kolonial Belanda.

K.H. Hasyim Asy’ari mengeluarkan fatwa jihad yang dijadikan rujukan utama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dalam memutuskan fatwa Resolusi Jihad 22 Oktober 1945. Melalui fatwa ini, semangat perlawanan anti penjajahan menguat pada pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Sementara K.H A. Wahab Hasbullah menciptakan mars Syubbān al-Watan (Pemuda Cinta Tanah Air) yang mampu menyulut semangat anti penjajahan di bumi Nusantara. Mars itu sampai saat ini masih tetap berkumandang di hampir segenap pelosok dan penjuru tanah air. Kedua kiai ini merupakan pencetus ḥubb al-watan min al-i̅mān (cinta tanah air adalah bagian dari iman)”.

(Sumber: Fariz Alnezar, Senandung Cinta Tanah Air dari Rasulullah hingga para Ulama, dalam https://tirto.id/senandung-cinta-tanah-air-darirasulullah-hingga-para-ulama/ diunduh pada tanggal 17 Oktober 2020)

Aktivitas 5.7

Tuliskan hikmah atau pelajaran penting yang dapat dipenting dari kisah di atas pada buku tugasmu!

Jawaban:

Baca Juga :  Jawaban Lembar Aktivitas 12 halaman 197 dan 198 Lembaga Keuangan Mikro IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Hikmah Kisah Cintaku dalam Imanku

1. Cinta terhadap tanah Air adalah sebagian dari iman. dicontohkan oleh Rasulullah bahwa beliau sangat rindu Mekah pada saat beliau ada di Madinah.

2. Rasa Cinta Tanah Air sudah dicontohkan di bumi Nusantara oleh Para ulama terdahulu dengan cara melawan penjajahan di bumi Nusantara.

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 114 Hikmah Kisah Cintaku dalam Imanku. Semoga bermanfaat.