Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 127 Buatlah Pertanyaan Yang Berhubungan Dengan Bacaan

masbejo.com-berikut ini Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 127 Buatlah Pertanyaan Yang Berhubungan Dengan Bacaan.

Mari Bertafakur

Bacalah uraian di bawah ini untuk dijadikan renungan!

Alam semesta memiliki cakupan yang sangat besar. Di dalamnya Terkandung ragam ciptaan dan peristiwa yang mengagumkan. Tak seorang ahli pun menciptakan dan mengaturnya, sehebat apapun ahli tersebut. Semuanya tercipta dan terjadi hanya karena kehendak Allah Swt. Dialah Allah Swt, satu-satunya Yang Maha Berkehendak dan Maha Kuasa atas segala ciptaan-Nya. Alam semesta terjadi karena kehendak Allah Swt. Dia Maha Kuasa dan Maha Berkehendak atas segala ciptaannya.

Gambar 6.1
Peneropongan galaksi dengan teleskop

Alam semesta beserta seluruh isinya menjadi tanda kekuasan-Nya. Langit dan bumi serta segala isinya diciptakan oleh Allah Swt. dalam beberapa fase. Siang dan malam silih berganti. Bintang, bulan, dan matahari, semuanya tunduk pada sunnah-Nya. Penciptaan dan pengurusan alam adalah wewenang-Nya. Allah Swt. adalah Tuhan seluruh alam.

Asal-usul kejadian alam semesta dengan berbagai aspeknya telah dikaji oleh para ilmuwan dan menarik perhatiannya sejak dulu. Hasilnya adalah muncul dan berkembangnya berbagai cabang ilmu pengetahuan. Ada ilmu astronomi, kimia, biologi, geografi, antropologi dan lain sebagainya. Semuanya diungkap oleh manusia dari tatanan dan aturan yang telah diberlakukan oleh Allah Swt, pada alam. Maka tak heran, jika pada akhirnya ilmu itu hanya membuktikan keagungan dan kebesaran Sang Pencipta, Allah Swt.

Ilmu pengetahuan berkembang membenarkan dan menguatkan apa yang diungkapkan oleh Al-Qur’an. Ilmu pengetahuan yang telah maju seharusnya mengantarkan manusia kepada keimanan terhadap isi Al-Qur’an, khususnya keimanan kepada Allah Swt. serta seluruh sifat kesempurnaan-Nya.

Aktivitas 6.2

Setelah membaca uraian Mari Bertafakur di atas, tentu muncul pertanyaan dalam benak kalian. Silakan tulis 3 pertanyaan sebagaimana pada tabel berikut kemudian serahkan pertanyaan tersebut pada teman di samping kalian untuk dijawab!

Jawaban:

Baca Juga :  Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 120 Tokoh Idola

Pertanyaan

1. Apa yang dimaksud dengan Alam Semesta?

Jawaban:

Alam semesta adalah ruang dimana di dalamnya terdapat kehidupan biotik maupun abiotik serta segala macam peristiwa alam yang dapat diungkapkan maupun tidak. Sebenarnya seluruh kejadian di alam semesta sudah terjadi dan kejadiannya mengikuti segala rencana dan konsep yang sudah tertera di dalam Al-Qur’an.

2. Sebutkan Dalil Naqli tentang Penciptaan Langit dan Bumi serta terjemahannya.

Jawaban:

a. Surat Ali Imran Ayat 190-191
إِنَّ فِى خَلْقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَٱخْتِلَٰفِ ٱلَّيْلِ وَٱلنَّهَارِ لَءَايَٰتٍ لِّأُو۟لِى ٱلْأَلْبَٰبِ

Arab-Latin: inna fī khalqis-samāwāti wal-arḍi wakhtilāfil-laili wan-nahāri la`āyātil li`ulil-albāb

Artinya: Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,

b. Surat Ad-Dukhan Ayat 38

وَمَا خَلَقْنَا ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا لَٰعِبِينَ

Arab-Latin: Wa mā khalaqnas-samāwāti wal-arḍa wa mā bainahumā lā’ibīn

Artinya: Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dengan bermain-main.

c. Surat Al-Jatsiyah Ayat 3

إِنَّ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ لَءَايَٰتٍ لِّلْمُؤْمِنِينَ

Arab-Latin: Inna fis-samāwāti wal-arḍi la`āyātil lil-mu`minīn

Artinya: Sesungguhnya pada langit dan bumi benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) untuk orang-orang yang beriman.

d. Surat Al-Jatsiyah Ayat 13
وَسَخَّرَ لَكُم مَّا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ جَمِيعًا مِّنْهُ ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Arab-Latin: Wa sakhkhara lakum mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍi jamī’am min-h, inna fī żālika la`āyātil liqaumiy yatafakkarụn

Artinya: Dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir.

3. Bagaimana seharusnya Ilmu Pengetahuan yang telah maju?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 205

Jawaban:

Ilmu pengetahuan yang telah maju seharusnya mengantarkan manusia kepada keimanan terhadap isi Al-Qur’an, khususnya keimanan kepada Allah Swt. serta seluruh sifat kesempurnaan-Nya.

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 127 Buatlah Pertanyaan Yang Berhubungan Dengan Bacaan. Semoga bermanfaat.