Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 165 Hikmah Kisah Harut dan Marut

masbejo.com-berikut ini Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 165 Hikmah Kisah Harut dan Marut.

Inspirasiku

Bacalah kisah di bawah ini!

Hārūt dan Mārūt

Alkisah, terdapat dua malaikat yang diutus oleh Allah Swt. ke Kota Babil. Kota yang terletak di Irak ini merupakan bekas ibu kota Babilonia Kuno. Mereka adalah Hārūt dan Mārūt. Pada masa itu, kegelisahan dan kesyirikan akibat tersebarnya sihir meliputi warga. Negeri tersebut dipimpin oleh Raja Nebukadnezar. Kacau-balau pada waktu itu terjadi akibat menyebarnya sihir. Sihir tersebut dapat menyebabkan penyakit bahkan membuat suami istri bercerai.

Sihir tersebut berawal ketika raja tersebut menahan orang-orang Yahudi setelah menyerang Palestina. Tahanan tersebut mulai memainkan sihir ketika tiba di Kota Babil. Bangsa Yahudi terkenal sebagai bangsa yang mahir mempraktikkan ilmu sihir. Mereka menguasai pengetahuan sihir. Warga Babil ditakut-takuti dengan lingkaran besar sebagai lingkaran sihir yang dibuatnya.

Dua malaikat, yaitu Hārūt dan Mārūt diutus ke Kota Babil. Keduanya ditugasi untuk menghilangkan ketakutan warga akibat sihir tersebut dengan mengajarkan sihir kepada mereka. Sihir yang diajarkan bukan untuk kejahatan, melainkan untuk mengungkap hakikat sihir.

Hārūt dan Mārūt mendatangi warga Babil. Keduanya mulai bertugas mengajarkan sihir. Keduanya memperingatkan agar mempelajari sihir tidak disalahgunakan. “Sesungguhnya kami hanya cobaan bagimu, maka sebab itu janganlah kamu kafir,” ujar keduanya.

Hārūt dan Mārūt mengajarkan dasar-dasar sihir dan cara melenyapkan lingkaran besar sihir yang dibuat Yahudi. Keduanya pun memperingatkan bahwa sihir tidak dapat memberikan manfaat bagi manusia.

Tugas Hārūt dan Mārūt selasai. Mereka pun kembali ke langit. Akan tetapi, warga Kota Babil tak mengikuti peringatan Hārūt dan Mārūt. Mereka justru berbuat kerusakan dengan ilmu sihir yang diajarkan keduanya. Semakin rusaklah negeri tersebut.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/ Hārūt dan Mārūt, diunduh pada tanggal 30 Oktober 2020

Aktivitas 7.5

Tuliskan hikmah atau pelajaran yang dapat diambil dari kisah di atas pada buku tugasmu!

Jawaban:

Baca Juga :  Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 89 Cerita Bergambar ALur Cerita Hijrah Nabi Muhammad saw ke Madinah

Hikmah kisah Harut dan Marut
Harut dan Marut tidak menyembunyikan ilmu pengetahuan maupun mengajari seseorang tanpa blak-blakan memperingatkan mereka soal cobaan dan godaan ilmu pengetahuan di tangan orang-orang jahat.

Ilmu pengetahuan memang suatu ujian dan godaan: jika kita diperingatkan, kita mengetahui segala bahayanya: jika Allah SWT mengaruniai kita dengan kemauan bebas maka kita mesti bebas memilih antara manfaat dan mudhoratnya.

Saat ini banyak orang yang pura-pura menjadi orang suci se­perti malaikat. Ia nampak ‘suci’ tetapi di belakang kotor. Ia selalu memberikan pelajaran-pelajaran yang berbau kesucian dan memberi­kan batasan-batasan mana yang boleh dilaksana­kan dan mana yang tidak, tetapi dirinya sendiri tidak mampu menahan godaan, akibatnya ia mendapat murka Allah.

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 165 Hikmah Kisah Harut dan Marut. Semoga bermanfaat.