Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 17

masbejo.com-berikut ini Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 17.

Inspirasiku

Kesuksesan Ima̅m al-Sya̅fi’i dalam Ilmu Agama

Nama Ima̅m al-Sya̅fi’i sudah tidak asing di telinga kita. Beliau seorang ulama mazhab dengan penguasaan ilmu yang luas dan mendalam. Mazhabnya banyak dianut oleh mayoritas penduduk Indonesia. Beliau hafal Al-Qur’an sejak berusia 7 tahun, dan mampu menghafal banyak Hadis pada usia 9 tahun. Beliau menjadi mufti saat berusia 14 tahun. Imam Aḥmad bin Ḥanbal menyanjung Ima̅m al-Sya̅fi’i. Al-Syafi’i laksana matahari untuk bumi, dan kesehatan untuk badan. Adakah yang sanggup menggantinya?”

Muhammad bin Idris adalah nama asli Ima̅m al-Sya̅fi’i. Beliau lahir di Gaza, Palestina pada tahun 150 H. Beliau anak yatim, karena ayahnya yang bernama Idris wafat di usia muda. Ibundanya yang mengasuh dan membesarkan dirinya.

Ima̅m al-Sya̅fi’i dilepas ibunda untuk belajar ke Mekah saat usia 10 tahun. Beliau belajar pada beberapa ulama, menghafal ribuan Hadis, juga mendalami berbagai disiplin keilmuan. Mekah dipilih ibunda, karena tempat bernaungnya Kakbah merupakan tempat yang kondusif untuk belajar karena di sana terdapat ulama-ulama besar. Meskipun masih kecil, ibunda rela melepas anaknya untuk belajar ke Mekah.

Ibunya pindah ke Mekah dalam perjalanan terakhirnya. Mina pernah menjadi daerah tempat tinggalnya. Ima̅m al-Sya̅fi’i sangat cerdas dalam mendalami Al-Qur’an dan Hadis. Beliau menjadi seorang ulama besar.

Ibu yang tak mengenal lelah memberikan dorongan dan usaha terbaik untuk putranya. Rahasia sukses Ima̅m al-Sya̅fi’i tak lepas dari peran ibunya. Seorang ibu menjadikan dirinya sebagai ulama besar. Dialah Fatimah binti ‘Ubaidillah.

(Sumber: Yunanul Murod, Rahasia Sukses Ima̅m al-Sya̅fi’i, dalam Majalah Annur, Vo. 57 dalam https://www.annursolo.com, diunduh 10 Oktober 2020)

Baca Juga :  Jawaban Aktivitas 1.2 IPA Kelas 10 Halaman 7 Kurikulum Merdeka

Aktivitas 1.9

Tuliskan hikmah atau pelajaran yang dapat diambil dari kisah di atas pada buku tugasmu!

Jawaban:

Hikmah atau Pelajaran Kisah Kesuksesan Ima̅m al-Sya̅fi’i dalam Ilmu Agama

1. Hafal Al-Quran Sejak usia 7 Tahun

2. Hafal banyak hadis pada usia 9 Tahun.

3. Ibu Imam Syafii (Fatimah binti ‘Ubaidillah) menjadi sosok penting dari kesuksesan beliau dalam ilmu agama, karena beliau adalah anak yatim.

4. Ibu Imam Syafii demi kesuksesan dalam ilmu agama sang anak, imam syafii dilepas untuk belajar pada banyak ulama di usia 10 tahun, di Makkah.

5. Ibu Imam Syafii membangun kesadaran bahwa, “pentingnya belajar ilmu agama dari ulama”.

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 17. Semoga bermanfaat.