Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 176 Buatlah Pertanyaan sesuai Bacaan

masbejo.com-berikut ini Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 176 Buatlah Pertanyaan sesuai Bacaan.

Mari Bertafakur

Bacalah uraian di bawah ini untuk dijadikan renungan!

Kalian pasti sudah tahu dan sudah tidak aneh lagi bahwa zaman modern ini banyak kemajuan di bidang teknologi informasi. Setiap hari, kita disuguhi berbagai informasi oleh beragam media, baik berupa informasi ringan hingga yang masalah kehidupan. Begitu pula, selebaran, iklan, dan aneka informasi tersebar di jalan-jalan.

Sampai di sekolah, kalian mungkin sering juga mendengar isu, berita, dan rumor yang tidak diberitakan oleh media. Informasi itu diperoleh dari teman.

Internet juga sering menyajikan informasi yang yang tidak jelas, baik isi maupun sumbernya. Fitnah terkadang disuguhkan sebagai kebenaran. Perilaku maksiat dianggap sebagai hiburan, dan keburukan manusia menjadi siaran.

Sikap tabayun penting untuk ditegakkan. Kita hendaknya mencermati setiap informasi yang diterima supaya tidak tersesat dan ikut menyesatkan.

Bagaimana dengan kalian sendiri? Apakah informasi yang kalian terima dan disebar sudah kalian filter dan klarifikasi? Karena, di masyarakat sering terjadi penyebaran informasi mempertimbangkan empati terhadap orang lain, Pendapat dan kesimpulan ditampakkan seolah-olah paling benar mengatasnamakan keterbukaan informasi dan kemerdekaan berekspresi.

Aktivitas 8.2

Setelah membaca uraian Mari Bertafakur di atas, tentu muncul pertanyaan dalam benak kalian. Silakan tulis 3 pertanyaan sebagaimana pada tabel berikut kemudian serahkan pertanyaan tersebut pada teman di samping kalian untuk dijawab!

Jawaban:

Pertanyaan

1. Bagaimana cara menyikapi informasi yang beredar dalam zaman modern ini?

Jawab:

Salah satu cara cerdas dalam menyikapi informasi adalah dengan melakukan check and re-check. Ketika kita membaca suatu informasi di media, maka jangan menelan mentah informasi tersebut, melainkan perlu melakukan pengecekan kembali dengan cara mencari berita serupa di portal berita yang berbeda.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 161 Ayat Al-Qur’an dan Terjemah Mengenai 10 Malaikat Yang Wajib Diimani

Hal itu dapat membantu kita sebagai pembaca, untuk menemukan kebenaran informasi yang beredar. Kebanyakan kasus yang terjadi, kita terlalu saklek menafsirkan suatu pemberitaan tanpa melakukan check and re-check sehingga kesimpulan yang dihasilkan semrawut dan abal-abal. Media ibarat jarum suntik, siapa saja yang terkena suntikannya akan merasakan efek yang mampu memengaruhi, bukan hanya pemikiran, tapi juga sikap dan perilaku seseorang.

2. Apa yang dimaksud dengan tabayun?

Jawaban:

Tabayun adalah upaya mencari kejelasan atau kebenaran akan suatu hal. Dalam buku berjudul Akidah Akhlak yang diterbitkan Kementerian Agama RI, dijelaskan arti tabayyun atau tabayun adalah mencari kejelasan hingga terang dan benar.

3. Apa yang dimaksud dengan Berita Hoax? Sebutkan ciri-ciri berita hoax!

Jawaban:

Berita Hoax adalah informasi bohong, atau informasi yang tidak memiliki sumber pasti. Menurut Wikipedia, hoaks adalah usaha mengakali pembaca, atau pendengar agar mereka percaya terhadap informasi yang disampaikan. Dengan kata lain, hoax adalah upaya untuk memutarbalikkan fakta.

Ciri-Ciri Berita Hoax

a. Berita yang didapatkan menimbulkan kecemasan, kebencian, atau permusuhan antar satu sama lain.

b. Tidak ada sumber berita jelas yang dapat dimintai pertanggungjawaban atau klarifikasi.

c. Informasi bersifat menyerang, berat sebelah, dan tidak netral.

d. Memiliki judul provokatif yang tidak sesuai dengan isi berita.

e. Memaksa untuk membagikan berita tersebut agar viral.

f. Berita yang diluncurkan tidak menyeluruh, ada fakta yang disembunyikan, dan memelintir informasi yang diberikan oleh sumber terpercaya.

g. Menggunakan data dan foto fiktif agar berita yang ditulis dapat dipercaya.

h. Memanipulasi fakta yang sebenarnya.

i. Ditulis oleh media yang tidak kredibel.

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 176 Buatlah Pertanyaan sesuai Bacaan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Jawaban jelaskan perbedaan antara habitat, ekosistem dan bioma