Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 181 Definisi Tabayun Menurut Para Ahli dan Nilai Pentingnya Untuk Kehidupan

masbejo.com-berikut ini Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 181 Definisi Tabayun Menurut Para Ahli dan Nilai Pentingnya Untuk Kehidupan.

Aktivitas 8.4

Untuk mengasah kemampuan kalian, cari dan tuliskan definisi tabayun menurut para ahli dan nilai pentingnya untuk kehidupan! Kalian dapat mencarinya pada buku atau sumber lain di internet. Jawaban kalian dituangkan dalam buku tugas masing-masing.

Jawaban:

Pengertian Tabayyun
Segi bahasa kata tabayyun sebagai masdar dari tabayyana. Adapun kata dasarnya adalah bana, bayan yang artinya jelas dal al-Qamas al-Muhit. Berbeda dengan kata tabayyana dalam al-Munjid Fi al-Lughah berarti jelas dan tampak. Singkatnya secara bahasa tabayyun diartikan mencari kejelasan terhadap sesuatu sampai mendapatkan kebenaran atau kejelasan.

Terdapat beberapa beda pendapat dalam memahami tabayyun secara tematik, sebagai berikut :
1. Dalam al-Mu’jam al-Wasit menyebutkan tabayyana berarti tampak dan menjadi jelas. Konteks kalimatnya sebagai aktivitas yang memikirkan sesuatu untuk menjadi jelas atau berarti tidak tergesa-gesa.

2. Muhammad Ma’sum menjelaskan kata tabayyana artinya mencari atau meminta terhadap kejelasan tertentu.

3. Ibnu Manzur menjelaskan kata tabayyana sebagai sesuatu yang nyata atau lazim. Jika menjadi fi’il muta’addi berartikan perenungan dan mencari tanda sesuatu.1

Berbeda dengan kata tabayyundalam konteks istilah berdasarkan beberapa pendapat, seperti :
1. Thohir Luth menjelaskan tabayyun sebagai bentuk klarifikasi terhadap kejadian, berita, atau peristiwa tertentu melalui pelaku (seseorang). Tujuannya untuk mendapatkan kebenaran dalam informasi tersebut.

2. Mawardi Siregar mendefinisikan tabayyun sebagai selektifitas untuk mendapatkan berita atau informasi secara hati-hati, tidak tergesa-gesa, dan diputuskan kebenarannya.

3. M. Zuhdi Zaini memaknai tabayyun sebagai menyeleksi berita untuk memutuskan masalah dalam konteks sosial, politik, dan lainnya.

Baca Juga :  Jawaban MTK Kelas 7 Halaman 20 Mari Kita Periksa

4. Kaserun A.S. Rahman sebagai penyusun Kamus Modern Arab-Indonesia Al-Kamal menyebutkan tabayyun dengan penelitian. Menurutnya tabayyun merupakan kegiatan penelitian untuk mencari informasi secara hati-hati. Tujuannya untuk mendapatkan berbagai fakta dalam rangka menguji kebenaran.

Tabayyun memiliki beberapa manfaat, meliputi :
1. Tidak melakukan penyebaran terkait berita atau informasi tanpa ada kebenaran yang pasti.

2. Memperkuat ikatan silaturahmi antara saudara dan masyarakat luas.

3. Menghindarkan diri dari fitnah.

4. Menghindarkan diri dari kesalahpahaman yang terjadi.

5. Memastikan bahwa informasi atau data bersifat akurat dan valid.

6. Memberikan ketenangan pada jiwa dan psikologis manusia.

7. Terhindar dari kebohongan dan dosa besar sebab tidak ikut serta menyebarkan kepalsuan atau hoax.

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 181 Definisi Tabayun Menurut Para Ahli dan Nilai Pentingnya Untuk Kehidupan. Semoga bermanfaat.