Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 36 Talab Al-’Ilm Mempelajari Nama Allah Al-’Alīm

masbejo.com-berikut ini Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 36 Talab Al-’Ilm Mempelajari Nama Allah Al-’Alīm.

Aktivitas 2.4

Setelah kalian mempelajari nama Allah Subhanahu Wata’ala al-’Alīm, diskusikan dengan teman satu kelompok, apa nilai-nilai yang dapat dipetik dan cara penerapannya dalam kehidupan sehari-hari !

Jawaban:

Meneladani Sifat Allah Al-‘Alim dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada ragam contoh perilaku yang merupakan cerminan meneladani sifat Allah Al-‘Alim (Maha Mengetahui).

1. Selalu Semangat Belajar, Jangan Malas

Ilmu itu laksana cahaya yang menyinari di saat kita berada di dalam kegelapan. Alhasil, tanpa adanya ilmu kita rawan tersesat bahkan terombang-ambing dalam gelap.

Maka dari itu, penting bagi kita entah itu yang muda maupun yang tua untuk terus menambah ilmu pengetahuan dengan cara belajar.

Makin cepat belajar, ilmu makin mudah untuk dipahami sebagaimana peribahasa “Belajar di waktu muda bagaikan mengukir di atas batu.”

Walau begitu, saat kita sudah memahami ilmu jangan pernah lalai untuk mengamalkannya karena mengamalkan ilmu yang bermanfaat juga merupakan bagian dari perilaku semangat belajar sekaligus meneladani sifat Allah Al-‘Alim.

2. Bersungguh-sungguh dalam Belajar

Semangat belajar saja sejatinya tidaklah cukup.

Ada orang semangat datang ke sekolah tapi sesampainya di sekolah niatnya bukan belajar melainkan hanya untuk bertemu teman dan menghabiskan uang jajan. Eh.

Sejatinya hal tersebut merupakan perilaku yang salah. Salah satu wujud meneladani Sifat Allah Al-‘Alim ialah dengan serius dalam belajar baik itu belajar ilmu agama maupun ilmu dunia.

Ilmu agama itu adalah hal yang utama karena bisa menjadi bekal kita di akhirat. Tapi karena kita hidup di dunia, maka ilmu dunia juga penting.

Baca Juga :  Jawaban ceritakan di buku tulis rute perjalanan kalian dari rumah ke sekolah

3. Rajin Membaca dan Menulis

Dua hal yang tidak boleh tinggal saat menuntut ilmu ialah membaca dan menulis. Tanpa membaca, kita tiada akan tahu apa-apa. Dan tanpa adanya tulisan, kita juga tidak akan tahu adanya ilmu.

Membaca dan menulis adalah satu paket perilaku sebagai wujud teladan sifat Allah Maha Mengetahui (Al-‘Alim).

Mengapa kita juga perlu menulis? Karena dengan menulis, ilmu itu ada dan bermanfaat bagi banyak orang.

Dari tulisan, orang-orang bisa dikenal dan dikenang.

Bahkan dari tulisan pulalah kita bisa mengenal dan mempelajari Islam seutuhnya, tepatnya firman Allah yang tertulis dalam Al-Quran, Hadis Nabi, dan catatan ilmu para ulama.

4. Mengamalkan Ilmu dan Pengetahuan

Jangan pelit terhadap ilmu, jangan pula disembunyikan karena Allah itu Maha Mengetahui apa-apa yang tampak maupun apa-apa yang kau sembunyikan di dalam hatimu.

Jikalau sudah ada ilmu, sampaikanlah dengan baik. Yakinlah bahwa ilmu yang kita amalkan akan senantiasa bertambah bahkan berkah.

Soalnya, ilmu yang tidak diamalkan laksana pohon yang tidak berbuah. Tiada manfaat yang bisa kita dapatkan dari pohon yang enggan berbuah kecuali hanya sedikit.

5. Ber-fastabiqul Khairat

Salah satu wujud meneladani sifat Allah Al-‘Alim lainnya ialah fastabiqul khairat alias berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan.

Sadar atau tidak, dengan berlomba berbuat baik kita akan semakin sadar bahwa kebaikan yang kita lakukan hari ini masih kurang, kurang, dan kurang.

Tapi awas, hati-hati. Jangan sampai kebaikan yang kamu lakukan hari ini diniatkan hanya untuk meraih kemenangan atas lomba, agar diperhatikan orang lain, atau agar dicap pintar.

Itu bahaya, niat yang salah tidak akan menghasilkan pahala. Berniatlah belajar yang tulus hanya mengharap rida Allah semata.

Baca Juga :  Jawaban Lembar Aktivitas 7 halaman 132 133 dan 134 Kemiskinan IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

6. Bersikap Rendah Hati

Apa itu rendah hati? Rendah hati adalah bersikap sederhana dan menyadari keterbatasan diri. Orang yang bersikap rendah hati tidak akan sombong, sok tahu, atau merasa benar sendiri.

Dalam menuntut ilmu maupun belajar, kita wajib berperilaku rendah hati sebagai wujud meneladai sifat Allah Al-‘Alim.

Dengan rendah hati, kita akan diterima oleh teman atau bahkan semua orang di manapun kita berada.

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 36 Talab Al-’Ilm Mempelajari Nama Allah Al-’Alīm. Semoga bermanfaat.