Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 4 Pantun Pematik

masbejo.com-berikut ini Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 4 Pantun Pematik.

Aktivitas 1.1

Bacalah pantun di bawah ini:

Ke Jakarta naik sepeda

Jangan lupa untuk sarapan

Jalankan hidup bermakna

Al-Qur’an Hadis sebagai pedoman

          Siang-siang pergi ke taman

          Hari minggu diam di rumah

          Dengan Al-Qur’an hidup akan aman

          Dengan Hadis hidup akan berkah

Setelah pantun di atas dibaca, tuliskan apa pesan dari pantun di atas!

Jawaban:

Pesan Pantun di atas:

1. Jadikanlah Alquran hadis sebagai pedoman hidup

Alquran dan hadits adalah sumber pedoman hidup, dan sumber hukum dan ajaran islam tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Alquran adalah sumber pertama dan utama yang mengandung banyak ajaran umum. Oleh karena itu, Hadits sebagai sumber ajaran kedua dapat menjelaskan keumuman dari Al-Qur’an itu sendiri.

Al-Quran dan hadis mengandung nilai dan norma yang berperan untuk mewujudkan tatanan kehidupan bangsa yang harmonis dan sejahtera. “Ajaran Al-Quran dan Al-Hadits bertujuan untuk menciptakan tatanan masyarakat yang bersih dari kemusyrikan dan kebodohan. Bebas dari segala bentuk perbudakan yang bertentangan dengan martabat manusia sebagai hamba Allah subhanahu wa ta’ala yang sederajat satu sama lain.

2. Bacalah Al-Qur’an agar hidup berkah dan aman

Pemahaman yang baik atas Al-Quran dan hadis, diharapkan akan memberikan keberkahan tersendiri. “Dengan berkah Al-Quran dan hadis, kita berharap semoga Allah mengantar kita menjadi bangsa yang besar. Bangsa yang maju dan berkadaban.

Keutamaan membaca Al-Quran setiap hari menurut Rasulullah.

a. Menurut penjelasannya, keutamaan membaca Al Quran setiap hari akan menjadikan hidup lebih berkah dan dimudahkan segala urusan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban halaman 239 IPS SMA Kelas 10

b. “Keutamaan membaca Alquran bahkan disebutkan secara rinci, salah satunya melalui hadist dari Riwayat Abdullah Ibnu Mas‘ud yang menjelaskan, setiap satu huruf yang dibaca akan diberi balasan satu kebaikan,”tegas Sohib.

c. Rasulullah SAW. bersabda: “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Alquran) maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf.” (HR At-Tirmidzi).

d. Keutamaan selanjutnya adalah memberi syafaat di akhirat. Seperti yang diriwayatkan dari Abu Umamah al-Bahili, Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Alquran, maka sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya”.

e. “Hadist ini memerintahkan agar menjadikan Al-Quran sebagai bacaan utama harian kita. Kelak Al-Quran akan menjadi sahabat di akhirat jika kita sudah membersamainya sejak di dunia,”jelasnya lagi.

f. Bagi yang membaca al-Qur’an, kemudian mempelajarinya dan mengamalkannya maka kedua orangtuanya dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat. Hal ini sebagaimana sabda nabi Muhammad SAW. “Siapa saja membaca Al-Quran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orangtuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari” (HR. Hakim)

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 4 Pantun Pematik. Semoga bermanfaat.