Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 65 Kekhusyukan Sahabat Nabi saw.

masbejo.com-berikut ini Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 65 Kekhusyukan Sahabat Nabi saw.

Inspirasiku

Bacalah kisah di bawah ini!

Kekhusyukan Sahabat Nabi saw.

Sahabat Rasulullah merupakan orang-orang yang adil dan lurus. Mereka memiliki martabat yang tinggi. Mereka cenderung melalaikan masalah di sekitarnya. Yang dituju hanya Allah Swt. Surga yang dijanjikan oleh-Nya sangat dirindukan. Ketika membaca Al-Qur’an, mereka khusyuk seolah sedang bercengkerama dengan Allah Swt., begitu pun dalam salatnya.

Salah seorang sahabat yang bernama ‘Urwah bin Zubair pernah sakit parah dibetisnya. Tetangganya menganjurkan untuk dipotong. Namun, ia menolak. Lambat laun, penyakitnya menjalar ke bagian atas tubuh. Menurut yang lainnya, penyakit akan menyebabkan kematian bila menjalar sampai ke tulang lutut.

Dia pasrah kepada Allah Swt. Tabib yang hendak mengobati ditolaknya. Namun atas saran seseorang, kaki ‘Urwah bin Zubair harus tetap dipotong. Dia meminta pemotongan kakinya dilakukan ketika sedang salat. ‘Urwah bin Zubair sama sekali tidak merasakan sakit karena salat dilakukannya dengan khusyuk. Tidak ada suatu kekuatan yang mengusiknya. Hatinya tertuju hanya pada-Nya.

Sahabat lainnya bernama Khubaib. Dia akan dihukum mati oleh kafir Quraisy di daerah Tan’im. Khubaib meminta izin untuk melaksanakan salat dua rakaat, sebelum hukuman mati dilaksanakan. Permintaannya dikabulkan. Dia melaksanakan salat dengan khusyuk. Setelah salat, ia berkata, “Kalau saja kalian tidak menyangka bahwa aku melamakan salat karena takut mati, pasti aku akan memanjangkan dan memperbanyak lagi salat.’’ Dua peristiwa yang terjadi pada sahabat Rasulullah saw. ini menjadi contoh betapa khusyuk dan taatnya mereka dalam melaksanakan salat, meskipun dalam keadaan yang sangat kritis.

(Sumber: Hasanul Ruzqa, Khusyuknya Shalat {Pada Sahabat Nabi, dalam https://republika.co.id/berita/q7pejt458/khusyuknya-shalat-para-sahabat-nabi diunduh 12 Oktober 2020)

Baca Juga :  Jawaban Pengayaan halaman 104 IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Aktivitas 3.6

Tuliskan hikmah atau pelajaran yang dapat diambil dari kisah di atas pada buku tugasmu!

Jawaban:

Hikmah yang dapat diambil dari kisah di atas:

1. Sahabat adalah orang-orang yang taqwa kepada Allah Subhanahu wata’ala.

2. Sahabat adalah orang-orang yang adil, lurus dab bermartabat tinggi.

3. Para Sahabat beribadah hanya kepada Allah dengan khususk serta hanya mengharapkan surga Allah Subhanahu Wata’ala.

4. Para Sahabat melakukan Shalat dengan khususk dan taat meskipun dalam keadaan yang sangat kritis.

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 65 Kekhusyukan Sahabat Nabi saw. Semoga bermanfaat.