Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 87 Hikmah dan Pelajaran Kisah Raja Yang Rendah Hati

masbejo.com-berikut ini Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 87 Hikmah dan Pelajaran Kisah Raja Yang Rendah Hati.

Inspirasiku

Bacalah kisah di bawah ini!

Raja yang Rendah Hati

Al-Qur’an menyebutkan seorang raja yang hebat. Dia mampu membuat dinding penghalang yang kuat dengan potongan-potongan besi dengan tingginya sama dengan kedua puncak gunung. Penghalang tersebut digunakan untuk memenjarakan kaum Ya’juj dan Ma’juj. Dia adalah Raja Iskandar Zulkarnain (Q.S al-Kahfi/18: 96).

Gambar 4.5
Benteng Ya’ju̅j dan Ma’ju̅j

Penghalang tersebut sampai saat ini masih kokoh, tidak dapat ditembus dengan apapun. Raja yang hebat ini mampu membangun dari besi dan tembaga dengan teknologi yang canggih. Hasil bangunan tersebut tidak dapat ditandingi hingga saat ini.

Kemampuan membangun penghalang tersebut tidak menyebabkan dirinya sombong. Dengan penuh kerendahan hati, ia menyatakan bahwa semua keberhasilannya semata-mata karena pertolongan Allah Swt. Pernyataannya itu diabadikan dalam Al-Qur’an, “Ini (dinding) adalah rahmat dari Tuhanku, maka apabila sudah datang janji Tuhanku, Dia akan menjadikannya hancur. Dan janji Tuhanku itu adalah benar.” (Q.S. al-Kahf/18: 98).

Bukan kesombongan yang ia tampakkan. Pengakuan diri tidak punya kekuatan apa-apa menjadikan dirinya mengakui kekuasaan dan rahmat Allah Swt. Dia mengaitkan semua ini pada rahmat Allah Swt.

Bangunan ini akan terus kokoh sampai batas waktu yang Allah Swt. tetapkan. Apabila Allah Swt. berkehendak runtuh, maka akan hancurlah bangunan tersebut. Janji Allah Swt. pasti benar akan terjadi. Tidak ada satupun benda di dunia ini yang tidak akan hancur.

(Sumber: Agung Sasongko, Kisah Raja yang Rendah Hati, dalam https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/ diunduh pada 13 Oktober 2020)

Aktivitas 4.5

Tuliskan hikmah atau pelajaran yang dapat diambil dari kisah di atas pada buku tugasmu!

Jawaban:

Baca Juga :  Jawaban apa yang terjadi jika sumber energi listrik pada alat itu dicabut

Hikmah dan pelajaran kisah Raja yang Rendah Hati

a. Kita harus mengakui dengan rendah hati bahwasanya semua keberhasilan yang kita peroleh semata-mata Rahmat dan pertolongan dari Allah Subhanahu wata’ala.

b. Janji Allah itu pasti, oleh karena itu selama kita masih berada dijalan yang benar kita lanjutkan apa yang ingin kita lakukan dan kita dengan istiqomah dan juga kesabaran serta mengharapkan Ridho Allah.

 

Demikian pembahasan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 halaman 87 Hikmah dan Pelajaran Kisah Raja Yang Rendah Hati. Semoga bermanfaat.