Langkah – Langkah Mematikan Windows Update di Windows 10

masbejo.com *_* Cara Mematikan Windows Update di Windows 10  secara permanen wajib diketahui, khususnya bagi Anda yang kerap kesal saat komputer atau laptop tiba-tiba update saat sedang dibutuhkan. Update Windows 10 memang diperlukan, karena dapat memperbaiki kinerja dari PC maupun laptop Anda. Selain itu, pembaruan sistem juga kerap menghadirkan fitur-fitur baru.

Namun terkadang, Windows 10 sering melakukan pembaruan secara otomatis. Hal ini tentu berdampak pada kuota internet Anda yang bikin “tiris”, dan juga membuat PC atau laptop lebih lambat dari biasanya.Biasanya pembaruan otomatis (automatic updates) bisa membuat komputer atau laptop lebih gesit dan aman. Namun, tak sedikit yang menganggap bahwa fitur tersebut sedikit mengganggu.

Masalah inilah yang kerap ditemukan oleh para pengguna Windows 10. Sistem operasi tersebut memang memiliki fitur pembaruan otomatis yang datangnya kerap tidak terduga.

Hal ini justru membuat para pengguna merasa tidak nyaman dengan keberadaan update otomatis di Windows 10. Misalnya, apabila koneksi internet yang digunakan berasal dari ponsel (via tethering), maka update otomatis inibisa menguras kuota pengguna tanpa disadari.

Selain itu, fitur update secara berkala ini biasanya juga menunda proses restart dan shut down untuk menerapkan pembaruan, sehingga bisa mengganggu apabila pengguna perlu reboot dengan cepat.

Windows Update Windows 10

Pada versi Windows sebelumnya, kita dapat memilih pembaruan apa saja yang akan kita download dan install. Namun pada Windows 10, kini pengguna sangat dibatasi bahkan sama sekali tidak dapat diubah pengaturannya. Anda hanya dapat mengubah pengaturan mengenai bagaimana cara update di install, namun Anda tidak dapat mematikan atau men-disable fitur update tersebut secara langsung.

Untungnya, masih ada beberapa trik tersembunyi yang dapat kita lakukan untuk mematikan Windows Update pada Windows 10, diantaranya adalah:

 

Tutorial Disable Windows Update pada Windows 10

Cara 1 – Mengatur tipe jaringan ke pengaturan berbasis Quota.

Cara 2 – Menggunakan Group Policy agar Windows tidak mendownload update.

Cara 3 – Mematikan sepenuhnya update di Windows 10 menggunakan service.msc.

Mengatur tipe jaringan ke pengaturan berbasis Quota.

Secara default, Windows 10 tidak akan mengunduh pembaruan jika koneksi Anda pada posisi Metered. Anda dapat menggunakan cara ini untuk menghentikan Windows 10 mengunduh pembaruan. Pengaturan ini dapat Anda temukan di bagian Network Connection. Namun sayangnya, jika Anda menggunakan LAN (cth: ADSL) Anda tidak dapat menggunakan pengaturan ini, namun jaringan seperti WiFi dan Dial Up dapat Anda atur agar berstatus Metered.

Menggunakan Group Policy agar Windows tidak mendownload update.

Pada cara kedua, kita akan menggunakan Local Group Policy Editor. Karena fitur Group Policy Editor tidak ada pada Windows 10 Home Edition, sehingga jika Anda menggunakan Windows 10 Home Anda tidak dapat menggunakan metode ini.

Langkah 1: Buka Group Policy Editor. Untuk melakukannya, ketik Edit Group Policy pada Start atau bilah pencarian taskbar lalu tekan Enter. Cara alternatif lainnya, Anda dapat menggunakan Run lalu ketik gpedit.msc lalu tekan Enter.

Group Policy Windows 10

Langkah 2: Pindahkan ke policy berikut ini:

Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Update.

Group Policy Windows 10

yang ke 3: Pada sisi kanan, klik ganda pada policy dengan label Configure Automatic Updates untuk membuka pengaturan policy tersebut.

Langkah 4: Pilih Enabled. Dan pada bagian Configure automatic updating pilih opsi kedua dengan label Notify for download and notify for install. Jangan ubah pengaturan selain kedua hal tersebut.

Setting Group Policy Windows 10

Klik tombol Apply. Seperti yang telah saya beritahu sebelumnya bahwa cara diatas tidak akan mematikan Windows Update sepenuhnya, namun ketika Windows menemukan pembaruan, Windows akan secara otomatis memberitahu Anda. Anda dapat menginstall atau mengabaikan pembaruan tersebut.

Pesan Windows update

Ketika policy ini aktif, Anda akan melihat pesan “Some settings are managed by your organization” dibagian Advanced options dari Windows Update.

Mematikan sepenuhnya update di Windows 10 menggunakan service.msc.

Cara ketiga ini adalah cara yang paling ampuh untuk mematikan update di Windows 10. Pada cara ketiga ini, kita akan mematikan layanan yang bertanggung jawab untuk mengecek, mendownload, dan menginstall pembaruan termasuk pembaruan Windows Defender.

Langkah 1: Ketika Services pada Start menu atau bilah pencarian di taskbar Anda, lalu tekan Enter. Atau Anda dapat menggunakan Run dan ketik services.msc lalu tekan Enter.

Langkah 2: Cari layanan dengan nama Windows Updates. Klik kanan lalu pilih Properties untuk membuka jendela pengaturan layanan Windows Updates.

Windows Update Service

ke 3: Ubah pengaturan ke Disabled lalu klik tombol Apply dan restart komputer Anda.

Disable Windows 10 Update

Dari sini, seharusnya Windows 10 sudah tidak secara otomatis mengunduh pembaruan. Jika Anda kesulitan, beritahu melalui kolom komentar.

Baca Juga :  Fungsi Pada Microsoft Excel yang Perlu Kamu Ketahui