Pada lebaran idul fitri jatuh pada tanggal berapa, terjadi perbedaan pendapat beberapa pemuka agama dan ahli mengenai penetapan dalam kalender Masehi.

Lebaran Idul Fitri Jatuh Pada Tanggal?

Pada lebaran idul fitri jatuh pada tanggal berapa, terjadi perbedaan pendapat beberapa pemuka agama dan ahli mengenai penetapan dalam kalender Masehi. Pertanyaan Lebaran jatuh pada tanggal berapa sebenarnya hampir tiap tahun terjadi, bukan hanya pada hari raya Idul Fitri 2022 saja.

Ini disebabkan penghitungan berdasarkan penanggalan maupun hilal yang nampak. Sedangkan hilal atau terlihatnya bulan sebagai pergantian kalender kadang tidak jelas karena tertutup mendung.

Lebaran Idul Fitri Jatuh Pada Tanggal Berapa?

Beberapa kali antara Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama mempunyai keputusan yang berbeda mengenai hal tersebut. Sedangkan di masyarakat sendiri sebagian besar mengikuti keputusan dari organisasi Islam tersebut. Meski demikian ada yang menyesuaikan dengan keyakinan berdasarkan berbagai sumber Informasi.

Baca Juga: Tips Mengucapkan Selamat Idul Fitri

Secara resmi, keputusan Idul Fitri 2022 atau tahun sebelum dan sesudahnya mengikuti keputusan pemerintah setelah melakukan itsbat. Penentuan keputusan jatuhnya tanggal 1 Syawal bukan hal mudah. Banyak pihak yang diminta pendapat mengenai hal tersebut sebagai dasar keputusan. Berikut terkait ketetapan Idul Fitri:

  1. Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional atau LAPAN memperhitungkan bahwa Lebaran pada tahun tersebut jatuh pada bulan Mei. Sedangkan libur nasional selama dua hari pada kalender Idul Fitri 2022 bertepatan pada tanggal 2 dan 2 September.
  2. Berdasarkan hasil isbat Menteri Agama. Isinya adalah bahwa 1 Syawal tahun 1433 H tersebut jatuh pada bulan Mei juga, sama seperti perhitungan LAPAN.
  3. Sidang penetapan tersebut dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informasi, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), pejabat terkait dari Depag, ormas Islam, duta besar dan perwakilan dari negara tetangga.
  4. Sebelum keputusan tersebut diambil para pemuka agama dan tokoh yang mendapatkan tugas untuk mengamati rukyatul hilal memberikan laporan. Rukyatul hilal adalah pengamatan bulan baru yang menjadi dasar penghitungan.
  5. Lokasi pengamatan ada di 80 tempat. Penentuan titik ini tentu berdasarkan beberapa pertimbangan sebelumnya.
  6. Para petugas yang memberikan laporan sebelumnya telah disumpah terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk meyakinkan bahwa laporan yang diberikan benar-benar berdasarkan fakta yang dilihat.
Baca Juga :  Biodata Roy Suryo

Lebaran idul fitri jatuh pada tanggal memang sempat membuat bingung masyarakat. Tanggal 2 atau 3 Mei. Setelah ada keputusan dari Menteri Agama maka hal tersebut tidak perlu terjadi lagi. Secara nasional perayaan hari raya sudah ditetapkan. Namun bagi yang mempunyai keyakinan berbeda, tentu tidak masalah mengikutinya.