MACAM JARINGAN KOMPUTER
MACAM JARINGAN KOMPUTER

Macam-Macam Jaringan Komputer

masbejo.com – Macam-Macam Jaringan Komputer. Banyak orang yang masih bingung tentang bagaimana beberapa komputer dapat terhubung satu sama lain. Beberapa komputer dapat terhubung dan berbagi memori, informasi, atau berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan jaringan komputer. Secara fisik, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu jaringan yang menggunakan media transmisi kabel dan jaringan tanpa kabel (wireless network).

Jika dilihat dari ruang lingkup area, jaringan komputer dibagi atas empat macam, yaitu LAN, MAN, WAN, dan Internet. Mari kita bahas bersama.

Macam-Macam Jaringan Komputer

1. LAN (Local Area Network)

LAN

LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang biasanya digunakan di dalam sebuah gedung perkantoran, pabrik, perusahaan, dan kampus yang jaraknya tidak terlalu jauh dan dibatasi tidak lebih dari beberapa ratus meter. Misalnya, perusahaan dapat menggunakan LAN untuk menghubungkan komputer dari tiap-tiap ruangan dalam kantor tersebut, sehingga lebih mudah untuk melakukan pertukaran data.

2. MAN (Metropolitan Area Network)

Pada dasarnya MAN (Metropolitan Area Network) merupakan LAN yang berukuran lebih besar. MAN digunakan untuk menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke dalam jaringan yang lebih besar. Sebagai contoh, jaringan komputer beberapa kantor cabang sebuah bank dalam satu kota besar dihubungkaan antara satu dengan lainnya.

3. WAN (Wide Area Network)

WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan komputer yang lebih besar dari MAN. Jaringan WAN biasanya menggunakan media transmisi wirelles, microwave, atau satelit karena jangkauan WAN mencakup daerah geografis yang luas, yaitu beberapa negara bahkan juga benua. WAN sangat diperlukan oleh beberapa perusahaan, seperti Bank yang harus selalu melayani konsumen setiap hari. Sebagai contoh, jaringan komputer Bank BCA yang ada di Indonesia dengan yang ada di luar Indonesia saling berhubungan. WAN juga dipakai untuk jaringan mesin ATM (Automatic Teller Mechine), seperti Master Card, Visa Card, atau Cirrus yang tersebar di seluruh dunia.

Baca Juga :  Pengertian Serta Fungsi DLMS Audio Sound System

4. Internet (Interconnected Network)

INTERNET

Internet adalah jaringan komputer yang mencakup pengguna komputer di seluruh penjuru dunia. Internet menggunakan protokol yang sama, yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP adalah sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data komputer di Internet.

Itulah beberapa macam jaringan komputer yang dibagi berdasarkan area ruang lingkupnya. Sekarang banyak orang menggunakan jaringan internet untuk bisa terhubung dengan semua orang diseluruh dunia.

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *