Merayakan idul Fitri menjadi salah satu hari libur yang paling ditunggu-tunggu.

Makna Hari Raya Idul Fitri

Umat Islam yang ada di seluruh dunia saat ini sedang bersiap menyambut hari raya Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi. Merayakan hari raya ini menjadi salah satu hari libur yang paling ditunggu-tunggu. 

Idul Fitri sendiri merupakan sebuah tradisi yang dirayakan oleh umat Muslim. Apabila Anda ingin tahu, alasan mengapa idul Fitri sangat penting bagi umat Islam, berikut ini informasinya.

Mengenal Idul Fitri

Idul Fitri berarti festival atau pesta. Hari tersebut juga merupakan hari raya keagamaan yang ditandai dengan berakhirnya Ramadhan. Ramadhan dianggap sebagai salah satu ibadah yang wajib dilakukan selama bulan dan menjadi kesempatan umat Islam untuk memperbanyak serta memperbaiki diri. 

Bulan Ramadhan sering diartikan untuk memperingati turunnya Al Quran, oleh Nabi Muhammad. Pada bulan Ramadhan umat muslim menantikan malam lailatul qadar.

Umat muslim yang berada di seluruh dunia harus berpuasa dari fajar sampai senja. Tanggal jatuhnya bulan Ramadhan berbeda setiap tahun tergantung dari hilal.

Pasalnya, perayaan hari besar umat islam ini berlangsung sekitar dua sampai tiga hari, di mana pagi hari pertama umat muslim harus melaksanakan sholat Ied. Saat itu, umat Islam harus saling mengucapkan selamat lebaran dengan berpelukkan dannberjabat tangan formal.

Sementara itu, rumah umat muslim akan menyediakan hidangan manis dan hadiah yang sering diberikan kepada anak-anak yang membutuhkan. 

Namun, tradisi umat Islam pada hari Fitri yang saling bermaaf-maafan terbilang bervariasi setiap negara. Pada sebagian negara yang populasi Muslimnya besar, Idul Fitri menjadi hari libur nasional. 

Baca Juga :  Jangan Bingung! Ini Jawaban Selamat Idul Fitri

Mulai dari sekolah-sekolah dan perkantoran akan diliburkan, karena pada hari raya umat muslim harus berkumpul bersama keluarga, teman-teman, serta tetangga.

Makna dari Hari Raya Idul Fitri

Istilah ini memberikan makna sebagai membersihkan kesalahan. Jadi semua kesalahan yang Anda lakukan diharapkan bisa dimaafkan oleh orang lain. Berikut ini sudah ada beberapa makna hari raya yang bisa Anda ketahui. 

  • Ungkapan Rasa Syukur

Momen Lebaran selalu disambut bahagia oleh semua umat muslim. Hal ini karena hari raya memberikan arti penting untuk masing-masing orang. 

Apalagi setelah umat muslim menjalani puasa selama satu bulan penuh, pasti ada beberapa perubahan yang terjadi. Datangnya Lebaran, membuat Anda lebih bersyukur dengan semua hal yang dimiliki 

  • Kembali Menjadi Suci

Saat Idul Fitri tiba, biasanya dimanfaatkan umat muslim untuk memaafkan.

Ungkapan seperti ini tidak hanya sekedar kata-kata, namun diartikan sebagai seseorang yang bersih secara raga dan jiwa. Saat hari raya tiba, biasanya dimanfaatkan umat muslim untuk memaafkan. 

Dengan saling memaafkan, Anda akan membersihkan hati dari segala perasaan pahit dan dendam. Diharapkan Anda dan orang yang ada di sekitar dapat menjalani hari yang ringan tanpa beban kesalahan. 

Baca Juga: Kartu Ucapan Idul Fitri 2022

  • Hari Kemenangan

Kemenangan akan Anda rasakan ketika sudah berhasil dan berjuang untuk mendapatkan sesuatu. Istilah Idul Fitri dijabarkan sebagai hari raya kemenangan di mana umat muslim merayakannya dengan makan. Oleh karena itu, salah satu sunah sebelum melakukan shalat Id adalah minum atau makan.

Itu saja informasi yang bisa disampaikan terkait makna dari hari raya umat islam ini. Semoga dengan adanya informasi ini bisa memberikan manfaat untuk mengetahui makna dari kata idul Fitri.