Manfaat dan Peranan Internet
Manfaat dan Peranan Internet

Manfaat dan Peranan Internet dalam Kehidupan Sehari-hari

masbejo.com – Manfaat dan Peranan Internet dalam Kehidupan Sehari-hari. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang sudah sangat berkembang saat ini semakin memudahkan kita dalam segala hal di kehidupan sehari-hari. Internet merupakan salah satu hasil dari perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang sangat kita rasakan manfaatnya saat ini. Jika kita mengakses ke Internet, maka kita dapat memperoleh banyak informasi diantaranya sebagai berikut.

  • Informasi untuk kehidupan pribadi seperti kesehatan, hobby, rekreasi, pengembangan pribadi, rohani, sosial, dan lain sebagainya.
  • Informasi untuk dunia pendidikan dan pekerjaan seperti sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, dan lain sebagainya.

Hal yang paling menarik dari Internet adalah keanggotaannya tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi, atau faktor-faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat Internet terutama diperoleh melalui kerjasama antarpribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu. Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya pendidikan di Indonesia memanfaatkan jaringan Internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.

Internet mempunyai pengaruh yang besar terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Misalnya, dengan hanya menggunakan mesin pencari seperti Google, pengguna Internet dapat mengakses bermacam-macam informasi dengan lebih mudah jika dibandingkan dengan mencari buku-buku di perpustakaan.

1. e-Learning

e-learning adalah suatu jenis pendidikan atau proses belajar mengajar yang menggunakan perangkat elektronik untuk menyampaikan bahan pelajaran ke siswa melalui media Internet, Intranet, jaringan komputer lain, maupun komputer stand alone. Internet membuka sumber informasi yang sebelumnya susah diakses. Dengan Internet, memungkinkan siswa melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas jika dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional seperti buku dan perpustakaan. Teknologi Internet dapat menunjang siswa yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan.

Baca Juga :  Yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Sistem Jaringan Komputer

Akses terhadap sumber informasi bukan menjadi masalah lagi. Sebagai contoh, perpustakaan merupakan salah satu sumber informasi yang mahal harganya. Dengan adanya Internet, memungkinkan siswa atau pelajar di Indonesia dapat mengakses perpustakaan di Amerika Serikat yang berupa perpustakaan digital (Digital Library).

Beberapa keuntungan menggunakan e-learning adalah sebagai berikut.

a. Mampu menjangkau cakupan wilayah geografis yang lebih luas.

b. Dapat mengurangi biaya perjalanan.

c. Dapat menghemat waktu proses belajar mengajar.

d. Dapat menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan, seperti infrastruktur, peralatan, dan buku.

e. Melatih pelajar atau pencari informasi agar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.

e-learning

2. e-Goverment

Pada bidang pemerintahan Internet juga berperan aktif dalam transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-goverment. Beberapa manfaat e-goverment antara lain sebagai berikut.

a. Memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat, kalangan bisnis, dan industri, terutama dalam hal efisiensi dan efektifitas kinerja diberbagai kehidupan bernegara.

b. Meningkatkan transparansi dan mengontrol penyelenggaraan pemerintah dalam rangka penerapan konsep Good Corporate Governance.

c. Mengurangi total biaya yang dikeluarkan pemerintah maupun masyarakat, kalangan bisnis, dan industri untuk keperluan relasi dan interaksi sehari-hari.

d. Memberdayakan masyarakat dan pihak-pihak lain sebagai mitra pemerintah dalam proses penentuan berbagai kebijakan publik secara merata dan demokratis.

e-government

3. e-Commerce

Perkembangan Internet juga berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi. Sebelum ada Internet, transaksi jual beli hanya dapat dilakukan dengan cara tatap muka dan sebagian kecil melalui telepon. Namun, dengan Internet kita dapat bertransaksi jual beli dengan orang atau perusahaan di seluruh dunia tanpa harus bertatap muka secara langsung. Fasilitas ini biasa disebut dengan e-commerce.

Saat ini, beberapa website untuk berbelanja secara online telah bermunculan di Internet. Dengan adanya website-website tersebut, kita dapat membeli berbagai barang yang kita butuhkan dengan mudah. Kita tidak perlu mendatangi toko atau pabrik pembuat barang tersebut. Kita hanya perlu duduk di depan komputer, mencari produk yang diinginkan, lalu memesannya secara online melalui Internet. Biasanya, pembayaran dilakukan dengan memanfaatkan kartu kredit. Namun, ada juga yang menerima pembayaran di tempat, yaitu saat barang yang dipesan sudah tiba di tempat. Model pembayaran biasanya menggunakan kartu kredit.

e-commerce

4. e-Banking

Baca Juga :  Pengertian dan Jenis Jaringan Telekomunikasi

e-banking adalah aktivitas perbankan yang dilakukan melalui Internet. Transaksi yang dapat dilakukan melalui ebanking antara lain pengecekan saldo, transfer uang, pembayaran tagihan, informasi rekening, dan sebagainya. Beberapa bank di Indonesia sudah menyediakan layanan e-banking. Para nasabahnya dibekali dengan user name dan password untuk dapat menggunakan layanan e-banking. Masalah keamanan merupakan isu utama dalam e-banking. Sebuah bank yang menyediakan layanan e-banking harus mampu menjamin bahwa hanya orang-orang yag berhak saja yang dapat mengakses layanan tersebut.

e-banking

Internet tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk mencari informasi pribadi saja, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pendidikan seperti belajar mengajar, penyampaian informasi tentang program pemerintah, jual beli secara online, dan lain sebagainya. Dengan kemudahan yang ada kita tetap harus berhati-hati dalam menggunakan internet ya.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *